Kerpercayaan Orang Lombok Terhadap Misteri Firasat

Firasat sama halnya seperti mitos-mitos yang dipercayai oleh masyarakat. Lombok adalah wilayah yang masih sangat kental dengan hal-hal mistis. Banyak sekali kepercayaan-kepercayaan yang mempengaruhi setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Firasat menjadi bagian dari cerita misteri dikalangan masyarakat pada umumnya. Perbedaannya adalah firasat seringkali tidak dipercayai karena tingkat validitas dan pengakuannya oleh masyarakat lebih sedikit dibandingkan dengan cerita misteri atau mitos-mitos. Firasat hanya terjadi pada orang-orang tertentu.

Di Pulau Lombok, bagi masyarakat pedalaman atau orang-orang yang tinggal di Desa sangat kuat kepercayaannya terhadap firasat. Firasat bahkan bisa dikatakan menjadi keyakinan ketika mendapatkanya. Adapun beberapa contoh firasat yang umum dirasakan atau didapatkan yaitu :

Firasat melalui mimpi

Firasat melalui mimpi banyak juga dialami oleh kebanyakan orang, mimpi yang didapatkan pun bervariasi. Adapun firasat-firasat yang populer yaitu :

  1. Firasat pertanda orang yang dekat akan meninggal biasanya bermimpi sandal yang digunakan putus, gigi tanggal, sisir yang patah, kehilangan benda-benda yang disukai dan lain sebagainya
  2. Firasat mendapatkan rizki biasanya orang itu bermimpi memegang kotoran atau menggendong anak kecil
  3. Firasat akan berjodoh dengan orang yang disukai biasanya bermimpi bertemu orang tersebut di tempat yang bagus menggunakan pakaian putih
  4. Firasat akan mendapat kesusahan biasanya bermimpi tidak mengenakan pakaian

Firasat mendapatkan rizki

Selain melalui mimpi, firasat juga datang melalui kejadian-kejadian tertentu. Diantaranya yaitu jika ada kupu-kupu warna coklat yang masuk kedalam rumah. Jika ada kupu-kupu warna coklat yang masuk kedalam rumah orang Lombok percaya akan ada rizki tidak terduga yang akan datang. Rizki yang didapatkan tergantung lamanya kupu-kupu tersebut singgah kerumah tersebut. Semakin lama kupu-kupu tersebut singgah, maka semakin banyak pula rizki yang akan didapatkan. Semakin sebentar kupu-kupu itu singgah maka rizki yang akan didapatkan jumlahnya sangat kecil.

Firasat mendapatkan kesusahan

Seperti halnya firasat mendapatkan rizki, mendapatkan kesusahan juga terkadang seseorang mendapatkan firasat. Firasat kesusahan selain melalui mimpi seperti yang dijelaskan sebelumnya juga melalui kejadian-kejadian tertentu. Adapun beberapa kejadian-kejadian yang dipercaya sebagai firasat buruk yaitu :

  1. Masuknya capung dimalam hari kedalam rumah dipercayai sebagai firasat buruk dimana akan ada kesusahan yang akan di alami oleh penghuni rumah tersebut
  2. Kucing mengaung-ngaung seperti orang menangis pertanda akan ada seseorang yang meninggal entah orang disekitar rumah atau keluarga atau bisa juga kerabat

Firasat yang dipercayai oleh orang Lombok sangatlah unik-unik. Jika orang-orang menyebutnya sebagai sugesti juga pada dasarnya firasat adalah sebuah sugesti yang membuat orang tersebut merealisasikan apa yang difikirkan. Cerita misteri dibalik firasat penting untuk diketahui karena menarik dan unik sebagai pembelajaran. Pengetahuan tentang misteri firasat biasanya datang dari orang-orang zaman dahulu. Seperti yang kita ketahui, orang-orang zaman dahulu mendapatkan pengetahuan melalui kajian terhadap pengalaman hidup. Orang-orang zaman dahulu berfikir sederhana dan menggunakan alat-alat sederhana untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Yang khas dengan pengetahuan mereka juga adalah pengetahuan dari pengalaman interaksi dengan alam. Seperti dijelaskan sebelumnya misalkan pertanda-pertanda firasat yang ditafsirkan banyak sekali berkaitan dengan alam. Kupu-kupu misalkan, di wilayah pedesaan atau pedalaman kupu-kupu masih banyak berkeliaran atau masih banyak ditemukan. Maka untuk mendapati kupu-kupu yang masuk kedalam rumah masih memungkinkan. Sedangkan di wilayah perkotaan cukup sulit mendapati kupu-kupu yang masuk kedalam rumah.

Leave a Reply