Cerita Misteri: Tempat Horror Di Jogja Yang Tidak Pernah Kamu Duga!

Yogyakarta, selain terkenal sebagai kota wisata dan juga kota pelajar, juga sangat terkenal dengan sejarahnya yang panjang. Provinsi yang berbentuk kerajaan ini mendapatkan hak istimewa dari pemerintah Indonesia yang membuatnya sedikit berbeda dari provinsi lain. Namun, bentuk kerajaan yang ada di Yogyakarta ternyata tidak membuat provinsi di bagian selatan Jawa ini bebas dari cerita misteri yang ada disekitarnya. Nah, ada beberapa tempat horror yang ada di Yogyakarta yang mungkin tidak pernah kamu duga sebelumnya. Mana saja tempat tersebut?

Bunderan teknik UGM

UGM merupakan salah satu kampus yang sangat terkenal di Yogyakarta bahkan di Indonesia. Kampus yang dulunya merupakan ‘kampus kesultanan’ ini memiliki area yang sangat luas. Selain terkenal karena mutu pendidikannya yang tinggi, UGM juga cukup terkenal dengan cerita horror yang ada di sekitarnya.

Salah satu tempat yang paling seram di kawasan UGM adalah bunderan teknik UGM. Desas desus yang berkembang di kalangan mahasiswa adalah tempat ini merupakan kawasan yang banyak melahirkan cerita misteri Jogja yang cukup membuat bulu kuduk merinding. Jika ada seseorang yang berjalan di sekitar bunderan UGM dan menyanyikan lagu gugur bunga, maka akan ada suara-suara aneh yang bermunculan yang katanya merupakan suara dari arwah para pahlawan yang telah gugur.

Kandang Menjangan

Pernahkah kamu mendengar tentang tempat bernama Kandang Menjangan di Jogja? Jika kamu pergi ke kawasan pondok Krapyak, maka kamu akan menemukan sebuah bangunan tua yang berada di tengah jalan dan kini sudah tidak difungsikan lagi. Kandang Menjangan merupakan sebuah bangunan kuno yang umurnya sekitar 250 tahun dan berada di selatan Plengkung Gading, Yogyakarta.

Kawasan ini, meskipun terletak di selatan pondok pesantren, namun tetap tidak kehilangan cerita misteri yang mengitarinya, termasuk cerita sejarah yang dulu pernah ada. Pernah suatu ketika ada seorang mahasiswa pulang dari kampus pada malam hari dan melewati Kandang Menjangan tersebut. Ketika melewati Kandang Menjangan, sorot lampu motor menyoroti jendela yang ada di Kandang Menjangan tersebut. Lampu motor tersebut menyorot benda putih-putih yang ketika dilihat seksama, nampak seorang wanita yang gantung diri dengan kaki terjuntai ke bawah. Alhasil, mahasiswa tersebut lari pontang-panting.

Bioskop XXI

Siapa yang tidak tahu tentang bioskop yang satu ini? Ya, XXI adalah salah satu bioskop terbesar yang dimiliki Yogyakarta dan menjadi pilihan pertama kawula muda yang ingin menonton film terbaru yang di rilis.

Bioskop yang terletak di pinggir Jalan Solo ini memiliki bangunan yang luas dan juga megah dengan segala hal modern yang ada. Namun, siapa sangka, bioskop kenamaan ini menyimpan cerita misteri menakutkan yang bakal membuat bulu kuduk kita merinding seketika.

Konon, dulu bangunan XXI masih bernama Empire 21 dan bersebelahan dengan bioskop Regent. Namun naas, sekitar tahun 1999, bioskop Regent terbakar habis dan memakan hingga 15 korban jiwa. Setelah itu, gedung bioskop yang terbakar dan kosong dibiarkan begitu saja selama 10 tahun lamanya dan akhirnya dibangun gedung XXI yang baru. Tidak jarang beberapa pengunjung melihat penampakan aneh ketika bioskop ini masih awal berdiri dan ketika mereka sendirian.

Beberapa cerita misteri tentu saja hanya merupakan sekelumit dari kisah horror yang ada di Yogyakarta. Meskipun kelihatannya menyeramkan, namun sebenarnya kita tidak perlu takut akan hal tersebut.

Leave a Reply