Cerita Mesteri di Gunung Merbabu

Siapa yang tidak mengenal Gunung Merbabu? Gunung yang terletak di Jawa Tengah ini merupakan salah satu Gunung yang menjadi tujuan utama para pecinta alam. Dengan keindahan alamnya yang mempesona, maka tidak mengherankan jika Gunung yang memiliki tinggi 3.145 serta merupakan Gunung tertinggi di Jawa Tengah ini ramai akan para pendaki.

Gunung yang terkenal dengan keindahan padang edelweisnhya tersebut memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Namun, siapa sangka dibalik keindahan alamnya, ternyata Gunung tertinggi di Jawa Tengah tersebut menyimpan ragam cerita misteri yang membuat kita kurang percaya. Namun tidak dapat dipungkiri juga jika cerita misteri memang lekat dengan tempat-tempat alam, salah satunya Gunung. Nah, untuk mengetahui ragam cerita Misteri Gunung Mebabu, yuk simak baik-baik artikel berikut ini .

Ragam cerita mistis di Gunung Merbabu

  1. Kisah tentang setan minta gendong

Cerita mengenai setan minta gendong di Gunung Merbabu ini memang sudah tidak asing lagi didengar. Sekilas terdengar lucu memang ketika ada setan yang minta untuk digendong, namun tidak dapat dipungkiri, hal itu memang ada di Gunung Merbabu. Jadi setan minta gendong ini katanya akan kita temui di pasar setan Gunung Merbabu. Nah, usut punya usut setan minta gendong akan menjumpai para pendaki yang mengeluh lelah ketika mendaki ke Gunung Merbabu.

Menurut penuturan warga sekitar, serta penuturan para pendaki, jika kita merasakan bawaan kita semakin berat dan mencium bau yang sangat wangi maka dapat diperkirakan bahwa itu adalah kehadiran setan gendong. Hii serem juga ya.

  1. Keangkeran Watu Gubug

Dari setan minta gendong, kini beralih ke Watu Gubug. Untuk yang belum mengetahui apa itu waktu Gubug, maka ada sedikit penjelasan nih. Jadi, Watu Gubug ini merupakan nama tempat yang mirip seperti gua kecil yang dapat kita jumpai ketika kita lewat jalur Thekelan. Nah, katanya Watu Gubug ini merupakan tempat masuknya kerajaan gaib di Gunung Merbabu. Tempat ini biasa digunakan oleh pendaki untuk beristirahat ketika hujan tiba. Namun, anehnya tempat ini sangat kecil dan kira-kira hanya dapat dimasuki satu orang saja, namun ketika dicoba ternyata tempat ini dapat dimasuki beberapa orang.

  1. Kehadiran Genderuwo di Gunung Merbabu

Nama mahkluk ini memang sudah tidak asing ditelinga kita. Mahluk yang dikenal sebagai sosok yang tinggi besar tersebut ternyata juga bersemayam di Gunung Merbabu. Banyak para pendaki yang sudah dijumpai oleh mahkluk tersebut. Nah untuk itu untuk sobat semuanya harus selalu berhati-hati ketika berkunjung ke Gunung Merbabu. Jangan sampai kita berbuat yang menyalahi aturan sehingga membuat makhluk gaib disekitar situ terganggu oleh kehadiran kita.

  1. Macan Merbabu

Cerita mengenai macan Merbabu ini memang sudah asing juga di telinga kita semua. Pasalnya, banyak pendaki yang mendengar aungan mahkluk buas ini namun tidak pernah ditemukan sosoknya. Hii serem juga yaa sobat.

Anjuran untuk tidak memakai pakaian hijau dan merah ketika mendaki Gunung Merbabu ternyata berkaitan dengan adanya kerajaan gaib tersebut. Jadi ceritanya begini, ketika zamannya dinasti Mataram berkuasa tempat ini digunakan sebagai pusat pemerintahan. Cerita yang beredar, siapa saja yang memakai baju warna merah ketika mendaki Merbabu akan diusir, dan yang memakai baju warna hijau akan diterima.

Gunung Merbabu bukan hanya Gunung yang menawarkan keindahannya saja, namun dibalik keindahannya tersebut, ternyata Gunung tertinggi di Jawa Tengah ini juga menyimpan ragam kisah misteri. Adapun cerita-cerita misteri yang disajikan dalam artikel ini bertujuan untuk membuat sobat semua lebih berhati-hati. Semoga membantu ya sobat.

Leave a Reply