Arti Kedutan Mata Kiri Atas Lengkap Dari Mitos, Pandangan Islam Hingga Medis

Siapa dari Anda yang pernah mengalami kedutan mata kiri atas? Berbagai spekulasi kemudian akan berkembang ketika Anda tengah mengalaminya. Apabila Anda adalah orang yang “Kejawen”, maka penjelasan tentang mata kiri yang kedutan kadang akan dirasa diluar nalar. Tetapi jika Anda bertanya pada ahli kesehatan, maka Anda akan disuguhkan dengan istilah kesehatan yang kadang akan membuat Anda bertanya-tanya, apa maksudnya. Namun, jangan mencoba membandingkan kedua sudut pandang tentang kedutan mata kiri yang Anda rasakan karena penjelasan baik dari sisi mitos kejawen sampai sisi medis semua akan bermanfaat untuk Anda.

Kedutan Mata Kiri Menurut Primbon Jawa

Orang Jawa adalah orang yang sering mencoba memikirkan apa yang terjadi pada dirinya meski hal tersebut sebenarnya sederhana dan tidak membahayakan jiwanya. Tetapi, kebiasaannya terkadang bisa menjadi suatu kehati-hatian bagi orang yang mengalaminya. Seperti halnya, ketika orang yang sudah terlanjur percaya dengan primbon jawa mengalami kedutan pada mata kiri. Berbagai arti pastilah akan mereka tafsirkan mulai dari letak kedutan lama kedutan dan apapun yang berhubungan dengan kedutan. Dan inilah beberapa arti kedutan mata kiri menurut versi orang Jawa.

  1. Alis

Alis adalah bagian mata yang berfungsi untuk menjaga mata dari curahan air yang berasal dari atas. Alis ini nyatanya adalah bagian yang ikut andil dalam pembahasan kedutan pada mata kiri. Jika Anda mengalami kedutan mata kiri atas, tepatnya di bagian alis, menurut primbon jawa Anda akan mendapatkan kebahagiaan. Kebahagiaan tak melulu soal harta atau uang. Kebahagiaan di sini, Anda yang mengalami kedutan pada alis sebelah kiri, Anda memiliki kesempatan untuk bertemu dengan seseorang. Seseorang tersebut pastinya memiliki arti lebih dalam hidup Anda. Seseorang itu belum tentu orang yang dekat dengan Anda. Bisa jadi pertemuan yang tak disangka-sangka tersebut adalah pertemuan Anda dengan sahabat lama yang sudah lama sekali tak ada kabar dan sudah jarang bersua. Yang pasti, pertemuan itu akan memberikan kebahagiaan untuk Anda.

  1. Kelopak

Bagian tubuh yang letaknya di bawah alis dinamakan kelopak. Kelopak mata ini juga memiliki arti yang cukup menarik jika Anda mengalami kedutan kelopak mata kiri atas. Jika tadi sebelumnya pertemuan akan segera Anda rasakan ketika merasakan kedutan pada alis, maka kedutan yang terjadi pada kelopak mata kiri bisa dikatakan lawan kata dari kedutan pada alis. Mengapa dikatakan lawan kata? Menurut penerawangan ahli primbon, Anda memang akan dipertemukan oleh seseorang yang berarti saat Anda mengalami kedutan pada kelopak mata kiri. Sayangnya, pertemuan dengan orang yang mendapat tempat istimewa di hati tersebut akan memberikan ending yang cukup sedih dan tentunya akan membuat Anda meneteskan air mata.

  1. Ekor Mata Kiri Atas

Agaknya, ‘atas’ memang sering memberikan konotasi positif terhadap suatu hal. Arti positif juga akan didapatkan ketika Anda membahas tentang arti kedutan mata kiri atas, khususnya pada bagian ekor matanya. Saat Anda mengalami kedutan ekor mata kiri atas, menurut para ahli Jawa, Anda akan segera bertemu dengan seseorang. Pertemuan yang digadang-gadang lewat kedutan ini bukanlah pertemuan yang menyangkut hati, tetapi lebih kepada pertemuan dengan saudara yang jauh di sana. Mungkin, Anda memiliki rencana untuk mengadakan acara dalam waktu dekat. Secara otomatis, ketika Anda memiliki hajatan saudara jauh ataupun dekat akan datang. Dan saat kedutan mata tepatnya di bagian ekor mata atas Anda rasakan, hal tersebut bisa menjadi suatu pertanda bahwa saudara jauh akan segera datang di hadapan Anda.

  1. Ekor Mata Kiri Bawah

Atas dan bawah menyuguhkan makna yang berbeda ketika membahas soal kedutan pada mata kiri. JIka tadi pada kedutan ekor mata kiri atas, Anda akan segera dipertemukan dengan saudara yang jauh, maka saat Anda mendapatkan kedutan pada ekor mata kiri bawah, pertanda tersebut berganti menjadi pertanda yang tidak mengenakkan. Menurut primbon Jawa, saat kedutan pada ekor mata kiri terus-terusan Anda rasakan, Anda akan mengalami sakit. Sakit yang Anda rasakan entah sakit dalam arti fisik atau sakit dalam arti psikologi, misalnya putus cinta. Meski begitu, Anda tak perlu menjadikan kedutan tersebut menjadi sesuatu yang harus ditakutkan. Asalkan Anda berusaha melakukan hal-hal dengan usaha terbaik, apa yang disangkakan lewat kedutan ekor mata bisa saja dipatahkan.

  1. Bola Mata

Setiap bagian mata nyatanya memiliki arti tersendiri ketika mengalami kedutan. Apabila Anda pernah mengalami kedutan pada bagian bola mata sebelah kiri, berucap syukurlah Anda karena kedutan mata kiri atas, khususnya pada bagian bola mata bisa jadi suatu pertanda bahwa Anda akan mendapatkan kebahagiaan. Bentuk kebahagiaan yang mungkin akan Anda dapatkan memang belum pasti. Bisa saja Anda akan mendapatkan kebahagiaan lewat dipertemukan dengan seseorang atau Anda akan mendapatkan keberuntungan dari sisi bisnis. Apapun bentuk kebahagiaannya, saat kedutan terjadi pada bola mata Anda sebelah kiri, Anda tak perlu merasa khawatir dan cobah untuk menanggapinya dengan hati yang senang.

Kedutan Mata Kiri dari Sisi Medis

Apakah Anda pernah mengalami kedutan, khususnya kedutan mata kiri atas? Ya, kondisi ini umumnya dirasakan dengan perasaan berdenyut atau bergetar di area kelopak mata kiri atas, bawah mata, hingga sampai alis. Rasa tersebut terjadi secara berulang dan terkadang tidak terkendali. Biasanya Anda hanya merasakan kedutan mata kiri atas pada satu masa saja atau sebaliknya. Kondisi ini jarang terjadi pada kedua mata dalam waktu yang sama.

Kedutan mata kiri atas nyatanya sering diartikan berbeda oleh seseorang. Menurut sudut pandang orang jawa, kalau mata kiri atas kedutan artinya Anda akan mendapatkan rezeki nomplok, atau mungkin ada yang seseorang yang merindukan Anda. Tentu saja, kedutan mata akan diartikan berbeda pula oleh orang yang paham akan kesehatan. Dalam dunia medis, mata berkedut dikenal dengan istilah mytokymia. Sensasi berdenyut ini muncul disebabkan oleh saraf kelopak mata bagian atas atau bawah yang menegang dan kejang.

Kondisi ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya. Namun, bisa saja menjadi sangat mengganggu apabila kedutan yang dialami cukup kuat sampai menyebabkan kelopak mata benar-benar menutup tiba-tiba dan membuka kembali. Sebenarnya ada banyak penyebab kedutan mata kiri atas yang bukan kategori penyakit. Secara umum, kedutan dirasakan dengan rasa kelopak mata yang bersenyut, sampai-sampai terkadang alis bergerak dengan sendirinya. Kedutan ini terjadi secara tiba-tiba dan tidak bisa dikendalikan.

Namun, ada hal yang dapat Anda ketahui sebagai pendorong sikap kehati-hatian. Sebetulnya, penyebab pasti mata kedutan tidak bisa diketahui secara gamblang. Namun, ada beberapa sebab mengapa mata kedutan tidak selalu menunjukkan kondisi yang berbahaya. Ada beberapa yang menjadi penyebab utama kedutan yang perlu Anda ketahui dan pahami supaya Anda bisa lebih mudah untuk menyikapinya.

Kegiatan yang Dapat Memicu Kedutan Mata Kiri Atas

Kedutan mata kiri atas memang sering membuat resah orang yang mengalaminya. Apalagi, jika kedutan pada mata tersebut sering dirasakan, pastilah cepat atau lambat dapat mengganggu aktivitas. Memang, kedutan bukanlah langsung menjadi tanda Anda terkena penyakit ganas, ada pula kedutan mata kiri yang disebabkan oleh aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari. Di bawah ini, ada berbagai kegiatan sehari-hari yang diperkirakan bisa memicu mata kiri atas kedutan, di antaranya:

  • Kurang Tidur

Kedutan mata kiri dapat disebabkan oleh kecapaian yang berlebih. Mata tidak bisa dipaksakan untuk bekerja siang malam terus menerus tanpa henti. Namun, mata butuh istirahat yang cukup untuk melemaskan otot yang sering berkontraksi. Jika dibiarkan, lambat laun mati bisa mengalami kedutan secara tiba-tiba. Maka, lebih baik jika Anda beristirahat ketika mata terasa capai.

  • Mengonsumsi Kafein Berlebih

Kafein adalah zat dalam kopi atau beberapa buah lainnya yang punya efek stimulus terhadap otak untuk mengurangi rasa kantuk bagi beberapa orang. Beberapa orang yang minum kopi akan mengalami insomnia sehingga tak jarang yang kekurangan waktu tidur. Saat kafein masuk ke dalam tubuh, zat ini akan merangsang sistem saraf pusat, yaitu otak Anda. Anda mungkin menyadari salah satu efeknya, yaitu mengurangi rasa kantuk dan membuat Anda jadi lebih produktif. Namun, produktif di sini lebih kepada dampak kesehatan. Sampai akhirnya, mata terlanjur tidak kuat, lalu terasa kedutan di kelopak mata kiri atau bahkan mata lainnya ikut mengalami kedutan.

  • Terlalu Lama Menatap Gadget

Gadget adalah alat yang saat ini menjadi hal yang pasti dipegang orang setiap harinya, bahkan setiap waktu. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi pun tak jarang Anda menyentuhnya terlebih dahulu sebelum menyentuh lainnya. Entah, apa yang dilakukan tiap orang dengan gadgetnya. Bisa game, chatting, stalking, atau kegiatan apapun. Namun, kebanyakan Anda termasuk kita, juga secara tidak sadar dengan adanya radiasi layar gadget terutama smartphone. Sinar radiasi gadget itu mampu membuat mata lelah. Jika dibiarkan akan membuat saraf mata rusak. Selain lelah, mata juga akan kering sehingga memicu kedutan pada mata.

Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Kesehatan

  • Menggunakan Obat-obatan Tertentu

Menurut sumber informasi dari ikatan dokter di katakan bahwa obat antipiletik dan antisikotik dapat mempengaruhi saraf dan otot sehingga akan membuat otot menegang dan gemetar. Selain itu, obat diuretik digunakan untuk mencegah penumpukan cairan dalam tubuh serta juga bisa menyebabkan tubuh kekurangan magnesium. Padahal, Magnesium sangat diperlukan tubuh untuk menunjang kinerja saraf dan otot. Apabila mineral ini tidak tercukupi, maka otot tubuh Anda akan rentan mengejang.

  • Zat Penyebab Alergi

Kelopak mata kiri atas juga dapat mengalami kedutan oleh alergi. Alergen akan membuat mata bengkak, berair, dan gatal-gatal. Secara refleks Anda pasti akan menggosok mata karena merasa tidak enak sekali jika dibiarkan. Dalam hal ini, malah akan membuat zat histamin di mata terlepas. Efek dari sekresi histamin ini, mata mengalami kedutan.

  • Gejala dari ALS

ALS (Amiotrophic Lateral Sclerosis) dikenal sebagai penyakit yang menyerang sel neuron. Penyakit ini menyebabkan sel-sel neuron pada otak dan sumsum tulang mengalami disfungsi dan terjadi pelemahan pada otot. Gejala awal penyakit ini adalah munculnya kedutan pada daerah mata, termasuk kedutan mata kiri atas.

  • Cahaya yang Terlalu Terang

Cahaya adalah sesuatu yang sangat penting untuk membuat retina mata bisa membentuk bayangan. Saraf mata akan tegang saat Anda berada di ruangan yang intensitas cahayanya sedikit apalagi yang gelap atau bahkan tanpa cahaya kemudian tiba-tiba Anda mendapati ruangan terang secara mendadak. Kondisi ini akan membuat mata sakit dan mengalami kedutan.

  • Mata Kering

Mata kering tidak hanya disebabkan oleh menatap terlalu lama di depan layar gadget. Namun, bisa juga akibat Anda terlalu banyak aktivitas di luar ruangan yang terpapar sinar matahari cukup banyak misalnya ketika Anda berada di pantai terlalu lama saat matahari sangat terik. Hal ini akan membuat mata jadi capek bahkan terasa kering. Apalagi jika angin bergerak cukup kencang akan menerbangkan debu-debu pasir yang menambah mata menjadi kering yang pada akhirnya akan menyebabkan kedutan pada mata kiri atas.

  • Hemifacial Spasm

Hemifacial spasm merupakan iritasi pada saraf wajah. Hal ini disebabkan oleh kerusakan struktur otak bagian dalam dan menyebabkan pembesaran pembuluh darah yang dapat menekan saraf terlalu kuat. Kedutan akan terasa pada mata selama beberapa hari atau bahkan beberapa bulan sampai saraf tidak tertekan lagi.

Cara Mudah Mengatasi Kedutan Mata Kiri Atas

Meskipun kelihatannya kedutan mata tidak berbahaya, namun pasti Anda merasakan tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda bisa menangani kedutan mata dengan cara ringan. Pada banyak kasus, mata kedutan adalah gangguan yang cukup ringan yang akan sembuh dengan sendirinya dan tidak berkaitan dengan penyakit lain, sehingga tak butuh pengobatan khusus. Selain itu, yang bisa Anda lakukan adalah mengompres kelopak mata dengan air hangat. Lalu, Anda juga harus mengurangi konsumsi kafein, alkohol, dan rokok, cukup istirahat, dan bila perlu teteskan cairan pengganti air mata (artificial tears) untuk memastikan mata tidak kering.

Ciri Kedutan Mata Kiri Atas yang Berbahaya

Kapan harus memeriksakan mata yang sering kedutan ke dokter? Kedutan mata kiri atas nyatanya tak bisa Anda remehkan begitu saja. Jika kedutan tidak mudah hilang dan sudah sering terjadi dalam kurun waktu yang lama, ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter. Inilah beberapa tanda kedutan mata kiri atas yang berbahaya menurut kesehatan. kedutan selama beberapa minggu dan terjadi terus-terusan, Kelopak mata tertutup sepenuhnya saat berkedut dan Anda sulit untuk membukanya, Mata merah, bengkak, berair, hingga keluar cairan seperti nanah, Mata kedutan hingga menutupi mata sepenuhnya.

Selain itu kedutan pada mata kiri atas tak hanya di mata, kedutan juga terjadi di bagian wajah yang lain. Pada mata kedutan yang terjadi dalam jangka waktu lama, berat, dan sangat mengganggu, kemungkinan itu bukanlah gejala normal, melainkan pertanda penyakit lain yang lebih berat. Misalnya spasme hemifasial, blefarospasme, sindrom Meige, kontraktur fasial spastik-paretik, dan multipel sklerosis.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab kedutan mata kiri atas. Gejala tersebut bisa merupakan sesuatu yang normal dan tak perlu dikhawatirkan, tetapi pada beberapa kasus bisa juga menandakan kondisi medis tertentu yang lebih serius. Jangan ragu untuk memeriksakan diri Anda ke dokter jika kedutan yang Anda alami sudah berlangsung lama dan disertai gejala lain.

Setelah Anda mengetahui makna dari kedutan mata kiri atas yang terjadi baik dari sisi primbon jawa maupun dari sisi kesehatan, Anda cukup menjadikannya sebagai sebuah masukan atau pembelajaran. Jika memang baik, Anda dapat mempercayainya, tetapi jika hal tersebut buruk menurut Anda, Anda bisa menjadikannya suatu hal yang perlu dipikirkan kembali. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Leave a Reply