Cerita Misteri Gunung Galunggung, Gunung Dengan Kekuatan Pelet Mengerikan

Setiap gunung di indonesia seperti menyimpan misterinya masing-masing. karna tak bisa kita pungkiri, setiap gunung pasti ada pengjaganya. Yang menguasai semua bagian gunung tersebut.  Jawa barat termasuk provinsi yang memiliki banyak gunung angker dan penuh misteri. Salah satunya adalag gunung galunggung. Gunung ini seperti menyimpan kisah misteri yang begitu mengerikan.

Gunung galunggung memiliki ketinggian sekitar 2.168 meter diatas permukaan laut. Dari kota tasikmalaya, jaraknya sekitar 17 km. Begitu banyak cerita yang tersebar di sekitar masyarakat galunggung. Misteri yang begitu mengerikan dan tersecar turun temurun. Lalu apa saja misteri yang tersimpan di gunung galunggung, berikut ini penjelasannya.

Letusan Dahsyat Yang Mengerikan Dan Menewaskan Banyak orang

Gunung galunggung pernah meletus sekitar tahun 1822. Letusan ini menjadi sejarah kelam bagi gunung ini. letusan 4 kali yang begitu dahsyat. Memutahkan awan panas, hujan pasir merah, lahar dingin dan abu halus. Ledakan ini menewaskan begitu banyak orang, mencapai 4000 lebih orang.

Di tahun 1894, salah satu gunung di jawa barat ini juga mengalami letusan dahsyat lagi.  mengeluarkan lahar yang begitu besar ke arah tenggara. Kurang lebih ada 50 desa yang  terkena dampak letusan ini dan menewaskan korban banyak. walaupun tak sebanyak letusan yang pertama.

Sekitar tahun 1918, terjadi gempa bumi dan petir yang menyambar-nyambar. Sebelum gunung galunggung erupsi. Kejadian ini begitu menggemparkan banyak orang. letusannya begitu dasyat sehingga membuat  tumpukan lawa dengan tinggi sekitar 85 meter. Kemudian tumpukan ini diberi nama gunung jadi.

Gunung galunggung pun mengalami letusan kembali, sekitar tahun 1982-1983. Hampir 9 bulan gunung ini mengalami aktivitas terue menerus. Kurang lebih ada 22 desa yang ditingalkan begitu saja oleh penduduknya dan menelan korban 18 jiwa.

Gunung Yang Sulit Diabadikan Dengan Kamera

Buat anda yang pernah mengunjungi gunung galunggung, pasti pernah menyadari hal ini. galunggung memang memiliki keindahan alam yang begitu memukau. Inilah yang membuat para pendaki mengunjungi gunung ini. walaupun begitu, ada yang aneh dari gunung. Selalu tidak bisa diabadikan dengan kamera. Hasilnya akan biasa saja,  tidak seperti gunung lain di indonesia.

Mitos ini memang sudah menyebar ke semua fotografer. Sampai saat ini belum ada yang benar-benar dapat memotret gunung galunggung dengan keindahan alam yang mempesona. Semuanya nampak biasa saja. seperti dia sedang bersembunyi atau menyembunyikan keindahan alamnya yang begitu memukau.

Gunung Yang Memiliki Pelet Misterius

Kisah misteri ini mungkin sudah  banyak diketahui oleh para pendaki. Konon katanya gunung galunggung memiliki sebuah pelet magis yang misterius. Setiap orang yang pernah mengunjungi gunung ini, pasti ingin kembali lagi. seperti ada perasaan aneh yang menyelimuti perasaanya. Membuatnya untuk selalu datang terus menerus.

Mungkin ini karena keindahan alam gunung galunggung yang begitu mempesona atau ada misteri lain yang belum terpecahkan. Sampai saat ini memang sudah banyak pendaki, yang mencoba menaklukan gunung galunggung. Entah itu dari pendaki lokal maupun mancanegara.

Misteri Mesin Pesawat Mati Di Tengah Gunung Galunggung

Sekitar tahun 1982, sebuah pesawat british airways yang melakukan perjalanan dari inggris ke australia. Melewati kawasan indonesia, ketika melintasi gunung galunggung. Tiba-tiba mesin pesawat mati mendadak. Hal ini terjadi, ketika pesawat melewati sebuah kabut yang hitam tebal.

Tapi setelah  berhasil melewati kabut tersebut, anehnya mesin pesawat bisa langsung dinyalakan lagi. bahkan untuk memastikan keamaannya, pesawat tersebut melakukan pendaratan darurat di sekitar bandar terdekat. Dan ketika dicek tidak ada masalah yang serius. Biasanya ketika pesawat melewati kabun, hanya akan terjadi guncangan. Tidak bisa menyebabkan mesin mati. Ini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

Tempat Bertapa Orang Sakti

Gunung dijadikan tempat bertapa, sudah menjadi  hal bias. Karena memang banyak sekali gunung yang dijadikan tempat bertapa orang sakti. Di gunung galunggung, juga terdapat sebuah batu yang sering digunakan untuk bertapa. Batu tersebut berada di sudut gunung.

Konon katanya batu tersebut dulu digunakan bertapa syejh dan wali ternama di jawa barat. Ketika mereka menyebarkan islam di sekitar jawa barat. Walaupun sudah berumur ribuan tahun, batu tersebut tetap terlihat bagus tidak terkikis sama sekali. Bahkan konon katanya, batu tersebut menyimpan kekuatan magis yang begitu besar.

Tempat Tinggal Para Jin

Puncak gunung galunggung dipercaya sebagai tempat tinggal para bangsa jin. Buat orang yang bisa melihat hal mistis,  katanya puncak gunung galunggung mmeang sangat ramai. Ada banyak sekali aktivitas makhluk tak kasat mata. Seperti ada kerajaan yang ditinggali mereka. Kalau kita tak menggangunya, mereka pun tak akan mengganggu. Oleh karena itu selalu jaga sikap dan ucapan ketika mengunjungi gunung galunggung.

Larangan Memancing Ikan di Danau

Di gunung galunggung terdapat sebuah danau, dengan air dingin dan banyak ikannya. Pendaki sering beristirahat di sekitar danau ini. tapi jika anda ingin memancing ikan di danau tersebut, lebih baik dibatalkan saja. karena masyarakat sekitar gunung galunggung percaya, kalau kita dilarang untuk memancing di danau tersebut.

Ikan tersebut miliki penunggung gunung galunggung dan manusia dilarang untuk menggambilnya. Pernah ada seseorang yang mengambil ikan di danau tersebut, kemudian memakannya. Setelah itu dia langsung sakit dan tak sembuh-sembuh  ketika dipanggilkan orang pintar, ternyata ada dua makhluk halus yang bersembunyi di tubuhnya.

Itulah beberapa kisah misteri yang tersimpan di gunung galunggung. Percaya atau tidak, itu tinggal anda sndiri. Mungkin anda pernah mengalami kisah serupa, silahkan berbagai di kolom komentar.

Leave a Reply