Sunday, October 24, 2021
Home > Mistis > Cerita Mistik Zaman Dulu: Legenda Misterius Ourang Medan

Cerita Mistik Zaman Dulu: Legenda Misterius Ourang Medan

Salah satu cerita mistis yang cukup melegenda dan menjadi berita besar di Indonesia, bahkan dunia adalah SS Ourang Medan. Kisah ini terkait angkutan kapal laut yang dulu menjadi nadi dari transportasi dunia. Ourang Medan menjadi salah satu cerita mistik zaman dulu yang terus diceritakan turun temurun. Nah, apa itu SS Ourang Medan dan bagaimana kejadian yang sebenarnya hingga kapal yang ia juluki disebut kapal hantu?

SS Ourang Medan adalah kapal kargo

Sebenarnya, SS Ourang Medan adalah sebuah kapal kargo yang di miliki oleh Pemerintah Negeri Belanda yang berlayar dan akhirnya tenggelam di sekitar selat Malaka pada antero 1948. Meskipun kapal ini dinamakan SS Ourang Medan, namun detail pembuatan kapal hingga tujuan pembuatannya sama sekali tidak ditemukan. Jika sekilas dilihat dari nama kapal tersebut, tentu kita akan menyimpulkan bahwa kapal tersebut dibuat di Medan. Namun, tidak ada bukti sejarah pemerintah Indonesia dan Belanda bekerjasama untuk membuatnya.

Sandi morse yang terakhir

Alat komunikasi yang digunakan pada jaman itu untuk mengabarkan situasi yang ada di kapal adalah dengan menggunakan sandi morse. Namun, ada keanehan disini dan inilah yang menjadi cerita mistik dulu hingga sekarang. Pada hari dimana SS Ourang Medan tenggelam, beberapa saat sebelum kapal tersebut karam, ada sinyal SOS yang banyak sekali diterima oleh kapal lain yang berada di perairan yang sama. Bahkan, sinyal tersebut diterima oleh pos pantau miliki Inggris dan Belanda yang ada di Selat Malaka.

Isi sinyal SOS dari kapal SS Ourang Medan tersebut adalah “SOS dari Ourang Medan. Kami mengapung. Seluruh perwira termasuk kapten telah meninggal. Mungkin, seluruh kru juga meninggal”. Setelah itu, pesan terakhir dari sinyal tersebut dari pengirim yang mengaku berasal dari SS Ourang Medan adalah “Aku mati”.

Misi penyelamatan

Sesaat setelah mendapatkan sinyal SOS dari SS Ourang Medan, para tim penyelamat berbondong untuk menuju ke koordinat kapal tersebut untuk menyelamatkan kru yang mungkin masih bertahan dan hidup. Salah satu diantaranya adalah SS Silver Star yang menerima sinyal SOS sebelumnya dari jarak dekat.

Kapal SS Silver Star segera membentuk tim khusus dan berangkat. Namun, apa yang ditemukan di atas SS Ourang Medan sungguh sangat mengerikan dan menjadi bagian dari cerita mistik zaman dulu yang tidak kunjung hilang. Ya, tidak ada tanda kehidupan disana hanya mayat yang bergelimpangan dan anjing-anjing kapal yang sudah menjadi bangkai di atas dek.

Keanehan yang muncul

Selain menemukan mayat yang bergelimpangan tersebut, salah satu cerita mistik yang muncul yaitu ekspresi mayat yang nampak sangat menyeramkan dengan raut wajah yang ketakutan. Tidak hanya itu, saat berada di kapal tersebut, kru yang tergabung dalam SS Silver Star merasakan hawa yang sangat dingin sekali padahal suhu udara di luar mencapai 43 derajat celcius. Benar-benar suatu kebalikan yang nyata!

Setelah beberapa saat, kru memutuskan untuk menarik kapal ke buritan. Namun, tiba-tiba SS Ourang Medan terbakar dan meledak. Kejadian ini menjadikan SS Ourang Medan sebagai bagian cerita mistik zaman dulu yang selalu dikenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *