Kuliner Khas Garut yang Bisa Menggoyang Lidah Anda

Ketika mendengar kata garut, pasti yang terlintas di pikiran kamu dodol garut kan? Itu benar, tapi sebenarnya ada banyak lagi kuliner Garut selain dodol garut ini. Yang pastinya beragam kuliner khas garut ini sangat lezat dan menggoyang lidah anda. Lalu, apa sih kuliner lezat lainnya dari kota yang dijuluki Switzerland van Java ini? Simak ulasannya berikut ini.

Kuliner khas Garut yang wajib anda coba

  1. Sambal Cibiuk, makanan pedas ini dibuat oleh masyarakat yang tinggal di Cibiuk. Sambal ini berbeda dari sambal lainnya karena terbuat dari tomat hijau, serawung, cabai hijau dan beragam bumbu lainnya. Sambal pedas ini tidak akan menimbulkan rasa panas di perut.
  2. Soto ayam Garut, sama seperti daerah lainnya, Garut juga memiliki soto khasnya sendiri. Soto ayam garut ini becita rasa asin dan gurih. Kuahnya merupakan kuah santan kuning. Sajian soto ini juga dilengkapi dengan taburan kedelai goreng dan daun bawang.
  3. Baso aci, merupakan salah kuliner garut yang unik. Disajikan untuk cemilan. Terbuat dari tepung kanji yang diolah dengan beragam bumbu lalu disajikan dengan kuah seperti layaknya bakso.
  4. Surabi, makanan ini juga merupakan kuliner garut yang terkenal. Terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan kelapa. Surabi ini dimasak menggunakan arang dan dimasukkan dalam cetakan khusus. Saat disajikan, surabi bisa dikombinasikan dengan berbagai macam topping. Salah satunya adalah menggunakan susu dan keju.
  5. Es goyobod, selain makanan, Garut juga memiliki minuman khasnya. Es ini menjadi favorit para wisatawan karena rasanya yang manis dan juga segar. Cocok dinikmati di hari yang panas. Es goyobod ini mirip dengan es campur, namun ditambahkan dengan tepung kanji.
  6. Chocodot, kuliner garut ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena merupakan salah satu andalan kota Garut. Dibuat oleh seorang pemuda asli Garut yang mengkombinasikan coklat dengan bahan-bahan asli daerah Garut. Seperti buah-buahan, kacang, cabai dan juga dodol. Chocodot ini dikemas dengan kemasan yang modern. Cocok untuk para anak muda yang ingin membeli oleh-oleh khas Garut.
  7. Burayot, merupakan kue khas Garut yang terbuat dari kacang merah, beras merah dan gula merah. Burayot ini merupakan hidangan yang sering dijumpai di Garut saat lebaran. Jika anda penasaran dengan kuliner yang satu ini, anda bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Garut.
  8. Ladu, merupakan jajanan khas asal Malangbong, Garut. Seperti dodol, namun sedikit lebih keras dari dodol. Jajanan ini rasanya manis namun tidak terlalu dominan, tidak seperti dodol yang memiliki rasa manis dominan. Terbuat dari beras ketan. Jajanan ini juga mudah ditemukan.
  9. Emplod, makanan ini memiliki nama lain yaitu endog lewo yang artinya telur dari kampung lewo. Terbuat dari singkong yang diolah dengan cara digiling, diperas lalu didiamkan hingga 24 jam. Setelah itu dicampurkan dengan kelapa parut dan bumbu lainnya. Kemudian dibentuk bulat-bulat, digoreng dan akhirnya dihidangkan.
  10. Dodol garut, di awal kita memang sudah membahas mengenai dodol garut. Namun ternyata tidak lengkap jika tidak menyertakan dodol garut dalam daftar ini. Dodol dapat dengan mudah ditemukan di toko yang menjual oleh-oleh khas Garut.

Itulah kuliner Garut yang wajib anda coba dan wajib anda jadikan oleh-oleh jika anda berkesempatan mengunjungi dan liburan ke Garut.

Leave a Reply