Ingin Ke Temanggung? Jangan Sampai Melewatkan Sederet Kuliner Khasnya Ini Ya!!!

Temanggung adalah salah satu kota di kaki gunung Sumbing dan Sindoro yang berbatasan langsung dengan beberapa kota lain. Bagian selatan berbatasan dengan kabupaten Magelang, bagian utara kabupaten Kendal, di timur ada kabupaten Semarang dan bagian barat ada kabupaten Wonosobo. Dulu kota Temanggung hanya sering dijadikan tempat singgah saja, akan tetapi sekarang kota yang juga dikenal dengan kota tembakau ini dijadikan sebagai tujuan berwisata. Ada banyak lokasi wisata yang menyajikan panorama mempesona. Tapi selain lokasi wisata, wisata kuliner Temanggung juga tidak boleh terlewatkan.

Wisata Kuliner di Kota Temanggung

  1. Sego urap

Sego urap ini merupakan kuliner yang tidak boleh terlewatkan. Dinama nasi berpadu dengan sayur mayur lalu disempurnakan dengan bumbu kelapa yang gurih dan pedas. Menjadi satu kenikmatan yang tak terlupakan. Bahkan banyak penjual sego urap ini memberikan pilihan nasi jagung atau nasi merah. Perpaduan kuliner ini selain lezat juga menyehatkan, terlebih lagi nasi jagung dan nasi merah yang sangat berkhasiat untuk kesehatan. Sebagai pelengkap terdapat pula lauk-lauk lain seperti peyek, tempe atau tahu bacem, pergedel, tempong dll.

  1. Sego gono

Sego gono dari Temanggung ini berbeda dengan sego megono. Wisata kuliner Temanggung ini merupakan nasi yang telah bercampur bumbu, sayuran kol, buncis, daun lembayung, kacang merah, teri, serta parutan kelapa. Campuran dalam nasi ini cukup bervariasi bergantung pada pembuatnya. Rasa gurih, nikmat dan menyehatkan bercampur jadi satu dalam kuliner sego gono tersebut.

  1. Bajingan

Eits jangan salah sangka dulu ya, ini bukan kata-kata kasar atau sejenisnya tapi ini nama makanan khas Temanggung. Bajingan merupakan kuliner olahan singkong yang direbus bersama santan dengan gula aren, sehingga menghasilkan singkong manis dan sedikit gurih berwarna kecoklatan. Dari segi rasa sudah tidak diragukan lagi. Beberapa waktu lalu Bapak Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Temanggung juga mencicipi kuliner yang satu ini loh. Sayangnya kuliner ini cukup sulit ditemukan, beberapa warga lebih sering membuatnya sendiri.

  1. Buntil

Makanan lezat ini memang sudah tidak begitu asing bagi masyarakat Jawa, terlebih lagi warga Temanggung. Buntil merupakan kuliner yang terbuat dari parutan kelapa bercampur dengan ikan teri serta bumbu pedas dan kaya rempah. Nantinya bumbu kelapa yang telah bercampur ini dibungkus menggunakan daun lumbu atau daun pepaya dan dikepal-kepal. Dikukus baru dimasak menggunakan kuah santan. Sebuah kelezatan yang hakiki bukan?

  1. Ndas borok

Dari namanya memang sedikit ekstrim ya, membayangkan kepala borokan yang bikin illfiil. Nama ndas borok sendiri diambil karena bentuk makanannya yang seperti kepala borokan. Tapi ini hanya nama makanan ya, masalah rasa jangan ditanya. Kuliner lezat dan khas Temanggung ini juga jadi kuliner olahan singkong yang telah dihaluskan kemudian diatasnya ditaburi parutan kelapa dan bertabur gula jawa yang meleleh setelah dikukus. Sedikit saran saja, bila ingin memakan cemilan yang satu ini jangan membayangkan kepala borokan ya hehe.

  1. Entho cothot

Warga Temanggung memang jago memberikan nama setiap makanan untuk membuat wisatawan penasaran bukan? nama entho cothot memang sedikit aneh, tapi rasanya super lezat. Cemilan ini juga terbuat dari olahan singkong, yang didalamnya terdapat gula pasir yang meleleh setelah digoreng.

Itulah sederet wisata kuliner Temanggung yang sayang bila tidak kalian coba saat singgah di Temanggung. Sesuai dengan jargonnya ‘Temanggung bersenyum’ kota ini memang jago untuk membuat para pengunjungnya tersenyum penasaran akan nama kuliner yang ada. Bagaimana menurut kalian?

Leave a Reply