Daftar Kuliner Khas Sunda yang Wajib Dicoba

Berbicara tentang ragam kuliner di Indonesia, tentunya tiap daerah mempunyai daya tarik dan ciri khas masing-masing, tak terkecuali dengan kawasan Jawa Barat. Kawasan ini lebih dikenal dengan tanah Sunda yang mempunyai beragam sajian khas dan unik serta membuat lidah bergelora saking enak dan lezatnya keanekaragaman santapan kuliner di daerah ini. Meskipun beberapa makanan sunda dapat ditemui dengan mudah di beragam tempat, jangan sampai melewatkan santapan otentiknya ketika anda berkunjung atau tidak sengaja mampir ke Tanah Priangan ini. Apa saja sih kuliner khas Sunda yang sayang untuk dilewatkan? Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Nama-nama kuliner khas Sunda yang enak dan lezat

  • Karedok

Siapa sih yang tak mengenal karedok? santapan khas tanah sunda ini terbuat dari beberapa macam sayuran mentah seperti tauge, kol, mentimun, kacang panjang, terong, dan juga daun kemangi. Sayuran tersebut kemudian ditambah dengan lontong. Campuran ini kemudian disiram dengan bumbu kacang. Tak hanya itu, ada juga karedok leuca yakni menggunakan ranti atau leuca sebagai bahan utamanya. Di kota-kota besar seperti Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, bahkan hingga ke luar pulau jawa, karedok dapat dengan mudah dijumpai. Yang membuat makanan ini diminati banyak orang yaitu harganya yang relatif murah namun rasanya sangat lezat dan menggoyang lidah.

  • Ayam Bakakak

Ayam bakakak bukan berarti ayam yang sedang tertawa namun merupakan salah satu daftar kuliner khas Sunda. Pasalnya, ayam bekakak merupakan salah satu sajian ayam bakar tradisional khas masyarakat sunda. Menurut bahasa setempat, masakan yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan bakakak hayam. Hidangan khas yang satu ini berupa ayam kampung yang sudah dibumbui serta dipanggang secara utuh. Namun bagian jeroannya disisihkan. Supaya terasa lebih sedap di lidah, santapan ini wajib dinikmati bersama lalapan dan juga sambal yang pedas. Rasanya yang mantap akan membuatmu mampu menghabiskan satu ekor ayam bakakak sendirian.

  • Nasi timbel

Bagi anda yang sedang bosan mengkonsumsi nasi putih biasa, cobalah untuk menikmati nasil timbel yang berasal dari tanah Sunda ini. Nasi timbel merupakan salah satu kuliner khas Sunda yang berupa nasi putih dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Ketika dibungkus, nasi dalam daun tersebut ditekan-tekan hingga padat yang selanjutnya akan dikukus hingga hangat. Dengan cara ini, aroma dari daun pisang yang sangat khas akan menyatu dengan nasi putih didalamnya. Tentunya akan menghasilkan cita rasa yang begitu nikmat dan spesial. Nasi tembel akan semakin mantap saat anda menyantapnya dengan beraneka lauk pauk seperti bebek, ayam, sayur asem, tahu tempe, dan lain sebagainya. Pada perkembangannya, masakan nasi timbel kemudian menginspirasi terciptanya nasi bakar yang dapat dijumpai di beberapa kota besar di Indonesia.

  • Gepuk

Jika anda adalah penggemar hidangan daging sapi, pernahkan anda mencoba gepuk atau empal yang merupakan sajian kuliner khas Sunda? Masakan yang satu ini mengkombinasikan cita rasa yang gurih dan manis. Keduanya dihasilkan dari santan dan sejumlah bumbu serta proses pengolahan yang tidak biasa. Tekstur gepuk terkenal cukup empuk karena dagingnya direbus serta digepuk atau dipukul-pukul. Proses pengolahan dengan cara dipukul-pukul tersebut yang menjadi keistimewaan santapan gepuk ini.

Nah, itulah beberapa nama makanan khas yang berasal dari tanah Sunda. Bagi anda yang hobi traveling dan sedang menjelajahi kota bandung, tentunya kuliner khas Sunda harus menjadi destinasi utama saat mengisi perut yang kosong. Lidah dan perut anda akan dimanjakan dengan beragam olahan khas yang unik dan lezat.

Leave a Reply