Keindahan Gunung Purba Nglanggeran Yogyakarta

Gunung Purba nglanggeran merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta, Gunung yang terbentuk dari bebatuan dan batuan kapur ini merupakan Gunung api purba yang berada di Yogyakarta. Dengan keindahan alamnya maka tidak mengherankan apabila Gunung api purba ini menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan. Tidak hanya wisatawan dari dalam kota Yogyakarta saja yang berkunjung ke lokasi ini melainkan banyak juga wisatawan dari luar Jogja yang ingin menikmati pemandangan indah pegunungan purba ini.

Memang tidak dapat dipungkiri lagi jika Gunung Purba Nglanggeran ini memiliki pemandangan yang indah serta keunikan tersendiri. Bagaimana tidak unik kita akan merasakan pendakian Gunung yang berbeda ketika mendaki ke Gunung Api Purba ini. Gunung yang biasanya terbentuk dari tanah dengan berbagai macam padang rumput tidak akan kita temukan di Gunung Api Purba ini, ketika kita mendaki Gunung Purba ini kita akan mendaki Gunung dengan melewati medan yang penuh dengan bebatuan. Adapun informasi lengkap mengenai Gunung Purba ini dapat dilihat dalam ulasan berikut ini.

Sejarah Gunung Purba Ngalnggeran

Gunung Purba Nglanggeran berasal dari bahasa Jawa yang berarti “nglanggar” nglanggar dalam bahasa Indonesia berarti melanggar. Konon ceritanya dahulu tempat ini digunakan sebagai tempat menghukum warga daerah Wonosari yang sudah ceroboh merusak wayang. Wayang pada zaman dahulu digunakan oleh warga sebagai symbol syukuran atas panen yang mereka peroleh. Nah syukuran tersebut mereka wujudkan dalam bentuk pagelaran wayang dengan mengundang seorang dalang. Namun di tengah-tengah acara syukuran tersebut ada beberapa warga yang usil untuk merusak wayang. Melihat hal tersebut akhirnya dalang marah dan mengutuk warga yang usil tadi menjadi wayang yang akhirnya wayang tersebut dibuang ke Nglanggeran, yang merupakan tempat Gunung Api Purba ini.

Akses Lokasi menuju Gunung Purba Nglanggeran

Untuk menuju Gunung Api Purba yang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta ini sangatlah mudah dijangkau. Meskipun medan menuju lokasi sudah bagus namun sayangnya belum ada angkutan umum yang melintas di area ini. Dengan demikian maka sobat dapat menggunakan kendaraan pribadi. Adapun akses lokasi menuju Gunung Purba Nglanggeran ini juga cukup mudah dijangkau. Terdapat dua jalur yang dapat sobat gunakan untuk menuju ke lokasi ini. jika sobat berangkat dari Wonosari maka sobat langsung saja menuju Bunderan Sambipitu kemudian sesampainya di Bunderan Sambipitu sobat menuju Desa Bobung setelah Desa Bobung maka Sampailah di Desa Nglenggeran. Namun sebaliknya jika sobat berangkat dari Yogyakarta maka sobat langsung saja menuju Bukit Bintang Patuk kemudian Radio GCD FM sesampainya di GCD FM langsung saja menuju Desa Ngoro-oro setelah Desa Ngoro-oro silahkan sobat menuju Desa Nglanggeran.

Harga Tiket Masuk Gunung Purba Nglanggeran

Terdapat dua jenis tiket masuk ke lokasi Gunung Purba ini. Yaitu tiket untuk sore hari dan malam hari. Adapun harga tiket masuk pada siang hari adalah Rp 7.000.- dan untuk malam hari adalah Rp 9.000.-. harganya tidak jauh berbeda dan cukup terjangkau juga.

Fasilitas Wisata Gunung Purba Nglanggeran

Tidak hanya menyediakan tempat wisata saja, namun pengelola wisata Gunung Purba ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas bagi pengunjungnya. Fasilitas tersebut berupa posko kesehatan, pusat kuliner, pusat informasi, fasilitas MCK, tempat pertemuan, home stay, jalur pendakian, tempat ibadah serta camping ground. Dengan berbagai macam fasilitas yang diberikan maka sobat semuanya akan mendapatkan kenyamanan ketika berkunjung ke Gunung Purba Nglanggeran.

Sekian informasi mengenai sejarah, akses lokasi, harga tiket masuk serta fasilitas yang diberikan ketika wisata ke Gunung Purba Nglanggeran. Semoga informasi ini dapat membantu sobat semuanya yang ingin berkunjung ke Gunung Purba Nglanggeran.

Leave a Reply