Cerita Hantu Suster Gepeng RSUD dr Soetomo

Cerita hantu Suster Gepeng tentunya sudah tidak asing terdengar bagi warga Surabaya. Kisah Suster gepeng muncul berawal dari Rumah Sakit dr Soetomo yang dibangun sejak tahun 1938. Rumah Sakit dr Soetomo terletak di jalan Karang Menjangan dan menyimpan banyak kisah misteri. Rumah sakit yang sudah tua ini memiliki berbagai cerita yang menyeramkan salah satunya adalah penampakan hantu suster gepeng. Suster gepeng dikenal sebagai hantu yang sewaktu hidup berprofesi sebagai suster di rumah sakit. Konon ceritanya di Rumah Sakit dr Soetomo ada seorang suster mati karena terjepit lift saat sedang bertugas jaga.

Menurut pernyataan pasien dan pengunjung pasien di rumah sakit, cerita penampakan suster gepeng sangat menyeramkan. Pernah ada seorang pengunjung yang datang tengah malam hendak menjaga kerabatnya yang sedang sakit di rumah sakit. Ketika pengunjung tersebut berjalan menyusuri lorong dan melewati lift yang rusak di dekat bangsal mata tiba-tiba pengunjung tersebut melihat seorang suster mengenakan pakaian putih dan berambut panjang. Pengunjung berlari ketakutan setelah melihat penampakan suster dengan tubuhnya yang hancur, matanya keluar serta mukanya tidak berbentuk. Diduga suster gepeng mengalami kecelakaan di lift dekat bangsal mata tersebut. Banyak juga dari pasien rumah sakit tersebut yang sering didatangi oleh penampakan suster gepeng.

Cerita Hantu Penampakan Suster Gepeng

Ada seorang pasien yang pernah dirawat di Rumah Sakit dr Soetomo dikarenakan sedang sakit liver. Sekitar pukul 03.00 pasien tersebut terbangun dari tidurnya dan keluar kamar rawat inapnya menuju kamar mandi terdekat. Setelah dari kamar mandi, di tengah perjalanan kembali menuju kamar rawat inap pasien tersebut tersesat dan tanpa sengaja melalui bangsal mata. Di dekat bangsal tersebut terdapat sebuah lift yang sudah lama rusak. Namun ada hal yang janggal, ketika melewati lift terdengar dari dalam lift seperti bunyi mesin yang sedang beroperasi. Merasa sepertinya terjadi hal yang tidak beres, pasien tersebut mempercepat langkahnya agar seger sampai kamar rawat inapnya dan kembali tidur.

Cerita hantu mengenai suster gepeng belum berakhir hanya sampai di lift saja. Beberapa saat kemudian, suara langkah kaki terdengar mendekati kamar pasien. Pasien ketakutan dan berinisiatif untuk sembunyi dibalik selimut yang dikenakan. Namun ternyata pemilik jejak langkah tersebut telah berada di sisi ranjang pasien. Pasien memberanikan diri membuka selimutnya dan melihat siapa yang telah hadir di sebelahnya. Setelah menyibakkan selimutnya secara perlahan, tampaklah seorang suster cantik dengan kisaran usia 25-30 tahun. Suster tersebut bernama Maria terlihat dari name tag yang digunakan. Suster Maria hanya memberikan dan mengingatkan pasien untuk meminum obat, padahal waktu itu terlalu pagi untuk pasien meminum obat. Setelah memberikan obat, suster Maria keluar kamar tanpa berkata-kata apapun.

Keesokan hari, suster jaga datang ke kamar dan memberikan obat kepada pasien. Pasien menjelaskan bahwa jam 3 pagi tadi ada suster yang sudah memberikan obat. Respon suster jaga tersebut seakan sudah mengerti dan juga menyebut bahwa tidak apa-apa jika suster Maria sudah memberi obat. Padahal pasien sama sekali tidak menyebut nama Maria. Lalu seorang pasien lain yang sekamar mengatakan bahwa suster Maria sudah lama meninggal karena tergencet lift dekat bangsal mata hingga badannya gepeng.

Setelah kejadian tersebut, hingga saat ini penampakan suster gepeng masih sering terjadi di sekitar Rumah Sakit dr Soetomo. Suster Maria hanya sekedar menampakkan diri kepada pengunjung dengan wujud aslinya yang menyeramkan atau mengunjungi pasien d rumah sakit untuk menjalankan tugasnya sebagai suster seperti sewaktu dia bertugas. Pegawai rumah sakit tentu sudah biasa dengan cerita hantu suster gepeng, namun tetap menyeramkan bagi pasien yang tiba-tiba dikunjungi oleh suster Maria. 

Leave a Reply