House of Sampoerna, Wisata Sejarah Mengasyikkan di Surabaya

Surabaya memang menjadi salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Indonesia untuk dikunjungi terutama ketika anda hendak menghabiskan waktu liburan anda bersama dengan keluarga. Kota yang juga disebut sebagai kota perjuangan ini banyak menyediakan beragam tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Salah satu ide wisata yang terkenal adalah wisata sejarah Surabaya dengan mengunjungi House of Sampoerna. Pernahkah anda mendengar tempat wisata yang satu ini?

Museum Rokok Bersejarah

Jika anda perhatikan dengan seksama, nama House of Sampoerna mengandung brand salah satu produk tertentu. Ya, rokok! Memang, tempat ini adalah sebuah museum yang digunakan untuk rumah produksi pembuatan rokok bergengsi dan terkenal di Indonesia, yakni Dji Sam Soe.

Di tempat ini, bagi anda yang penasaran dengan cara pembuatan rokok, anda bisa melihat secara langsung produksi rokok yang dibuat masih dengan menggunakan alat tradisional secara manual. Jumlah produksi House of Sampoerna terbilang cukup besar. Dengan mempekerjakan ribuan wanita sebagai tenaga pembuat rokok, tempat ini mampu menghasilkan sekitar 325 batang rokok setiap jamnya!

Sejarah Museum

House of Sampoerna adalah sebuah museum besar yang ada di pusat kota Surabaya. Tepatnya, salah satu destinasi wisata Surabaya ini terletak di Jalan Taman Sampoerna nomer 6, Krembangan, Pabean Cantikan, Surabaya. Museum ini telah ada sejak tahun 1862. Pada jaman tersebut, museum ini digunakan oleh pemerintah kolonial Belanda sebagai panti asuhan.

Lalu, pada tahun 1932, seorang anak yatim bernama Liem Seeng Tee, membeli bangunan ini dan menjadikannya sebagai pabrik untuk memproduksi rokok. Jika dilihat dari sejarahnya, bangunan ini termasuk salah satu bangunan tertua di Surabaya. Selain itu, bangunan ini juga nampak megah dengan konstruksi yang kuat dan desain gaya Belanda yang sangat berkesan.

Pada tahun 2003, ketika perayaan ulang tahun ke 90, bangunan tersebut sebagian beralih fungsi. Beberapa titik bangunan tetap menjadi tempat untuk pembuatan rokok Dji Sam Soe, sementara beberapa titik bangunan lain menjadi museum. Jadilah tempat ini sebagai museum rokok yang sangat terkenal di Surabaya yang bisa memberikan edukasi terkait pembuatan rokok kepada masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Mengunjungi House of Sampoerna

Bagi anda yang sedang mencari ide wisata sejarah Surabaya, House of Sampoerna adalah salah satu pilihan terbaik untuk anda pilih. Selain menampilkan bangunan yang megah dengan gaya kolonial yang kental, museum ini juga menyajikan cerita unik tersendiri bagi anda yang ingin berwisata.

Ada beberapa pembagian ruang di dalam kompleks museum ini yang bisa anda kunjungi. Lantai pertama dari museum menceritakan sejarah pendiri Sampoerna, yakni Liem Seeng Tee. Pada ruangan ini, anda bisa melihat bagaimana pendiri Sampoerna ini untuk pertama kalinya menjajakan rokok. Ada juga sepeda angin dan meja kerja yang menemani pekerjaannya sehari-hari. Selain itu, ada auditorium, ruang galeri dan kafe di lantai pertama yang bisa anda kunjungi.

Sedangkan di lantai dua, House of Sampoerna menyediakan pusat penjualan merchandise dari Sampoerna. Ada banyak jenis merchandise yang bisa anda beli untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Namun, sesuai peraturan, anda tidak diperkenankan untuk mengambil foto pada ruangan ini.

Bagi anda yang ingin mencari ide destinasi wisata Surabaya yang unik, House of Sampoerna adalah salah satu ide yang tepat untuk anda kunjungi. Untuk berkunjung ke tempat ini, anda bisa dengan mudah mendapatkan akses transportasi. Tidak hanya itu, pengelola juga membebaskan biaya masuk ke museum ini. Mari berkunjung ke House of Sampoerna dan rasakan sensasi wisata sejarah Surabaya!

Leave a Reply