Kisah Penampakan Dan Teror Hantu Macan Di Desa Banjaran

Kehidupan manusia sebenarnya berdampingan dengan kehidupan makhluk halus. Banyak yang tidak percaya jika hantu itu ada namun pada kenyataannya memang ada yang namanya hantu. Sudah banyak sekali orang yang mengalami kejadian seperti melihat penampakan, kerasukan, dan mengalami hal-hal lain yang berkaitan dengan makhluk halus. Setan yang sering menampakkan diri sebenarnya berasal dari golongan jin. Jin dan manusia adalah ciptaan tuhan yang hidup didunia yang berbeda namun tetap berdampingan. Hal ini menyebabkan hantu sangat sering terlihat. Penampakan adalah hal yang sangat wajar namun tidak semua orang mengalaminya. Hantu akan menampakkan diri pada keadaan yang memungkinkan dan kepada orang yang tertentu. Ada orang yang sangat sering melihat penampakan namun ada juga orang yang sudah berusia lanjut ternyata sama sekali belum pernah melihat penampakan. Ada banyak hantu yang sering menampakkan diri mulai dari pocong hingga hantu seperti tuyul dan yang lainnya. Salah satu yang cukup mengerikan adalah hantu atau jin yang berupa hewa. Pernah ada kisah seseorang di sebuah desa di kota jogja yang melihat penampakan hantu macan.

Penampakan hantu berbentuk macan terjadi di wilayah sekitar jogja dan ini merupakan kisah nyata. Hantu macan biasanya ada pada pertunjukan kesenian tradisional seperti jatilan, dayakan dan kesenian lainnya yang melibatkan jin binatang ini. Ketika seseorang kerasukan jin macan biasanya seseorang akan memiliki perilaku seperti macan. Beberapa perilaku seseorang yang sedang kerasukan jin ini adalah senang mencakar-cakar, mengerang, berlari dengan menggunakan tangan dan kaki bahkan senang makan binatang hidup seperti ayam. Pertunjukan ini bisa dilihat dibeberapa kesenian yang telah disebutkan tadi. Namun selain diundang untuk merasuki orang supaya pertunjukan terlihat menarik ternyata ada juga yang pernah melihat sosok macan ini. Macan yang bersifat jin ini bahkan bisa saja merupakan siluman.

Hantu macan yang menjadi terror

Wilayah desa banjaran berada di kecamatan kalibawang, kabupaten kulon progo, Yogyakarta. Desa ini masih sangat hijau dan memiliki suasana yang masih sangat sacral. Apabila anda pernah datang ke desa ini, maka akan sangat terasa sekali udaranya yang masih sangat sejuk. Di balik keindahan dan kesejukan udaranya ternyata tersimpan kisah misteri berupa penampakan macan besar. Di kebun dekat masjid nurul hidayah sering terlihat sosok macan yang besar. Macan ini pernah dilihat oleh orang yang lewat atau sedang mencari sesuatu dikebun. Macan ini terlihat sangat tenang dan seperti tidak takut dengan manusia namun ternyata saat dilihat lama kelamaan macan ini menghilang entah kemana. Berdasarkan pengalaman seorang pemburu, waktu itu dia sedang berburu dimalam hari bersama dengan temannya. Tiba-tiba ditengah kebun terdengar suara macan yang mengaum begitu kerasa sehingga membuat semuanya merasa ketakutan. Karena penasaran mereka mencari tahu, namun ternyata tidak ditemukan sosok apapun.

Pengalaman lainnya terjadi oleh mbah sardi. Sebuah saja dia mbah sardi, pekerjaannya adalah sebagai pedagang. Biasanya dia saat pulang akan lewat kebun tersebut. Dirinya tidak menyadari jika ternyata ada sosok jin macan yang mengikutinya. Di waktu malam hari, dia sering bermimpi melihat macan dan seolah selalu menerornya. Mimpi yang membuatnya sering ketakutan ini kemudian diperiksakan. Apakah mimpi tersebut hal wajar atau tidak namun ternyata ada jin yang memang mengganggunya. Saat dilakukan ruqyah, mbah saardi tiba-tiba berubah seperti memiliki perilaku macan. Dia berjalan dengan tangan dan kaki seperti macan. Sambil berteriak dia menjerit-jerit dan seperti ketakutan dengan macan. Nah, setelah di ruqyah, mbah saadri sadar jika selama itu ternyata diganggu oleh jin macan. Penampakan hantu macan juga sering terjadi dan membuat mbah saardi merasa takut pergi malam-malam.

Pengalaman mengenai penampakan dari hantu macan juga pernah terjadi pada orang yang berada di pondok atau panti asuhan dekat desa tersebut. Suatu hari anak itu tiba-tiba menangis dan menjerit-jerit seperti melihat sosok macan. Penampakan ini berlangsung beberapa saat hingga anak ini menangis sejadi-jadinya. Bukan hanya menampakkan diri untuk menakut-nakuti seseorang saja, jin ini juga dapat melukai. Tubuh anak yang tadinya baik-baik saja tiba-tiba berdarah di bagian punggung seperti ada bekas cakaran. Dan banyak yang mengatakan jika anak ini memang diganggu dan dilukai oleh jin yang tadi dilihatnya.

Betapa mengerikannya penampakan hantu macan ini. Karena sudah banyak yang mengetahui keberadaannya, jin tersebut lebih pandai lagi untuk menyembunyikan diri. Kejadian seperti melihat penampakan adalah hal yang lazim terjadi. Sebagai manusia yang beriman dan percaya akan tuhan, sebaiknya tetap berfikir positif. Apapun yang diciptakan oleh tuhan memiliki fungsi tersendiri. Selain sebagai ujian, penampakan seperti ini juga bisa memberikan pelajaran. Di setiap wilayah tentu memiliki cerita mistis sendiri.

Leave a Reply