Daftar Sekolah Tertua Di Indonesia Yang Wajib Anda Ketahui

Simpang siur tentang universitas atau sekolah tertua di Indonesia tentunya bukanlah hal yang kontroversial. Indonesia merupakan salah negara yang sudah merdeka dalam kurun waktu yang cukup lama. Bahkan, sebelum merdeka pun sudah banyak universitas atau sekolah-sekolah yang didirikan. Beberapa dari sekolah tersebut juga masih digunakan hingga saat ini dan termasuk sebagai universitas atau sekolah terbaik yang ada di Indonesia. Apakah universitas sekolah tempat anda belajar termasuk salah satu diantaranya? Berikut adalah daftar sekolah-sekolah tersebut.

Nama-nama sekolah tertua di Indonesia

Sebagian orang mungkin belum mengetahui universitas mana sajakah yang paling tua di Indonesia. Hal ini karena laman ataupun website tentang perguruan tinggi memberikan hasil yang berbeda-beda sehingga membuat kita bingung informasi manakah yang benar. Seperti yang dinyatakan oleh seorang sejarawan bernama Anhar Gonggong, kita tidak boleh sembarangan mengklaim perguruan tinggi yang paling tua. Hal ini karena adanya perbedaan lini masa serta pendirinya. Karena didorong rasa ingin tahu, artikel ini akan mengulas beberapa kampus yang diklaim paling tua.

     Universitas Indonesia

Kampus yang satu ini adalah kampus tertua yang ada di Indonesia. Berawal pada tahun 1851, saat itu pemerintah Hindia Belanda mendirikan sebuah sekolah yang ditujukan untuk menghasilkan asisten-asisten dokter, yang pada saat itu bergelas dokter djawa. Kemudian pada sekitar tahun 1898, sekolah tersebut dinamakan sebagai School Opleinding van Indiche Artsen atau STOVIA. Sekolah kedokteran yang satu ini sempat berganti-ganti nama beberapa kali. Pada akhirnya, sekitar tahun 1947, salah satu daftar sekolah tertua di Indonesia ini dinamakan sebagai Universitas Indonesia atau saat ini lebih dikenal dengan singkatan UI. Universitas ini diresmikan pada tahun 1955 berdasarkan UU No.10.

     Universitas Airlangga

Universitas yang satu ini ada di Surabaya. Pada awalnya, salah satu sekolah tertua di Indonesia ini adalah sekolah kedokteran yang dibentuk oleh pemerintah Belanda. Didirikan pada sekitar tahun 1913, School tit Opleinding van Indiche Tandartsen atau STOVIT ini adalah sekolah kedokteran gigi yang pertama di Indonesia. Pada sekitar tahun 1954, sekolah ini kemudian resmi menjadi Universitas Airlangga atau lebih familiar dengan sebuta Unair. Kampus yang satu ini juga terkenal dengan program studi medis yang paling lengkap.

     Institut Teknologi Bandung

Nama sekolah tertua di Indonesia selanjutnya adalah Institute Teknologi Bandung atau lebih familiar dengan sebutan ITB. Pada awalnya, kampus yang merupakan pemerintah Belanda ini dinamai Technishe Hooge School atau THS. Pada saat masa penjajahan Jepang, kampus ini berubah nama menjadi Bandung Kogyo Daigaku. Pada akhirnya, sekolah ini bernama ITB pada sekitar tahun 1959. Kampus ini merupakan salah satu kampus teknik yang terfavorit di Indonesia.

     Institut Pertanian Bogor

Perguruan tinggi yang satu ini juga didirikan oleh pemerintah Belanda pada sekitar tahun 1938. Kampus yang satu ini mempunyai tiga disiplin ilmu yang meliputi kehutanan, kedokteran hewan, dan pertanian. Landbouw Hogesschol atau sekolah pertanian ini juga pernah bernaung pada Universitas Indonesia atau Universiteit van Indonesia yang akhirnya terpisah dan berdiri sendiri pada sekitar tahun 1963. IPB adalah kampus pelopor fakultas kedokteran hewan.

     Universitas Islam Indonesia

Sekolah ini mempunyai nama awal Sekolah Tinggi Islam. Didirikan pada tahun 1945. Salah satu sekolah tertua di Indonesia ini mempunyai program studi berkaitan tentang agama islam. Pada tahun 1948, kampus ini berubah nama menjadi UII atau Universitas Islam Indonesia. Selain merupakan salah satu universitas tertua yang ada di Yogyakarta, UII juga termasuk salah satu universitas swasta yang paling tua di Indonesia.

Leave a Reply