Merinding, Inilah Seramnya Hantu Asli Jawa

Cerita mengenai hantu tak akan ada habisnya. Di setiap daerah pasti sering ditemui dengan berbagai cerita hantu yang membuat para pendengarnya merinding. Tak terkecuali pula di daerah Jawa. Di Pulau ini banyak sekali ditemui berbagai macam hantu yang juga berbau Jawa. Beberapa orang menyakini bahwa hantu merupakan jelmaan jin yang menyerupai berbagai wujud, ada pula yang meyakini bahwa hantu merupakan perwujudan dari arwah. Kemudian, bagaimana wujud dengan hantu asli Jawa yang sesungguhnya ?

Ternyata inilah macam hantu asli jawa

Banyak sekali sebenarnya hantu yang ada di Jawa yang populer hingga hampir seluruh wilayah di Indonesia. Hantu pertama yaitu genderuwo. Hantu ini diyakini oleh masyarakat kalau suka menempati di pohon-pohon yang besar dan di gedung-gedung tua yang telah lama ditinggal penghuninya. Genderuwo ini seringkali bergelantungan di sekitar dahan pohon maupun duduk di bawah pohon yang didiaminya. Banyak yang menyebutkan bahwa muncul keberadaannya diyakini dengan tanda adanya bau yang khas menusuk hidung. Dalam wujud aslinya, genderuwo berwujud memiliki badan yang tinggi besar, berbulu coklat serta memiliki jari yang besar pula. Hantu yang berasal dari Jawa merupakan hantu yang iseng, yakni dengan suka melempar sesuatu dan menampakkan dirinya.

Kedua yaitu wewe gombel, yakni hantu yang memiliki perwujudan sesosok wanita yang sudah sangat tua yang menggunakan pakaian yang compang-camping serta payudara yang menggelantung hingga menyentuh tanah. Wewe gombel ini memiliki kesukaan untuk mengganggu anak-anak terutama balita yakni dengan cara mengajak anak tersebut ke sebuah tempat yang sepi dan kemudian anak tersebut dia tinggalkan di tempat tersebut. Namun jika ia menyukai anak tersebut, ia akan mengajaknya jalan-jalan berkeliling sampai berhari-hari dan jika sudah bosan ia akan meninggalkannya ke tempat tersebut, baik di hutan, tengah sawah maupun di atas pohon.

Hantu asli Jawa yang ketiga yaitu gerandhong. Tentu saja kalian juga sering mendengar nama yang satu ini di televisi pada sebuah film Jawa. Gerandhong ini merupakan hantu yang sangat ganas hingga bisa membinasakan orang sekitar. Memiliki sosok wujud yang mengerikan dengan wajah yang merah, mata merah yang melotot, memiliki taring yang panjang serta rambut panjang yang kasar. Wujudnya bertambah mengerikan karena memiliki kulit abu-abu yang bersisik. Masalah tempat tinggal, ia jenis hantu yang nomaden, namun jika ia mendiami tepat tertentu ia bisa membuat geger orang se desa. Sehingga tempat tersebut akan terasa mencekam setiap malamnya karena tak ada seorang pun yang memiliki nyali untuk keluar rumah.

Keempat yaitu sundel bolong, yang memiliki arti dalam bahasa Jawa yakni PSK. Hantu seram dari Jawa ini berjenis kelamin perempuan. Hantu ini biasanya berwujud sebagai seorang perempuan yang memiliki punggung yang berlubang. Apabila terdapat seseorang yang berhadapan dengannya akan tercium bau yang wangi, namun jika berbalik badan maka akan menebarkan bau yang busuk dan amis. Banyak yang mempercayai bahwa hantu sundel bolong ini suka membujuk lelaki hidung belang untuk diajak berhubungan intim. Banyak juga yang menyebutkan bahwa dia merupakan bekas pelacur yang meninggal secara mengenaskan diakibatkan oleh perilaku sia-sia oleh lelaki hidung belang.

Bagaimana, mengerikan bukan hantu asli Jawa seperti di atas ? sebenarnya masih banyak sekali nama hantu-hantu tersebut, seperti hantu jerangkong atau thethekan hingga hantu bayi bajang. Itulah sedikit ulasan mengenai hantu yang ada di pulau Jawa, semoga dapat memberikan wawasan kalian.

Leave a Reply