Home > Kuliner > 6 Gudeg Enak dan Legendaris di Jogja

6 Gudeg Enak dan Legendaris di Jogja

Gudeg, makanan khas asal Jogjakarta ini sudah menjadi legenda bagi para pecinta kuliner di tanah air. Bahkan ada ungkapan belum ke Jogja kalau belum makan gudeg asli Jogja. Makanan yang terbuat dari nangka muda, serta krecek dan disiram bumbu santan ini bisa menggoyang lidah saat menikmatinya. Gudeg ini biasanya dinikmati dengan tambahan telur rebus, tahun dan tempe bacem. Ada banyak tempat untuk menikmati gudeg enak di Jogja ini, sehingga kita tidak perlu bingung untuk menikmatinya.

Tempat Gudeg Enak di Jogja

Jika anda pergi ke Jogja, supaya anda gak bingung, ada beberapa referensi tempat gudeg enak di Jogja. Simak referensinya.

Gudeg Yu Djum

Gudeg enak di Jogja yang pertama bisa kita dapatkan di Gudeg Yu Djum. Gudeg ini sudah sangat legendaris karena memiliki rasa yang gurih dan lezat. Gudeg kering dari tempat ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Warung gudeg yang terletak di Jalan Wijilan, jalan Adisucipto dan jalan Kaliurang ini disajikan di atas daun pisang dengan krecek yang pedas, sambal goreng krecek, tahu pindang, opor ayam, ayam suwir, serta tahu dan tempe. Untuk harga yang ditawarkan, seporsi berkisar antara Rp10.000 hingga Rp 30.000 tergantung dari menu yang dipilih.

Gudeg Pawon

Memang sedikit perjuangan untuk menikmati gudeg Pawon ini, selain baru buka pukul 22.00 WIB, gudeg ini langsung ludes dalam beberapa jam saja. Bahkan sebelum dibuka, banyak orang yang sudah mengantri demi menikmati gudeg ini. Gudeg yang disajikan disini adalah gudeg basah, yang lebih berkuah. Seperti namanya, gudeg lezat ini disajikan langsung di pawon (dapur) sehingga kita bisa melihat proses pembuatannya. Perintis gudeg pawon ini adalah (alm) Mbah Prapto Windarso yang berjualan di sekitar Pasar Beringharjo sekitar tahun 1958.

Gudeg Permata

Gudeg Permata merupakan salah satu gudeg enak dan memang sudah terkenal di Jogja. Awalnya, pelanggan gudeg ini adalah para penonton bioskop Permata, karena letaknya memang di sekitar bioskop Permata. Berdiri sejak tahun 1951, gudeg racikan Bu Pujo ini tetap berdiri dan tidak kehilangan pelanggannya meskipun bioskop Permata sendiri sudah tutup. Gudeg ini mulai buka setiap pukul 21.00 WIB hingga dini hari dan menyajikan jenis gudeg basah dengan rasa gurih, tidak terlalu manis dan sambal krecek yang pedas.

Gudeg Bu Tjitro

Berjualan sejak tahun 1925, gudeg Bu Tjitro menjadi salah satu yang terkenal di Jogjakarta. Tidak hanya wisatawan lokal, namun wisatawan mancanegara juga menyukai gudeg ini. Berlokasi di Jalan Janti No. 330, gudeg ini menyediakan pilihan menu seperti sambal goreng krecek, kacang tholo, tempe, serta telur ayam kampung.

Gudeg Mbarek Bu Hj. Ahmad

Terletak di sebelah utara Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada, gudeg ini juga terkenal karena kelezatannya. Gudeg disini tersedia lengkap dengan berbagai pilihan menu seperti ayam, telur dan tentunya krecek. Gudeg ini juga bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh, dengan menggunakan wadah besek ataupun poci. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, cocok untuk oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Gudeg Manggar Bu Jumilan

Selain diolah dari nangka muda, ternyata gudeg juga bisa diolah dari bahan lain seperti manggar atau bunga kelapa. Itulah menu unik yang ditawarkan di gudeg Manggar. Gudeg Manggar memang kalah populer dengan gudeg nangka muda, namun siapa sangka bahwa gudeg ini menjadi favorit bagi keluarga keraton. Karena konon berkhasiat menambah kecantikan dari luar dan dalam. Jika ingin menikmati gudeg langka ini, anda bisa menikmatinya di Jalan Srandakan Bantul km 8, menu favorit disini adalah manggut lele.

Itulah tempat gudeg enak di Jogja. Jika anda sedang berlibur, tidak ada salahnya untuk menikmati kuliner legendaris kebanggaan warga Jogjakarta ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *