Kisah Horor Dalang Di Undang Mahluk Gaib Untuk Menggelar Wayang di Kuburan

Wayang adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia. Sayangnya, budaya ini sudah terkikis dan perlahan mulai menghilang. Anak muda zaman sekarang lebih suka budaya barat yang perlahan dibawanya masuk ke tanah nusantara. Padahal, wayang adalah salah satu hiburan yang paling keren pada masanya. Namun, wayang juga kerap dikaitkan dengan hal mistis. Tapi, kisah nyata salah satu dalang kondang di Indonesia ini benar-benar penuh mistis dan horror.

Mendapat Undangan Menggelar Pertunjukan Wayang Secara Mendadak

Dalang kondang ini memang sangat sibuk dengan jadwal pertunjukan wayangnya yang padat. Namun, suatu hari ada seseorang yang datang dan meminta untuk menggelar pertunjukan wayang di suatu desa. Kebetulan, jadwal yang diminta bertabrakan dengan jadwal yang sudah lebih dulu ada. Namun entah apa yang dipikirkannya, si dalang kondang ini justru membatalkan jadwal lamanya dan menyetujui undangan orang tak dikenal tadi.

Setelah waktu, bayaran dan segala sesuatunya menemui kesepakatan, orang tersebut pamit pulang. Kebetulan, jadwal yang diminta orang itu adalah pada malam Minggu. Ketika waktunya tiba, dalang konda itu datang menuju alamat kampung yang mengundang tadi. Sesampainya di lokasi, ternyata panggung dan segala persiapannya sudah lengkap. Tepat pukul 8 malam, dalang kondang ini pun memulai pertujukan wayangnya.

Kaget Karena Sadar Menggelar Pertunjukan Wayang di Kuburan

Pergelaran wayang tersebut berlangsung sekitar 3 hingga 3,5 jam. Setelah selesai, para penonton pun bertepuk tangan tanda puas dengan pertunjukannya. Dalang konda tersebut segera mengemasi peralatan wayangnya. Namun anehnya, ketika hendak dibayarkan upahnya, dalang kondang itu menolaknya. Tepat pukul 12 malam, ia pun melangkahkan kakinya untuk pulang sambil menggendong peralatan wayang-wayangnya.

Setelah berjalan sekitar 200 meter, ada beberapa warga kampung yang menghentikannya dan bertanya, kenapa tadi menggelar pertunjukan wayang di kuburan. Mendengar pertanyaan itu, dalang konda ini pun mengerutkan wajahnya dengan penuh keheranan. Kemudian, dijelaskan kalau tadi ia menggelar pertunjukan di suatu kampung dan penontonnya pun banyak, sambil menunjuk arah kampung tersebut.

Namun, warga kampung tersebut segera menyangkal kalau arah yang ditunjuknya adalah kuburan tua yang terkenal angker. Karena tak percaya, dalang kondang tersebut mengajak para warga untuk melihatnya bersama-sama. Sesampainya di sana, dalang tersebut kaget karena tak habis pikir kalau tempat yang tadinya dijadikan panggung untuk menggelar pertunjukan wayang seketika terlihat menjadi sebuah kuburan tua.

Banyak Orang yang Pernah Disesatkan di Kuburan Tersebut

Ternyata, kejadian yang mirip juga sudah sering terjadi. Dulu, pernah ada seorang yang keluar dari kuburan tua itu. Setelah ditanya, katanya ia habis mengantarkan barang pesanan di rumah pojok sana. Padahal, taka da rumah sama sekali di dalam kuburan tua itu. Belum lama ini, juga ada seorang pria paruh baya yang katanya habis menginap di rumah temannya. Lagi-lagi ia menunjuk arah kuburan sebagai lokasi rumah temannya tersebut. Dan masih banyak lagi kejadian horror di kuburan tersebut yang membuat orang lain ketakutan.

Karena tak ingin memakan banyak korban lagi, rencananya kuburan tua itu akan ditutup dengan beteng tinggi yang mengelilinginya. Namun, selalu ada saja hal yang menggagalkan rencana ini sehingga kuburan tua itu masih ada hingga saat ini. Di sisi lain, dalang kondang yang menggelar pertunjukan di kuburan tua tadi kini sudah wafat dan karya-karyanya akan tetap selalu dikenang.

Leave a Reply