5 Kuliner Bantul Terbaik yang Patut Untuk Ditelusuri dan Dinikmati Semua Pecinta Kuliner

Tentu anda sudah tahu Bantul adalah tempat wisata yang terkenal dengan pantai dan goanya. Akan tetapi, wilayah ini tidak hanya bagus dengan wisata tempatnya saja. Tahukah anda? Banyak wisata kuliner tersembunyi yang patut untuk kita telusuri, apalagi jika anda mengaku bahwa anda adalah pecinta kuliner sejati. Berikut kami beri tahukan pada anda 5 kuliner Bantul terbaik yang tidak boleh dilewatkan ketika anda berkesempatan untuk berwisata di wilayah ini. Mari kita lihat di bawah ini menu yang menduduki 5 tingkatan teratas.

  1. Mangut Lele Mbah Marto di Ngireng-Ireng

Jika kuliner yang menjadi bahan pembicaraan adalah Mangut Lele, kuliner satu ini yang paling mahsyur di Nusantara hanyalah Mangut Lele Mbah Marto yang terletak di Ngireng-ireng, Saraban, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Mangut Lele ini menjadi salah satu kuliner terbaik Bantul dikarenakan tekstur dagingnya yang khusus. Ketika masuk ke mulut, anda akan merasakan dagingnya yang kesat, empuk, dan pedas. Bagaimana menu ini tidak menggiurkan? Dagingnya tentu bisa kita nikmati dengan kepuasan tiada tara.

  1. Pecel Baywatch Mbah Warno di Semanggi

Kuliner kedua yang juga termashyur di Bantul adalah Pecel Baywatch Mbah Warno. Nama unik ini direferensikan dari fakta bahwa Mbah Warno menjajakan pecelnya dengan menggunakan kutang, seperti halnya yang tokoh-tokoh wanita di film serial berjudul Baywatch. Tentu saja, pecel Mbah Warno juga dianggap sebagai salah satu kuliner Bantul terbaik karena rasanya. Dengan penggunaan kembang turi yang khas, rasa pecel Mbah Warno ini menjadi nikmat ditambah dengan rasa manis bumbu kacang yang melengkapi sayurannya.

  1. Sambel Belut Pak Sabar di Jl. Imogiri Barat

Kuliner ketiga yang tidak boleh anda lewatkan kali ini merupakan menu sambel belut. Untuk menu yang satu ini, kami rekomendasikan Sambel Belut Pak Sabar yang terletak di Jl. Imogiri Barat Km.6, Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Belut sebelum dimasak akan dihilangkan terlebih dahulu tulangnya. Kemudian, belut akan digoreng dan dihidangkan dengan sambel uleg yang terbuat dari cabai hijau, kencur, daun jeruk, bawang putih, dan garam. Belut pedas tanpa tulang tentu nikmatnya sungguh tidak bisa dipungkiri lagi, bukan?

  1. Sate Petir Pak Nano di Jl. Jogja Ring Road Sel

Kuliner keempat yang tidak kalah menariknya untuk dicoba tidak lain adalah Sate Petir Pak Nano. Warung Pak Nano ini dapat ditemukan di Jl. Jogja Ring Road Selatan No.90, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Tentu saja, sate kambing ini dibakar dan disediakan bersama sambal kecap. Akan tetapi, yang membuat menu ini menjadi kuliner spesial Bantul adalah sambalnya. Sebagaimana namanya, sate kambing ini disediakan dengan sambal yang dibuat dengan cabai rawit dengan jumlah yang banyak. Karena itulah, pedasnya terasa seperti petir.

  1. Sate Klathak Pak Bari di Wonokromo, Pleret

Sate bisa diolah dan dihidangkan dengan bermacam-macam. Salah satu kuliner Bantul terbaik yang kami sarankan kali ini adalah Sate Klathak Pak Bari yang terletak di Jl. Imogiri Timur Km.10, Wonokromo, Pleret, Bantul. Potongan daging kambing ditusuk dengan jeruji motor dan dibakar. Kemudian, sate ini disediakan bersama dengan bumbu garam dan bawang putih saja. Meskipun simpel dan sederhana, menu sate kambing ini tetap nikmat dan membuat kita ketagihan. Pastikan anda coba kuliner satu ini di wilayah Bantul.

Leave a Reply