Cerita Misteri Gunung Merapi Nyata

Gunung Merapi adalah salah satu gunung teraktif di Indonesia yang terletak di Pulau Jawa. Secara administratif gunung ini berada di dua wilayah yaitu di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan di Provinsi Jawa Tengah. Di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Gunung Merapi terletak di Kabupaten Sleman, sedangkan di wilayah Jawa Tengah Gunung Merapi terletak di Kabupaten Magelang, Boyolali dan Klaten. Gunung yang memiliki ketinggian 2.930 mdpl ini memiliki banyak cerita misteri yang menarik untuk diketahui. Cerita-cerita ini diantaranya muncul berkaitan dengan beberapa tempat yang berada di kawasan Gunung Merapi.

Tempat-Tempat Mistis di Kawasan Gunung Merapi

  1. Hutan-Hutan di Kawasan Gunung Merapi

Sama halnya dengan hutan yang berada di dataran rendah, hutan di kawasan Gunung Merapi ini juga merupakan daerah yang banyak ditumbuhi pepohonan tinggi dan rindang. Akan tetapi, beberapa hutan yang ada di kawasan Merapi ini dipercaya masyarakat merupakan tempat keramat yang digunakan oleh bangsa makhluk halus untuk menggembala ternak mereka seperti hutan Patuk Alap-Alap. Selain itu, masyarakat juga percaya bahwa ada hutan yang didalamnya terdapat binatang keramat seperti macan putih milik Eyang Merapi yang ada di Hutan Blumbang.

  1. Gunung Wutoh

Gunung Wutoh yang berada di kawasan Merapi ini diyakini oleh masyarakat sebagai gerbang Keraton Merapi. Gerbang ini konon ditunggu oleh sesosok wanita cantik dari bangsa makhluk halus bernama Nyai Gadung Melati. Beredar cerita mistis bahwa sosok Nyai Gadung Melati kerap muncul di mimpi penduduk lereng Merapi sebagai tanda akan terjadinya letusan dari Gunung Merapi. Beberapa warga mengaku pernah bermimpi bertemu dengan Nyi Gadung Melati dan keesokannya harinya terjadi letusan.

  1. Pasar Bubrah

Pasar Bubrah merupakan tempat favorit para pendaki untuk ngecamp atau mendirikan tenda karena kawasan ini adalah kawasan terdekat dari puncak Merapi. Cerita mistis paling terkenal di kawasan Gunung Merapi adalah cerita mengenai keangkeran Pasar Bubrah. Masyarakat dan Pendaki yang pernah bermalam di Pasar Bubrah meyakini bahwa tempat tersebut merupakan tempatnya makhluk halus lereng Merapi melakukan transaksi jual beli layaknya aktivitas manusia di pasar. Tidak jarang, para pendaki mendengar aktivitas tawar menawar yang dilakukan oleh makhluk halus yang ada di sana.

Selain dipercaya sebagai pasarnya makhluk halus, kisah mistis lain yang beredar adalah harus berhati-hati dalam berperilaku maupun berkata jika sedang berada di sana. Di sana dilarang untuk berbuat buruk dan berkata tidak sopan karena jika melakukannya maka makhluk halus yang berada di sana akan marah dan tidak segan-segan untuk menculik manusia.

  1. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem yang berada di kawasan Merapi ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan bunker-bunker lainnya yaitu sebagai tempat berlindung dari bahaya awan panas dan lahar panas. Pada tahun 2006 silam, terdapat dua relawan yang meninggal di bunker ini. Sejak saat itu, tersebar cerita menyeramkan bahwa setiap sore terdengar suara tangisan dari dalam bunker.

  1. Puncak Garuda

Puncak Garuda merupakan puncak tertinggi Gunung Merapi. Telah diketahui bersama bahwa beberapa waktu yang lalu ada seorang pendaki yang terjatuh saat berfoto selfi di puncak tersebut. Dalam foto tersebut terlihat ada bagian yang sangat mirip dengan puncak garuda, sedangkan masyarakat meyakini bahwa Puncak Garuda telah luruh pada erupsi Merapi tahun 2010 silam. Sejak foto tersebut beredar, banyak cerita misteri yang tersebar di masyarakat.

Leave a Reply