Kuliner Denpasar: Kuliner Khas Bali Yang Wajib Kamu Coba

Liburan ke pulau Bali memang menjadi dambaan bagi siapa saja. Pulau yang satu ini memang terkenal dengan keindahan pantai-pantainya serta beberapa situs sejarahnya. Namun, tak lengkap rasanya liburan ke Bali tanpa mencicipi makanan khas yang ada di pulau dewata tersebut. Bagi anda yang pertama kali mengunjungi Bali, berikut adalah rekomendasi untuk kuliner denpasar yang bisa anda coba.

Daftar Nama-Nama Kuliner Denpasar

Liburan di pulau Bali terasa hambar dan tidak lengkap tanpa menyantap kuliner khas yang ada di sana. Bagi sebagian besar orang yang sudah pernah berlibur ke Bali, masakan kuliner denpasar mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner dibandingkan dengan masakan dari daerah lain. Hal ini karena kuliner khas Bali diracik dengan bumbu rempah-rempah yang pedas dan kuat.

Ayam Betutu

Menu yang satu ini tidak boleh ketinggalan dalam daftar kuliner yang harus dicoba jika sedang berada di Bali. Pasalnya, ayam betutu sudah menjadi salah satu icon untuk kuliner khas Bali. Bagi anda yang gemar masakan pedas, Bersiaplah untuk jatuh cinta dengan kuliner yang satu dengan limpahan rempah-rempah serta tekstur pedasnya yang membuat siapa saja ketagihan. Uniknya, bumbu-bumbu tersebut dimasukkan ke bagian perut ayam. Perlu diketahui bahwa masakan ayam betutu biasanya menggunakan ayam kampung sebagai salah satu bahannya. Daging ayam yang sudah berisi bumbu di dalam perutnya kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Setelah itu, kuliner denpasar ini akan dipanggang dengan menggunakan bara api sekam yang kira-kira memakan waktu selalu 24 jam supaya dapat menghasilkan rasa yang gurih, lembut, serta pedas yang otentik. Selain menggunakan ayam kampung, ada juga yang menggunakan daging bebek.

Sate Lilit

Jenis sate yang satu ini cukup berbeda dengan jenis sate pada umumnya, dimana daging yang akan dipanggang akan ditusuk terlebih dahulu. Sama dengan namanya, sate lilit akan dimasak dengan cara dililit. Sebelum dimasak, daging terlebih dhaulu dicincang hingga halus serta diramu dengan menggunakan bumbu Bali. Setelah itu, daging akan dililitkan ke tangkai bambu atau batang daun serai. Rasa dari salah satu daftar kuliner denpasar ini dijamin gurih dan empuk. Untuk sate yang menggunakan batang daun serai, kamu bisa mencium baunya yang sedap dan wangi yang pastinya mengundang selera. Untuk masakan sate lilit ini, daging yang biasa digunakan pada umumnya yaitu ikan tenggiri, bagi, dan ayam. Sate lilit yang menggunakan ikan tenggiri adalah yang menjadi primadona di pulau Bali.

Lawar Kuwir

Lawar adalah campuran daging cincang dan sayur-sayuran yang diramu secara khusus menggunakan bumbu khas Bali. Pada umumnya, lawar akan dioleh menggunakan campuran daging babi, namun ternyata bebek entog atau biasa disebut kuwir juga menjadi salah satu daging alternatif yang menjadi favorit masyarakat Bali. Biasanya, daging entog yang dicincang akan dicampur dengan potongan-potongan sayuran. Salah satu sayur yang paling sering digunakan untuk kuliner denpasar ini adalah kacang panjang. Selain sayuran, daging juga akan dicampurkan dengan parutan kelapa dan juga dilumuri dengan bumbu khas Bali. Penting untuk diketahui jika lawar kuwir akan terasa lebih sedap jika disantap bersama dengan nasi putih dan juga sate lilit. Selain itu, anda juga bisa memadukannya dengan suwiran ayam betutu serta semangkok jukut ares atau sayur batang pisang. Anda bisa menemukan masakan yang satu ini di beberapa restoran dan warung makan tidak hanya di kawasan Denpasar saja.

Leave a Reply