Home > Kuliner > Jangan Sampai Terlewatkan 7 Kuliner Lezat Khas Banyumas Ini

Jangan Sampai Terlewatkan 7 Kuliner Lezat Khas Banyumas Ini

Berkunjung kesebuah kota, ada banyak hal wajib yang harus kalian lakukan, salah satunya adalah mencoba kuliner khas daerah tersebut. Sama halnya dengan kota-kota lainnya, Banyumas juga menyajikan kuliner Banyumas yang akan membuat kalian rindu akan kota tersebut. kota yang lekat akan logat ngapaknya ini, mempunyai daerah wisata terkenal yakni Baturaden. Selain mengunjungi kawasan wisata tersebut jangan lupa mencicipi sederet kuliner yang ada disana.

Kuliner Khas Banyumas

  1. Mendoan

Mendengar namanya pasti kalian sudah tahu akan menu yang satu ini bukan? Ternyata mendoan adalah kuliner primadona yang ada di Banyumas. Tempe untuk mendoan diiris dengan tipis dan lebar, proses menggoreng juga tidak sampai kering hanya setengah matang saja. Kenikmatan mendoan akan sangat nendang bila disajikan ketika hangat dan dicocol bersama sambal. Hangat, asin, pedas bercampur jadi satu dan mampu menghilangkan rasa yang tertinggal karena mantan, eh! Bila tidak ada sambal, menggunakan cabe rawit juga tidak kalah nikmat kok.

  1. Soto Sokaraja

Berbeda dengan mendoan yang dapat dijumpai diberbagai daerah lainnya, soto Sokaraja ini hanya dapat ditemukan di Banyumas. Meskipun didaerah lain ada menu ini, tapi kenikmatan kuliner lezat khas Banyumas ini akan berbeda dengan soto asli tersebut. Kuah soto yang kaya akan rempah, bertabur toge, bihun, ayam suwir semua semakin sempurna dengan tambahan kerupuk diatasnya. Sangat cocok menemani sarapan kalian di Banyumas.

  1. Lanting bumbu / klanting

Kuliner Banyumas lainnya adalah lanting bumbu, makanan ini merupakan makanan khas yang terbuat dari singkong yang diparut dan diperas. Kemudian dicampurkan dengan bumbu rahasia lalu digoreng hingga berubah warna. Makanan golongan cemilan tersebut wajib kalian beli dan coba ketika di banyumas, enak dan gurih. Banyak penjual klanting bertebaran disana, baik dijajakan asongan hingga toko oleh-oleh.

  1. Nopia

Masih berkutat dengan cemilan, hadirlah nopia yang juga menjadi kuliner khas Banyumas yang paling populer. Bentuk nopia dapat dikatakan sangat unik dan menarik, ternyata cara membuatnyapun juga unik. Proses pematangan nopia tidak digoreng atau dikukus, melainkan dipanggang pada tungku khusus tapi dengan cara ditempel pada dinding tungku yang dipanasi bara api.

  1. Getuk goreng

Memiliki rasa yang manis dan nikmat itulah rasa dari kuliner yang satu ini. Perlu diketahui bahwa getuk ini berbeda dengan getuk lainnya, sebab proses pembuatannya membutuhkan 2 kali proses. Pertama adalah proses pematangan, pembuatan getuk dan mencetaknya menjadi kotak-kotak kecil. Dan proses kedua yaitu menggoreng getuk hingga harum dan berwarna kecoklatan.

  1. Cimplung

Masih dengan menu berbahan singkong, cimplung adalah makanan khas Banyumas yang paling populer dan hanya bisa dibuat oleh para pembuat gula jawa. Pasalnya cara pembuatan cimplung membutuhkan bahan-bahan tertentu. Pertama kali sediakan bahan utama cimplung yaitu singkong atau dengan (kelapa muda) dan rebus menggunakan air kelapa serta ditambahkan gula jawa. Cimplung akan terasa manis dan sedap.

  1. Kraca

Ketika bulan Ramadhan tiba, banyak ditemukan penjual kolak, kurma maupun bubur, pandangan berbeda akan dilihat di Banyumas. Sebab disana banyak yang menjual kraca, keong sawah yang dimasak menggunakan bumbu nan sedap. Perlu diketahui bahwa cara memakan kraca adalah dicucup atau disedot menggunakan mulut.

Demikianlah kupasan kita mengenai 7 kuliner Banyumas yang wajib dicoba. Ternyata Banyumas mempunyai cita rasa yang beragam, mulai dari menu berbahan sederhana hingga unik. Sebenarnya masih banyak lagi kuliner lain yang belum sempat kita kupas bersama, tapi yang paling recommended hanya 7 menu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *