Mengintip Keindahan Alam Pantai Bandealit Jember

Pantai Bandealit adalah salah satu jujukan wisata alam yang patut untuk dikunjungi. Menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, pantai dengan pasir coklat keemasan ini memiliki pemandangan yang tidak kalah menakjubkan dengan lokasi wisata alam daerah lain yang terkenal lebih dahulu. Keindahan yang tetap asri ini bisa terjaga karena lokasi ini masuk ke dalam bagian Taman nasional Meru Betiri yang ada di Jember, Jawa Timur. Beruntungnya pantai ini telah dikelola secara baik sehingga bisa dikunjungi oleh wisatawan dari mana pun.

Lokasi Pantai Bandealit

Berkunjung ke pantai bisa menjadi pilihan yang tepat dan menyenangkan untuk acara berlibur keluarga. Berlibur kembali alam nampak hadir sebagai alternatif pilihan tepat untuk merasakan kembali keindahan alam. Taman yang berada di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tepatnya berada di di Kecamatan Tempurejo daerah Desa Andongrejo. Lokasi pantai yang berada di wilayah Taman Nasional Meru Betiri hanya berjarak hingga 60 km dari arah selatan Kota Jember. Pemadangan pantai dengan pasir emas bukanlah satu-satunya lokasi yang bisa dinikmati karena masih ada beberapa lokasi sekitar yang tidak kalah menarik.

Sekarang bila pengunjung hendak memasuki Pantai Bandealit akan dikenakan biaya masuk dalam jumlah tertentu meski tetap masih terjangkau. Jember tidak saja hanya terkenal sebagai kota modern dengan wisata budaya yang telah mendunia. Melainkan juga terkenal dengan wisata berlibur lainnya seperti tempat penangkaran rusa timor. Selain itu, pengunjung masih bisa mengeksplor ke bagian sisi lain yakni green house anggrek. Dilihat dari namanya sudah terlihat bahwa tempat ini adalah taman luas dengan aneka tanaman anggrek berbagai jenis.

Menjajal Permainan Surfing

Ketika berbicara tentang lokasi wisata alam ini terlintas dipikiran tentang misteri Pantai Bandealit. Misteri lokasi ini adalah adanya keindahan lain yang tersimpan. Bila pengunjung tidak mengeksplor lebih jauh maka mungkin tidak akan nampak. Lokasi tersebut berada di bagian muara sungai. Di area sisi Pantai Bandealit ini merupakan muara sungai yang memiliki bentuk seperti danau. Pepohonan mangrove berjenis pedada untuk vegetasi yang berada disekitarnya memberikan keindahan tersendiri.

Pesona Pantai Bandealit tidak saja hanya terlihat dari lokasi alam menakjubkan yang disuguhkan melainkan juga wisata permainan seperti Bodysurfing. Ini merupakan salah satu kegiatan memacu adrenalin yang bisa dilakukan di pantai ini. Ombak yang tidak terlalu besar dengan gulungan yang teratur membuatnya terlihat pas untuk kegiatan tersebut. Pengunjung juga bisa melakukan kegiatan alam lain seperti melakukan pemantauan hewan termasuk burung-burung yang hidup di sekitar wilayah tersebut. Selain itu, kegiatan luar lain yang bisa dilakukan di sekitar tempat ini adalah seperti melakukan kegiatan berkano, menyusuri sungai dengan hilir yang nyaman.

Kegiatan berkano secara nyaman dapat dilakukan di Pantai Bandealit secara nyaman. Bila ingin melakukan kegiatan yang lebih menantang maka para pelancong dapat menyusuri sungai menggunakan speedboat. Agar dapat menikmati keindahan pantai ini serta agar dapat mengeksplor secara lebih luas maka sebaiknya datang ke tempat ini di waktu yang tepat. Setelah berjalan-jalan di pantai, menghilangkan penat akan semakin terasa nikmat dengan menikmati hidangan masakan laut yang banyak ditawarkan disekitar area tersebut. Bila sudah puas menyusuri pantai, mengeksplor segala keindahan yang disuguhkan maka tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu berkunjung ke sisi alam lain di daerah Jember ini seperti Gunung Sodung.

Leave a Reply