Gunung Ceremai: Gunung Angker Yang Dipenuhi Cerita Mitos dan Mistis

Gunung Ceremai merupakan salah satu gunung yang terletak di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Majalengka. Gunung ini masih menjadi salah satu ajaran gunung di Indonesia yang masih aktif dan memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Tidak hanya keindahan alam yang membentang luas, namun juga banyak sekali kisah mistis dan juga berbagai macam mitos yang bisa membuat bulu kuduk Anda berdiri. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa pendaki yang mencoba untuk menikmati dan memenuhi rasa penasaran mereka terhadap gunung ini.

  1. Menginjak bumi tiga kali untuk menghindari hantu

Keindahan salah satu gunung di daerah Jawa Barat Ceremai ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Tak ayal mereka mampu melewati berbagai macam rintangan untuk mendapatkan kepuasan akan keinginan mereka bahkan apabila melawan bahaya yang tidak kasat mata. Pasalnya beberapa pendaki ini hilang di Gunung ini karena tidak melakukan ritual sebelum mendaki gunung ini. Mitos yang beredar bahwa untuk memasuki gunung ini hendaknya menginjakkan kaki sebanyak 3 kali dan mengucapkan salam. Hal ini agar terhindar dari keusilan para hantu yang berada disini.

  1. Mitos Penampakan Nyi Linggi dengan 2 macan tutul

Tidak hanya itu saja, banyak rumor yang beredar sampai saat ini bahwa banyak para pendaki yang sempat melihat penampakan dari sosok Nyi Linggi yang ditemani dengan 2 macan tutul kesayangan berada di daerah Batu Lingga. Konon ceritanya bahwa setelah Sunan Gunung Jati selesai semedi dan turun dari gunung, Nyi Linggi datang ke batu lingga untuk meneruskan pertapaan Sunan Gunung Jati untuk mendapatkan ilmu kedigdayaan.

  1. Tempat bersemedinya Sunan Gunung Jati

Seperti yang dibahas pada penjelasan diatas bahwa dulu Sunan Gunung Jati sempat datang ke Batu Lingga di daerah Gunung Ceremai. Konon diceritakan bahwa Sunan Gunung Jati datang untuk menghormati almarhum kakeknya yaitu Satria Kawirangan yang pernah menjadi penunjuk arah para rombongan walisongo yang mana beliau mengabdikan seluruh hidupnya untuk bertapa sambil bermunajat kepada Allah SWT.

  1. Suara gamelan yang santer terdengar para pendaki

Selain itu, yang selalu membuat bulu kuduk merinding bagi yang mendengarnya yaitu banyak para pendaki yang sering mendengar suara gamelan ketika sedang berada di pos maupun sedang mendaki. Banyak pendaki berpendapat bahwa suara gamela tersebut merupakan salah satu cara makhluk halus di gunung ceremai agar mereka keluar dari jalur pendakian. Hal ini santer terdengar ditelinga para pendaki sehingga banyak pula yang mengurungkan niat untuk datang kesini.

  1. Kerajaan Nini Pelet

Gunung tertinggi Ceremai di Jawa Barat ini juga memiliki kisah mistis yang banyak dipercaya sebagai kerajaan Nini Pelet. Menurut buku yang berjudul “Rahasia Pelet, Nini Pelet” ini menceritakan bahwa Nini Pelet adalah seorang wanita yang sangat sakti yang memiliki kesaktian untuk menaklukan cinta kepada pasangannya. Ajian-ajian yang ampuh mengikat hati lawan jenis ini memang tidak hanya bualan semata karena hal ini sudah dilakukan dan dipelajari oleh banyak orang sampai saat ini.

Itulah beberapa cerita mistis dari Gunung Ceremai yang menjadi salah satu cerita paling menarik dan banyak dijadikan salah satu cerita yang membuat bulu kuduk merinding tiada henti. Gunung yang berada di Provinsi Jawa Barat ini memang memiliki banyak sekali mitos yang bisa dipercaya maupun tidak. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda.

Leave a Reply