Kijang Emas Di Hutan Belantara Yang Menjadi Misteri

Kisah misteri mengenai keberadaan satwa misterius memang masih banyak dijumpai di indonesia. Salah satu satwa yang saat ini masih banyak menjadi perbincangan masyarakat adalah kijang emas. Kijang merupakan binatang yang memiliki bentuk tubuh seperti kambing namun memiliki perbedaan pada bagian tanduknya. Bentuk dari hewan ini memang sekilas seperti kambing namun jika diamati dengan seksama akan ada banyak sekali perbedaan yang bisa ditemukan. Pada umumnya, kijang memiliki bulu rambut dengan warna coklat muda hingga coklat tua dengan gradasi warna yang unik seperti kombinasi hitam dan putih. Namun di hutan kalimantan, kijang memiliki cerita misteri yang menggemparkan yakni warna bulunya yang seperti emas. Kijang emas di belantara kalimantan hingga saat ini masih menjadi objek yang banyak dicari tahu oleh masyarakat dan badan pengawas hutan.

Keberadaan dari binatang ini banyak disebut ada di kawasan hutan kabupaten tanah laut yakni di wilayah kalimantan selatan. Masyarakat yang berada di sekitar hutan tersebut banyak yang mengaku pernah melihat hewan ini melintas di depan mata. Corak warna pada kijang emas sangatlah berbeda dengan kijang pada umumnya sehingga akan sangat menarik sekali jika memang binatang tersebut ada di hutan tersebut. Dari banyaknya cerita masyarakat mengenai kijang emas tersebut banyak orang menyimpulkan jika keberadaan kijang tersebut memang benar-benar ada namun untuk bukti yang otentik seperti foto atau video memang hingga saat ini belum bisa didapatkan.

Kesulitan untuk mengambil gambar atau bukti keberadaan

Hal yang membuat binatang ini hingga saat ini menjadi hewan yang sangat misterius adalah kemampuannya bersembunyi yang sangat baik. Tidak sembarang orang yang bisa menjumpai kijang emas tersebut. Banyak dari petugas kehutanan yang berusaha untuk mencari tahu keberadaan hewan tersebut namun selalu saja gagal dan tidak membawa hasil apapun. Berbeda dengan keberadaan dari kelinci dengan bulu emas. Sudah ada hasil foto yang menjadi bukti otentik dari keberadaannya. Namun untuk kijang emas di belantara kalimantan memang masih sangat sulit untuk ditemukan.

Ciri dari kijang emas kalimantan

Balai konservasi sumber daya alam yang ada di kalimantan menyatakan jika hingga saat ini belum ada yang mampu mengambil gambar dari binatang yang misterius ini. Mungkin jika sudah mendapatkan bukti berupa foto nantinya akan ada tindakan penjagaan agar binatang yang langka ini selalu aman dan tetap hidup dalam pengawasan. Namun dari hasil perbincangan atau cerita dari masyarakat, ada beberapa ciri yang bisa digambarkan tentang kijang emas tersebut.

Masyarakat di sekitar hutan kalimantan sering menyebut satwa unik tersebut sebagai kijang kuning. Bahasa latin dari binatang ini adalah muntiacus atherodes. Secara morfologi, ciri dari binatang unik ini memiliki warna pungguh merah kekuningan atau seperti rambut pirang pada bagian tengah punggung. Sedangkan untuk bagian perut memiliki warna kuning pucat sehingga gradasi warna antara punggung, badan tengah dan perut akan sangat terlihat jelas perbedaannya.

Ciri lainnya adalah ekor pada kijang emas di belantara kalimantan ini berbentuk kecil dan ramping dengan warna cokelat gelap dengan kombinasi kuning. Untuk ukuran bahunya sekitar 50 cm. Panjang dari kepala adalah sekitar 86-92cm. Tanduk dari binatang ini memiliki panjang hanya sekitar 4,7 cm pada cabangnya sedangkan untuk batang tanduk hanya sekitar 9 cm. Jika dilihat secara keseluruhan, bentuk dari binatang ini tidak jauh berbeda dengan kijang pada umumnya. Jika anda berkunjung ke hutan kalimantan mungkin saja dapat bertemu dengan satwa misterius yang satu ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply