Ingin Ke Madiun? Jangan Sampai Ketinggalan 6 Kuliner Khasnya Berikut Ini!

Berwisata kesebuah daerah rasanya belum sah bila belum mencoba menu khas dari daerah tersebut. sama seperti Madiun, yang menjadi salah satu kota di Jawa Timur dimana selain banyak destinasi wisata menariknya kelezatan kulinernya pun tidak boleh terlewatkan. Berbagai menu lezat sudah antri untuk dicicipi ketika berkunjung kesini. Akan sangat menyesal bila kalian sampai melewatkan ini, saking enaknya salah satu resep menu kuliner disana jadi best seller loh. Mari saya antar kalian berkeliling menengok beragam kuliner disana!

Kuliner lezat khas Madiun

  1. Nasi pecel

Pada urutan pertama, menu ini jadi best of the best deh! Nasi pecel khas Madiun sangat mudah dijumpai diberbagai lokasi, dari bintang lima hingga ke kaki lima. Dikawasan sekitar jalan, harga nasi pecel ini sangat murah, cukup membayar 5K saja kalian dapat menikmati lezatnya kuliner khas Madiun. Aneka sayur bercampur jadi satu lalu disiram dengan bumbu kacang bertemankan rempeyek menjadi perpaduan pas dimulut.

  1. Gado-gado dan tahu campur

Masih menggunakan bumbu kacang, gado gado juga tidak boleh terlewatkan nih. Kendati kedua menu tersebut sudah tidak asing lagi ditelinga kalian, resep asli Madiun membuat kedua menu ini terasa berbeda loh. Sangat pas mengisi kekosongan perut di siang hari deh.

  1. Ayam bakar cobek

Masih dengan kuliner Madiun berat berat nih, tersedia ayam bakar cobek yang dijamin bikin nagih. Bagaimana tidak bumbu rahasia ayam bakar madu yang manis dan bertekstur lembut ini diletakkan diatas cobek. Kemudian ayam bakar digeprek bersama sambal pedas hingga sambal meresap didalamnya, aduh membicarakannya saja udah bikin ngiler ya.

  1. Nasi rawon

Ingin makanan yang berkuah dan menghangatkan? Nasi rawon dapat dijadikan alternatif pas bagi kalian nih. Nasi bercampur tauge serta bihun disiram dengan kuah hitam khas rawon akan semakin lengkap bila disantap bersama jeroan, babat ataupun usus. Hati hati ya guys air liyur bleber kemana mana tuh! Kalian tidak akan kkuliner favorit Madiun esulitan menemukan menu tersebut, ada banyak warung penjual nasi pecel juga menyediakan menu rawon. Jadi bisa langsung pesan dua menu khas ini ya.

  1. Tahu telur

Sepertinya kuliner favorit Madiun tidak terlepas dari bumbu kacang ya, terbukti dengan nasi pecel, gado gado dan sekarang tahu telur. Kalian dijamin akan kenyang bila menyantap makanan yang satu ini, dimana terdapat irisan lontong dengan racikan tahu telur goreng dibubuhi sayur kol dan tauge tak lupa siraman bumbu kacang. Kelezatan tersebut semakin disempurnakan dengan taburan bawang goreng diatasnya, sebuah kenikmatan yang tidak bisa didustakan.

  1. Dawet surotanan

Kenyang dengan makanan padat saatnya beralih ke minumannya yuk. Satu diantaranya yang tidak boleh terlewatkan yakni dawet surotanan. Dawet tersebut oleh masyarakat sekitar lebih dikenal dengan sebutan cendol. Uniknya penyajian dawet tersebut tidak menggunakan gelas loh, melainkan menggunakan mangkuk kecil. Didalamnya terdapat bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape dan tidak lupa tokoh utamanya nih cendol. Ditambahkan es batu dan siraman santan, sangat menyegarkan tenggorokan.

Nah selesai nih guys jalan jalan kita menengok kuliner Madiun, sebenarnya masih banyak lagi sih, tapi keenam menu tersebut paling direkomendasikan deh ketika berada disana. Jadi ketika ke madiun jangan sampai melewatkan keenam kuliner tadi ya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply