Identitas Monster Loch Ness yang Masih Menjadi Misteri

Monster Loch Ness pernah menggemparkan dunia yang bahkan sampai 1000 tahun lamanya masih belum terpecahkan. Loch Ness sendiri merupakan nama danau air tawar yang terletak di Skotlandia. Teori tentang identitas monster ini pun mulai bermunculan dan yang paling populer adalah Loch Ness merupakan salah satu spesies dinosaurus. Namun menurut catatan sejarah dinosaurus hidup di zaman yang berbeda dan sudah musnah dan punah tapi masih ada beberapa orang yang percaya bahwa sebenarnya masih ada beberapa spesies dinosaurus yang masih hidup hingga saat ini.

Monster Loch Ness pertama kali diperkenalkan di dunia pada tahun 1933 melalui media lokal di Skotlandia dengan judul “Strange Spectacle on Loch Ness. What was it?” yang menjelaskan tentang kesaksian orang-orang yang mengaku melihat makhluk besar dengan leher panjang di dalam danau namun masih belum ada bukti foto yang bisa mendukung berita tersebut.

Kemudian pada tahun 1934 publik kembali dihebohkan dengan adanya bukti berupa foto kemunculan Loch Ness yang dipotret oleh Robert Kenneth Wilson yang kemudian dikenal sebagai “surgeon photo”. Namun pada tahun 1992 para ilmuwan berhasil membuktikan bahwa foto tersebut palsu yang dibuat oleh Duke Wetherell dan putranya. Foto itu kemudian diserahkan kepada Dr. Wilson yang tidak tahu bahwa foto itu hanyalah sebuah karangan.

Namun walaupun foto tersebut palsu, ternyata masih banyak kesaksian lain yang pernah melihat Loch Ness, bahkan mosnter ini telah dikenal selama ribuan tahun lamanya. Kisah ini berawal pada tahun 565 Masehi di mana seorang penyebar agama Kristen di Skotlandia bernama St Columba mengaku melihat seekor monster di danau. Ia sedang menepi di danau Loch Ness kemudian tak sengaja melihat ada seekor monster yang akan menyerang seseorang, ia kemudian mengeluarkan salibnya dan menyuruh monster itu pergi. Monster tersebut pun pergi dan tidak menyerang orang tersebut.

Setelah penampakan tersebut, berita tentang Loch Ness tidak pernah muncul lagi hingga tahun 1725. Sekelompok tentara Inggris datang ke Skotlandia untuk membangun jalan di sekitar danau namun tiba-tiba terdengar suara aneh dari dalam danau dan kemudian melihat dua ekor hewan raksasa sedang menyeberangi danau.

Pada tahun 1919, monster ini kembali terlihat oleh Margaret Cameron dan tiga saudaranya. Loch Ness terlihat sedang bergerak di antara pepohonan dan menuju ke danau. Menurut mereka monster ini memiliki dua kaki kecil yang bulat.

Di tahun 1923 bulan April, Alfred Cruikshank juga melaporkan pernah melihat monster ini, ia sedang menyetir ketika melihat monster ini tengah berdiri di daratan. Alfred mengaku monster ini memiliki tinggi 6 kaki atau sekitar 1,8 meter yang memiliki punuk di punggungnya dan 4 kaki besar seperti gajah. Monster ini mengeluarkan suara lenguhan yang keras.

Para pekerja yang sedang membangun jalan di dekat danau pada tahun 1933 juga mengaku melihat monster ini. Batu-batu yang dihancurkan oleh para pekerja jatuh ke dalam danau dan tampaknya mengganggu Loch Ness. Monster tersebut muncul ke permukaan sesaat kemudian dan menatap para pekerja tersebut. Bahkan tercatat ada sebanyak 50 laporan mengenai penampakan Loch Ness di tahun tersebut.

Sejak kemunculan Loch Ness dari tahun 565 Masehi sampai sekarang, belum bisa diyakini apakah monster ini benar-benar ada. Bukti penampakan Loch Ness yang diabadikan melalui foto-foto pun masih menjadi perbincangan publik dan para ilmuwan mengenai keasliannya. Namun tak jarang juga banyak yang percaya bahwa memang benar ada monster di dalam danau tersebut.

Leave a Reply