8 Hantu Paling Seram Di Indonesia

Indonesia memang kental dengan cerita mistisnya. Beberapa provinsi bahkan memiliki legenda dan hantu yang mendiaminya masing-masing. Sosok misterius dari berbagai hantu ini juga tak lepas dari berbagai cerita yang mengiringinya. Cerita ini menjadi daya tarik masyarakat, tetapi kebanyakan lebih menjadi sumber ketakutan bagi masyarakat. Dari berbagai cerita dan hantu yang ada di Indonesia, berikut ini hantu paling seram di Indonesia.

8 hantu paling seram di Indonesia

  1. Kuntilanak

Kuntilanak menjadi hantu paling seram di Indonesia yang pertama. Berbagai cerita mistis melatarbelakangi hantu ini. Salah satu cerita yang diyakini kebenarannya adalah bahwa hantu ini dipercaya sebagai perempuan yang meninggal saat sedang hamil. Beberapa cerita mistis menggambarkan bahwa sosok hantu ini berwujud perempuan cantik, kemunculannya disertai dengan bau bunga melati atau bunga kamboja. Kuntilanak juga disebutkan sering mengganggu wanita hamil.

  1. Leak

Hantu paling seram di Indonesia ini berasal dari Bali. Dalam kisah rakyat Bali, Leak merupakan penyihir jahat. Leak hanya bisa dilihat pada malam hari, pada siang hari, leak berwujud seperti halnya manusia biasa. Leak dipercaya mengambil organ dalam jenazah di pemakaman yang digunakan untuk memperkuat kekuatan sihirnya. Tidak hanya organ dalam jenazah, dipercaya leak juga mengambil organ dalam orang yang masih hidup.

  1. Hantu jeruk purut

TPU jeruk purut memiliki cerita mistisnya sendiri. Diceritakan bahwa pada malam hari, di pemakaman ini ada sosok pastur tanpa kepala yang berjalan mengelilingi pemakaman untuk mencari makamnya. Pastur kepala buntung ini berjalan dengan membawa seekor anjing. Beberapa orang percaya, jika ingin melihat sang pastur, kamu harus mengelilingi makam ini dengan jumlah ganjil.

  1. Wewe gombel

Diceritakan bahwa wewe gombel adalah hantu atau roh jahat yang sering menculik anak-anak yang dilentarkan oleh orang tuanya. Legenda menyebutkan bahwa sosok wewe gombel ini adalah roh seorang wanita yang meninggal secara bunuh diri setelah menghindari kejaran masyarakat karena dituduh membunuh suaminya sendiri. Ciri khas dari wewe gombel ini adalah payudaranya yang menjuntai.

  1. Genderuwo

Masyarakat pulau Jawa mempercayai bahwa sosok genderuwo ini adalah hantu dengan tinggi besar, kekar serta tubuh yang dipenuhi oleh bulu. Tempat favoritnya adalah pohon-pohon besar nan rindang. Bahkan beberapa masyarakat mempercayai bahwa terkadang genderuwo ini bisa berubah menjadi seorang pria dan bisa menghamili wanita.

  1. Kuyang

Hantu paling seram di Indonesia ini berasal dari Kalimantan. Kuyang merupakan siluman berwujud kepala manusia lengkap dengan berbagai organ dalamnya, tapi tanpa kulit dan anggota badan lainnya. Jadi berupa kepala dan organ dalam yang dapat terbang untuk mencari darah bayi. Pada siang hari, kuyang bisa beraktivitas seperti halnya manusia, namun pada malam hari kuyang mencari darah bayi atau darah persalinan untuk menambah kekuatan ilmu hitamnya.

  1. Sundel bolong

Merupakan mitos Indonesia, digambarkan bahwa hantu ini merupakan sosok wanita berambut panjang, bergaun putih namun pada bagian punggungnya bolong sehingga menampakkan organ dalamnya. Hantu ini dipercaya merupakan perempuan yang tewas karena diperkosa atau perempuan yang melahirkan dalam kubur.

  1. Pocong

Masyarakat Indonesia mempercayai bahwa pocong adalah hantu dari orang meninggal yang ikatan kafannya lupa dibuka. Jadi, banyak orang yang menggambarkan bahwa hantu ini berjalan dengan cara melompat-lompat. Pocong juga digambarkan memiliki wajah putih pucat dengan lubang hitam pada bagian mata.

Nah, itulah beberapa hantu paling seram di Indonesia!

Leave a Reply