Kisah Misteri Hantu Lelapah, Sosok Hantu Raksasa Yang Menyeramkan

Jawa termasuk daerah yang masih memegang teguh adat kejawen. Masih banyak orang yang percaya dengan legenda-legenda misteri menyeramkan. Salah satu legenda yang berasal dari tanah jawa adalah sosok lelapah. Mungkin banyak orang yang tidak tahu sosok ini, karena legendanya memang sudah hilang termakan zaman. Dulu banyak orang yang takut dengan sosok ini, karena bisa memakan daging manusia mentah-mentah. Bisa menyerang manusia begitu saja dan memiliki sosok yang menyeramkan.

Cerita Misteri Bertemu Dengan Hantu Lelapah

Hantu ini memiliki wujud raksasa yang besar. Konon katanya dia suka memakan daging manusia. Dia bisa langsung muncul begitu saja dan menyerang manusia. Sosok ini juga sering dijadikan pesugihan para pemancing. Oleh karena itu sosok ini sering ditemukan di aliran sungai, hutan atau pohon besar. Kedatangannya ditandai dengan bau amis yang menyengat. Dia memiliki sifat yang tolol dan lambat tetapi sangat ganas.

Ada salah satu cerita tentang hantu ini, terjadi di daerah magelang sekitar tahun 2009. Banyak masyarakat magelang yang percaya bahwa hantu ini menghuni sungai progo. Ada banyak sekali cerita tentang hantu ini. Ada yang bila ia suka makan daging manusia tetapi ada yang bilang hanya memakan daging ikan. Karena sering terlihat di sungai, hantu ini sering digunakan sebagai pesugihan para pemancing. Dia akan menemani orang yang memancing supaya mendapatkan banyak ikan. Dia akan duduk di batu besar dengan tubuh besar.

Suatu sore, sulaiman ingin memancing di sungai progo. Dia memancing sampai malam hari, menjelang isya tiba-tiba ada seseorang pemancing datang. Dia berpikir pemancing tersebut adalah temannya yang menyusul. Saat itu sulaiman tidak begitu memperdulikan pemancing tersebut. Karena tiba-tiba pancingannya mendapatkan ikan. Bahkan dia melihat ikan di sekitar sungai berkelebangan banyak sekali. Seolah muncul begitu saja, padahal dari tadi sore dia belum mendapatkan ikan sama sekali.

Sosok pemancing misterius tersebut tiba-tiba bertanya “mpun angsal nopo dereng mas? (sudah dapat ikan apa belum mas). Sulaiman menjawab sampun (sudah), tanpa menoleh ke arah pemancing tersebut. Sulaiman merasa aneh, karena suara yang ia dengar terlihat sangat besar. Tidak seperti suara manusia pada umumnya, dia pun mencoba melihat sosok pemancing tersebut. Betapa kagetnya sulaiman, dia melihat sosok hitam besar yang duduk di tepi sungai. Memiliki rambut panjang dan wajah yang menyeramkan.

Keesokan harinya, sulaiman terbangun di rumah warga. Ternyata dia ditemukan pingsan di tepi sungai oleh warga setempat. Lalu ia menceritakan bahwa bertemu dengan sosok hitam menyeramkan di sungai. Yang berubah menjadi orang pemancing. Untungnya saat pingsan kondisi sungai tidak banjir. Bila banjir mungkin sulaiman sudah terbawa arus sungai. Sejak saat itu sulaiman takut untuk memancing di sungai progo sampai malam hari.

Tetapi sayangnya legenda ini sudah mulai menghilang. Tidak begitu banyak masyarakat jawa yang mengenal dan mempercayainya. Seolah hilang begitu saja, karena banyak orang yang tidak takut berada di sungai malam hari. Bahkan mereka bisa memancing sesuka hati tanpa takut pengganggu, kebenaran sosok lelepah ini sudah menjadi legenda saja. Jika anda penasaran sosoknya, bisa mencoba datang ke sungai besar di malam hari. Cobalah untuk memancing dan tunggu sosok besar menghampiri anda. Tetapi bila tidak berani lebih baik biarkan cerita ini menjadi legenda di tanah jawa dan bisa menjadi cerita masyarakat.

Leave a Reply