Cerita Misteri Di Pulau Kematian Nusakambangan, Bikin Kamu Susah Tidur!

Di era modern saat ini banyak sekali orang yang tidak mempercayai keberadaan makhluk tidak kasat mata. Namun tak jarang pula banyak yang mempercayai keberadaannya bahkan penasaran dengan cerita misteri yang beredar. Makhluk halus memang tidak terlihat, tetapi memang makhluk ini ada disekitar kita. Makhluk halus seperti ini tak jarang menampakkan diri atau memberikan pertanda yang jelas membuat bulu kuduk merinding. Nusakambangan yang menjadi tempat para napi, sering pula dikenal dengan pulau kematian. Semua disebabkan karena banyak eksekusi mati disana. Hal ini pula membuat banyak sekali kisah mistis Nusakambangan yang melekat bahkan tak dapat terpisahkan darinya. Banyak lokasi yang diklaim horor oleh warga sekitar, salah satunya sebuah pertelon atau pertigaan yang ada disana.

Mitos Pohon Kamboja

Sebelum beranjak dengan cerita horor nyata di Nusakambangan, terlebih dahulu kita akan mengupas mitos dari pohon kamboja. Dikawasan Jawa, pohon ini sangat identik dengan kesan horor, secara kamboja sering dijumpai dan hanya ditanam di kawasan pemakaman. Berbeda dengan Bali, disana kamboja sangat mudah ditemui, banyak orang menanamnya dipekarangan. Terkadang bunganya pun diselipkan ditelinga mereka. Bahkan bunga kamboja sering kali dijadikan bunga pelengkap acara adat. Hal tersebut tentunya sangat kontras dengan budaya Jawa. Masyarakat Jawa justru sering beranggapan bahwa pohon ini menjadi pohon pengundang makhluk tak kasat mata. Ada sebuah mitos Jawa yang mengisahkan asal mula pohon kamboja, dimana pohon ini berasal dari jelmaan seorang wanita yang ditinggal mati kekasihnya.

Usai kematian sang kekasih, dia hanya menangis dan menunggu didekat pusarannya. Hingga ajal menjemput, ditempat yang sering dijadikan sebagai tempatnya menangis dan menunggu sang kekasih tumbuhlah sebuah pohon kamboja mistis. Setiap hari pohon tersebut menggugurkan bunganya diatas pusaran yang ditinggalkan. Seiring berjalannya waktu kamboja dikenal menjadi pohon kesetiaan dan pohon kematian. Bunga kamboja memiliki bunga berwarna putih bermahkota kuning. Dan mitos yang berkembang siapa yang menemukan bunga dengan mahkota berjumlah empat atau enam konon dia akan mendapatkan rezeki dan keberuntungan.

Pertigaan Kamboja

Dipulau kematian ini terdapat sekitar tujuh lembaga pemasyarakatan atau lapas dengan lokasi berbeda-beda namun masih satu pulau. Ketika berada di Nusakambangan akan didominasi dengan hutan rimbun disekitar jalan yang menambah kesan seram. Dari Pos Kepolisian Sub Sektor Nusakambangan berjalan kearah barat sekitar 3 kilometer, disana kita akan menemukan pertigaan dengan nuansa mistis Nusakambangan yang amat horor terlebih lagi malam hari. Persis ditengah persimpangan jalan tersebut terdapat pohon kamboja yang besar, tegak dan terlihat tua. Cabang-cabangnya hampir tak berdaun menambah kesan mistis nan angker. Mengapa tempat ini begitu dianggap angker?

Dari cerita misteri yang berkembang disana, tempat ini menjadi tempat berkumpulnya para demit. Seperti mitos yang berkembang bahwa kamboja merupakan pohon pendatang makhluk halus. Banyak kesaksian mata berkata sering melihat kemunculan sosok wanita berpakaian putih berambut panjang, pria tanpa kepala adapula sosok orang biasa tengah duduk namun berwajah pucat. Didekat lokasi pertigaan tersebut terdapat lapas, para penghuni lapaspun sering mendapatkan pengalaman horor. Seperti kisah langkah kaki dimalam hari, suara tangisan seorang wanita serta jeritan minta tolong dari napi yang telah dihukum mati.

Sebenarnya kisah mistis Nusakambangan bukan hanya dilokasi pertigaan itu saja, masih banyak lagi lokasi lainnya yang juga tidak kalah menyeramkan. Apakah kalian berani menyambangi pulau kematian ini? Sebelum berkunjung kesana sebaiknya persiapkan mental terlebih dahulu untuk menguji nyali disetiap sudut Nusakambangan. Jika anda berani silahkan baca lanjutan kisah mbah sukur dibawah ini.

Kisah Mistis Yang Tersembunyi di Pulau Kematian Nusa Kambangan, Mbah Sukur

Selain angker pulau nusakambangan juga menyimpan banyak sekali misteri, salah satu misteri yang tersembunyi adalah mbah sukur. Anda pasti belum tahu siapa sosok mbah sukur yang sangat terkenal di nusakambangan. Kisah misteri tentang mbah sukur adalah sebuah legenda yang hitam di pulau nusakambangan. Bahkan hanya beberapa sumber saja yang mengetahui kisah ini. Tidak salah jika pulau ini disebut dengan nama pulau kematian, Nusa Kambangan. tempat yang digunakan sebagai area lapas ini menjadi salah satu pulau yang banyak memiliki unsur mistis yang memang menjadi salah satu korban jajahan pada saat masa itu. Cerita hantu Mbah sukur juga menyelingi salah satu cerita mistis yang tidak ada bukti serta masih menjadi rahasia.

Kisah dibalik kematian Mbah sukur

Seperti yang kita ketahui, Nusa Kambangan merupakan wilayah yang digunakan untuk tempat eksekusi dan sampai saat ini juga masih digunakan sebagai lapas bagi napi dengan hukuman mati. Tidak hanya itu saja, tempat ini juga menjadi salah satu tempat eksekusi yang digunakan para penjajah untuk menghukum mati para pahlawan yang dianggap menentang kekuasaan mereka. Walaupun begitu hal ini tidak menjadikan para pahlawan gentar. Namun hal tersebut menjadikan tempat ini sebagai sarang makhluk astral yang menjadi korban kebiadaban para penjajah yang salah satunya yang bernama hantu mbah sukur.

Mungkin banyak yang tidak mengetahui kisah hantu dari mbah sukur karena memang sumber yang didapatkan pun masih sangat sedikit. Terdengar simpang siur bahwa sosok makhluk astral yang satu ini memang banyak ditakuti karena memang penampakannya sangat mengerikan. Tidak hanya itu saja, sosok yang satu ini terlihat pada malam hari dan sering menampakkan dirinya ketika ada yang melewati jalan yang menuju kelapas. Bahkan beberapa dari petugas lapas yang sedang pulang malam pun banyak dikabarkan bahwa sosok ini menampakkan dirinya di jalanan dan terlihat sangat mengerikan.

Hal ini terdengar semakin mengerikan ketika sosok ini menampakkan jelas bagian tubuhnya yang terpotong. Salah satu tubuhnya terlepas dari tubuhnya dan entah kemana hilangnya bagian tersebut. Banyak kabar burung yang menceritakan bahwa sosok makhluk astral yang satu ini tidak mempunyai kepala. Biasanya para warga Nusa Kambangan menyebutnya dengan hantu tanpa kepala. Hantu ini terlihat mengerikan ketika menampakkan bagian tubuhnya saja di tengah jalan pada malam hari. Bagian kepalanya tidak terlihat dan memang hanya kepalanya saja yang tidak ada.

Hantu mbah sukur adalah sosok hantu pria yang memiliki perawatan tinggi jangkung. Konon ceritanya munculnya hantu ini dikarenakan pada masa penjajahan merupakan salah satu korban penjajahan yang dieksekusi dengan cara dipenggal. Sosok astral mbah sukur menjadi salah satu hantu yang ceritanya sampai saat ini masih simpang siur. Namun walaupun begitu hal ini diyakini para warga dan juga penjaga lapas yang takut untuk pulang malam ketika usai bekerja pada malam hari ataupun sore hari. Mereka tidak ingin bertemu atau sekedar berpapasan dengan hantu yang sangat mengerikan ini.

Nah, itulah salah satu cerita hantu dari mbah sukur yang masih menjadi misteri dibalik pulau kematian Nusa Kambangan. Cerita ini bisa menjadi salah satu cerita bahwa kekejaman para penjajah tidak hanya pada beberapa daerah bahkan juga semua wilayah Indonesia menjadi korban kebiadaban mereka. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk cerita mistis Anda

Leave a Reply