Hunting Foto Ciamik di Candi Plaosan

Di Indonesia memang bukan lagi menjadi rahasia bila terdapat banyak sekali situs-situs prasejarah yang kini dijadikan sebagai tempat wisata. Contohnya saja adalah candi, candi merupakan bukti peninggalan kehidupan terdahulu yang keberadaannya dijaga hingga sekarang. Keindahan dan keunikannya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Salah satu candi yang juga mempunyai pemandangan menakjubkan adalah Candi Plaosan, candi ini mempunyai view yang begitu bagus dan mengagumkan terlebih lagi saat sunrise atau sunset.

Sejarah Singkat Candi Plaosan

Candi Plaosan ini merupakan salah satu candi Buddha yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Letaknya tidak begitu jauh dengan dua candi yang lain yaitu Candi Prambanan dan Candi Sewu, kurang lebih berjarak satu kilometer ke arah timur-laut. Kompleks percandian ini dibangun pada zaman Kerajaan Mataram Kuno oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahuluan sekitar abad ke-9 yang mana terdiri atas Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.

Pada masing-masing candi induk terdapat 6 arca Dhyani Boddhisatwa, walaupun candi ini adalah candi Buddha namun gaya arsitekturnya merupakan perpaduan antara Buddha dan Hindu. Hal ini dikarenakan saat itu Raja Rakai Pikatan yang beragama Hindu membangun candi ini untuk istrinya yaitu Pramodhawardhani yang beragam Buddha sehingga arsitektur candi ini menjadi gabungan keduanya. Dapat dikatakan pula bahwa candi ini merupakan simbol cinta antara dua insan yang berbeda agama. Filosofi yang sangat romantis bukan?

Kompleks percandian beraliran Buddha ini dikelilingi oleh 116 stupa perwara, 50 buah candi perwara dan juga parit buatan. Jadi merupakan hal yang tidak mengherankan bila pemandangan di sekitar candi begitu menakjubkan dan memanjakan mata. Bahkan banyak diantara pengunjung yang sengaja datang disaat sore hari untuk berburu sunset di kompleks candi ini, mereka meluangkan waktu mereka dan sengaja datang hanya untuk menikmati sunset dengan latar candi ini. Banyak juga fotografer yang memang mengincar candi ini sebagai objek fotonya karena memang tidak dapat dipungkiri bila pemandangan candi ini ditambah dengan kemegahan matahari menjadi hal yang membuat kita akan berdecak kagum akan keindahan ciptaan Tuhan.

Nah bagi anda yang senang berfoto selfie ataupun memperindah feeds akun sosial media anda, anda bisa datang ke kompleks percandian disebelah timur laut Candi Prambanan ini. Karena dapat dipastikan anda akan merasa puas dengan hasil foto berlatarkan pemadangan sunset ataupun sunrise di candi ini. tetapi bila anda mengejar pemandangan matahari terbit mungkin akan sedikit mengalami kesulitan, hal ini disebabkan karena jam operasional candi ini dimulai sekitar pukul 8. Jadi bila anda tetap ingin mengejar sunrise mungkin anda hanya dapat melihatnya disekitar luar kompleks percandian ini saja.

Tidak cukup sampai disitu, kompleks percandian ini bisa juga menjadi tempat pilihan anda untuk melakukan sesi pemotretan baik itu untuk prewedding ataupun momen yang lainnya. Tidak perlu jauh-jauh keluar negeri, karena di dalam negeri pun terdapat tempat yang menyuguhkan pemandangan yang begitu menakjubkan. Ditambah lagi dengan harga tiket masuk ke kompleks candi ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp.5000,- saja. Daripada anda membuang-buang uang anda untuk melakukan perjalanan hingga jauh keluar negeri, lebih baik anda pertimbangkan keindahan candi ini yang dijamin tidak akan kalah dengan yang diluar negeri. Demikian informasi mengenai Candi Plaosan ini semoga dapat bermanfaat bagi anda dan selamat berburu foto!

Leave a Reply