Cukup Merinding, Inilah Misteri Gunung ‘Santun’ Sindoro Jateng

Gunung sindoro adalah salah satu gunung di jawa tengah. Gunung ini letaknya di temanggung jawa tengah. Menurut cerita masyarakat, gunung sindoro dulunya adalah seorang putra yang sopan dan santun. Ia memiliki kembaran yang bernama sumbing yang tabiatnya berkebalikan dengan sindoro. Tetapi, gunung yang dikenal sebagai gunung yang baik ini memiliki beberapa misteri yang bisa membuat kalian dibuat merinding. Dan inilah beberapa misteri terkait gunung sindoro yang bisa menambah wawasan kalian tentang gunung kembar sindoro sumbing.

Misteri Gunung Sindoro

  1. Tempat tinggal peri

Peri tidaklah hanya ada dalam dongeng semata tetapi peri juga ada di dunia nyata meski kalian mungkin belum pernah melihatnya. Peri dalam dongeng juga diceritakan memiliki karakter yang baik. Begitupun peri yang tinggal di gunung kawasan temanggung ini. Sindoro juga dipercaya sebagai tempat tinggal peri peri berhati baik. Adanya peri yang menjaga sindoro membuat bunga khas gunung yaitu bunga edelweis memiliki wangi yang lebih tahan lama dibandingkan dari edelweis dari gunung lain.

  1. Tempat Tinggal Jin Baik

Sindoro, dilihat dari namanya saja gunung itu berarti adalah gunung yang santun. Tentu saja, gunung yang terkenal baik dihuni oleh penghuni yang baik. Konon kabarnya, menurut orang yang tahu seluk beluk sindoro, gunung ini dihuni oleh jin yang baik. Makhluk halus tak kasat mata itu senantiasa mengingat kepada Tuhannya. Jin-jin itu rajin berdoa sehingga gunung sindoro tak pernah terlihat aktif dan tak pernah membuat sekitarnya menjadi resah karena keberadaannya.

  1. Letusannya Sungguh Dasyat

Jika tadi di atas disebutkan bahwa gunung sindoro adalah gunung yang santun dan gunung tersebut dihuni oleh jin yang baik. Namun, nyatanya sindoro juga pernah meletus dan letusannya terbilang dasyat. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa letusannya dapat mengubur kerajaan mataram kuno yang kini dinamakan candi liyangan. Candi tersebut ditemukan dibawah tanah dan diduga hasil dari letusan gunung sindoro. Ahli sejarah mengatakan bahwa meletusnya sindoro adalah akibat dari ulah manusia yang teramat sering berbuat maksiat di gunung. Akibat dari perbuatan itu penunggu sindoro geram dan berdoa pada Tuhan agar mereka diberi pelajaran. Dan doa terkabul dengan meletusnya sindoro pada ratusan tahun silam. Sampai sekarang pun, sindoro akan menunjukkan tanda kepulan asap jikalau manusia menggunakan gunung sebagai tempat untuk maksiat.

  1. Misteri Kabut

Kabut biasanya akan mudah ditemukan di daerah yang memiliki hawa dingin. Begitu pula ketika kalian mendaki gunung sindoro, kalian akan disambut oleh kabut yang semakin lama akan semakin tebal hingga menuju puncak. Kabut sindoro sendiri memiliki dua tipe yaitu kabut putih dan kabut hitam. Kabut putih akan mudah ditemui sehari harinya dan sudah dianggap biasa oleh masyarakat. Sedangkan kabut hitam bukan hanya datang ketika mendung. Namun, kabut ini menyimpan misteri yang konon katanya bisa menyesatkan pendaki bahkan menghilangkannya. Menurut penuturan pendaki, saat pendaki memiliki adab yang kurang santun saat melakukan pendakian, entah berkata kotor atau berbuat yang dilarang agama, disaat itulah kabut hitam akan membalasnya dengan menyesatkannya. Cukup mengerikan

Dari sekian banyak mitos dan misteri tentang gunung sindoro, kita sebagai manusia hanya bisa menjadikan hal hal tersebut sebagai suatu pembelajaran agar kita lebih peduli dan menjaga alam. Tidaklah perlu untuk menjadikan hal tersebut sebagai hal yang ditakuti karena ada yang lebih wajib ditakuti, yaitu Tuhan. Semoga cerita seputar misteri sindoro bermanfaat untuk para pembaca!

 

Leave a Reply