Kuliner Khas Blora yang Wajib Dicoba Pecinta Kuliner

Setiap daerah di indonesia memiliki kuliner yang berbeda-beda. Kekayaan kuliner di indonesia memang begitu besar. Daerah pesisir blora termasuk wilayah yang memiliki keanekaragaman kuliner yang tak kalah dengan daerah lainnya. Kota yang berbatasan langsung dengan kabupaten bojonegoro jawa timur ini, terkenal sebagai kota sate. Karena banyak pedagang sate yang menjajakan makanannya. Tapi selain itu masih banyak kuliner yang patut dicoba dan akan membuat anda tambah lagi. Buat anda yang ingin mengunjungi kota blora, inilah kuliner blora yang wajib untuk dicoba.

Sate Ayam Blora

Sate merupakan makanan khas indonesia. Mungkin di setiap daerah pasti ada yang menjualnya. Tapi ada yang sedikit berbeda dengan sate ayam blora. Bumbu kacang yang digunakan benar-benar khas dan bikin nagih. Bumbu kacangnya dicampur dengan kuah gulai yang kental. Sehingga terasa lebih enak. Entah itu sate ayam atau sate sapi, pasti memakai kuah kacang tersebut. Makannya bersama dengan nasi sambal yang ditaruh diatas daun jati. Akan menambah kenikmatannya semakin enak. Ada banyak warung makan yang menjualnya, jadi anda tak akan kesulitan untuk mencicipi makanan khas kota blora ini.

Soto Blora

Soto khas blora juga memiliki keunikan tersendiri. Sedikit berbeda dengan soto dari daerah lainnya. Di indonesia setiap daerah pasti memiliki ciri khas soto yang berbeda-beda. Misalnya ada soto lamongan, soto betawi, soto makassar dan masih banyak lainnya. Untuk soto blora ini, ada tambahan daun singkong yang dipotong kecil-kecil. Selain itu kuahnya memakai kuah kuning dan ditambah taburan kacang. Ada yang memakai daging ayam atau daging sapi, kalau liburan ke blora, jangan lupa untuk mencoba soto blora ini.

Sego Kobong

Kuliner blora ini cukup terkenal dan wajib anda coba. Sego kobong sebenarnya sudah ada di daerah lainnya. Lebih dikenal dengan nasi bakar. Tapi di blora lebih dikenal dengan sego kobong. Sajian nasi ini dicampur dengan berbagai lauk. Ada ayam, ikan, dan lainnya. Lalu dibungkus dengan daun pisang dan dibakar diatas bara api. Untuk menyantapnya ditambah dengan ayam goreng, tempa goreng tahu goreng, sambal dan lalapan. Enak dimakan ketika masih hangat.

Lontong Tahu

Di daerah jawa tengah, lontong tahu menjadi hal yang mudah ditemui. Termasuk di blora, makanan ini sangat enak di makan. Campuran lontong, tahu, kecambah, kol dan disiram dengan sambal kacang. Jangan lupa untuk disajikan dengan kerupuk udang. Akan membuat kita ketagiahn terus menerus. Apalagi harganya cukup terjangkau. Bahkan anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Opor Ayam Blora

Mungkin anda sudah terbiasa dengan yang namanya opor ayam. Di indonesia opor ayam selalu disajikan ketika hari lebaran. Tapi ketika berkunjung ke blora, anda wajib mencicipi opor ayam khas blora ini, memang tidak jauh berbeda dengan opor lainnya. Hanya sedikit berbeda di kuahnya. Kuahnya lebih kental dan daging ayam yang empuk. Dimakan dengan nasi hangat akan menjadi perpaduan yang pas.

Di blora memang tak begitu banyak makanan khasnya, yang paling terkenal tentunya sate blora. Inilah kenapa blora disebut sebagai kota sate. Kalau berkunjung kesini, anda wajib mencoba sate khas blora. Karena akan sulit ditemukan di daerah lainnya. Sekian artikel tentang kuliner blora. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Leave a Reply