Dua Polisi Lari Ketakutan Melihat ‘Arwah’ Korban Kecelakaan

Sudah menjadi prosedur standar pihak kepolisian untuk memeriksa setiap korban kecelakaan di jalan raya. Pemeriksaan tidak hanya dilakukan di tempat kejadian perkara saja, namun juga hingga ke rumah sakit. Pemeriksaan guna untuk mengetahui kronologi kejadian dan untuk mengetahui penyebabnya, hal ini juga guna untuk membuat laporan yang nantinya akan sebagai panduan pihak asuransi. Namun apa jadinya juga kejadian yang tak lazim terjadi, kejadian ini dialami oleh kedua polisi yang sedang menjalankan tugasnya, ketika itu kedua polisi ini sedang memeriksa koban kecelakaan lalu lintas kedua polisi ini tiba-tiba berlari terbirit-birit lantaran melihat arwah penasaran. Peristiwa ini benar adanya yang dibuktikan dengan sebuah video yang di unggah oleh akun @satlantas_polres_paser pada Senin, 12 Februari 2018. Dalam cuplikan video singkat ini menunjukan dua orang polisi yang ketakutan lalu berlari karena melihat arwah korban kecelakaan di kamar mayat. Kedua arwah itu diduga merupakan arwah dari korban kecelakaan yang terekam dalam video kedua arwah itu sedang beradu argument hingga membuat kegaduhan di dalam kamar mayat.

Di dalam video tersebut terlihat kedua arwah itu berdebat mempermasalahkan mengenai siapa yang salah dalam kecelakaan tersebut. Namun, ternyata video yang diunggah itu merupakan video yang di buat menjadi iklan layanan masyarakat yang dibuat oleh Satlantas Polres Paser, Tanah Grogot, Kalimantan Timur. Tujuan iklan tersebut dibuat adalah untuk mengingatkan masyarakat untuk selalu taat pada peraturan agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Mengenai hal ini polri memiliki tujuan yang sangat positif mesti awalnya video tersebut viral karena di anggap serius, namun terdapat hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik dari video ini, dimana pesan moral di video ini menyampaikan bahwa kita harus berhati-hati dalam berkendara dijalan dan jangan lupa untuk selalu mengutakan keamanan dan keselamatan seperti motor gunakan helm yang benar dan menutur standar, kemudian mobil bisa menggunakan sabuk pengaman.

Dalam video ini menjelaskan bahwa jika sudah terjadi kecelakaan yang akan dirugikan tidak hanya kita melainkan juga oranglain selain itu juga dengan berkendara dengan tidak hati dan ugal-ugalan bisa mengakibatkan hal yang fatal sampai kematian. Banyak sekali masyarakat yang mempunyai kendaraan dan sering menggunakannya dijalan raya namun kurang sekali pengetahuannya mengenai berbagai jenis tata tertib Lalu Lintas yang perlu diketahui. Peraturan berkendara dan tata tertib lalu lintas diterapkan diseluruh Negara di dunia. Di Indonesia sendiri pun memiliki aturan yang berbeda dengan Negara lain, selain pengendara yang harus menggunakan pengaman seperti helm bagi mengendara roda dua dan sabuk pengaman untuk pengendara roda empat. Tingginya angka kecelakaan di Indonesia disebabkan karena pengemudi tidak berhati-hati saat memakai pengaman dan melanggar lampu lalu lintas tidak jarang juga pengemudi yang tidak membawa surat-surat yang seharusnya selalu dibawa saat berkendara.

Video yang viral ini pun mendapat banyak komentar dan menjadi renungan bagi para pengendara sepeda motor maupun mobil untuk lebih berhati-hati dan juga lebih mengutamakan keselamatan dari pada kecepatan. Video yang viral mengenai arwah yang gentayangan yang merupakan korban kecelakaan ini merupakan pengikat atau icon yang membuat video ini viral. Dan dengan begitu masyarakat akan tertarik untuk melihat iklan layanan masyarakat ini karena dari judul yang diberikan membuat seseorang yang melihat tertarik untuk menonton video ini. Alhasil menjadi daya tarik tersendiri untuk menyadarkan setiap masyarakat agar lebih hati-hati dalam mengendarai kendaraannya dan lebih sadar akan pentingnya keselamatan diri sendiri dan juga orang lain. Mengenai arwah yang diceitakan dalam video ini merupakan gambaran akan kejadian selanjutnya jika kita tidak memerhatikan keselamatan dan rambu lalu lintas yang berakibat pada kematian dan penyesalan.

Leave a Reply