10 Kuliner Khas Garut, Wajib Coba!

Bila berkunjung ke suatu daerah, memang belum lengkap jika kita belum merasakan nikmatnya makanan khas daerah tersebut. Terutama untuk kalian yang sangat menyukai wisata kuliner. Nah, jika kalian berkunjung ke daerah Garut, apa saja sih kuliner Garut yang wajib kalian cicipi? Simak ulasannya berikut ini.

Kuliner khas Garut

Garut juga sama dengan daerah-daerah lain yang memiliki makanan khasnya sendiri. Dan tentunya harus kalian coba jika kalian berkunjung ke Garut. Berikut ini merupakan daftar kuliner Garut yang harus kalian cicipi, yaitu:

  1. Nasi Liwet

Merupakan menu favorit bagi sebagian wisatawan. Nasi liwet sendiri merupakan nasi yang dimasak dengan menggunakan berbagai macam bumbu, seperti garam, bawang merah, bawang putih, cabai, santan, dan bahan lainnya sesuai selera. Banyaknya bumbu-bumbu ini membuat rasa nasi liwet semakin gurih apalagi dimakan bersama lauk yang juga nikmat.

  1. Sambal Cibiuk

Kuliner Garut ini merupakan salah satu sambal favorit di Jawa Barat. Rasanya berbeda dari sambal lainnya karena terbuat dari bahan-bahan berwarna hijau. Seperti cabai rawit hijau, tomat hijau dan daun kemangi.

  1. Soto Ayam Garut

Garut juga memiliki soto khasnya sendiri. Kuah soto ini asin gurih dan menggunakan santan kuning pekat yang banyak mengandung bumbu dan rempah-rempah. Selain menggunakan daging, kuahnya juga ditaburi kacang kedelai goreng, daun bawang, dll. Cocok disajikan saat sedang hujan dan disantap hangat-hangat.

  1. Baso Aci atau Bacil

Makanan ini cocok disantap sebagai cemilan. Rasanya pedas ditambah dengan adanya ceker dan tulang membuat makanan ini digemari siapapun. Harganya juga terbilang murah.

  1. Surabi

Kuliner Garut ini terbuat dari tepung beras dan kelapa. Dimasak dengan menggunakan arang dan diletakkan diatas cetakan khusus. Aromanya sangat menggoda dan kalian juga bisa menambahkan toping ke atas surabi ini.

  1. Awug

Makanan tradisional Garut dan juga makanan khas yang berasal dari Jawa Barat. Terbuat dari tepung beras yang diolah sedemikian rupa dan diisi oleh gula merah. Sangat nikmat disantap dalam keadaan masih hangat.

  1. Burayot

Makanan khas garut ini terbuat dari campuran tepung beras dan gula merah. Makanan ini berbentuk bundar keriput atau dalam bahasa garut disebut ngaburayot. Inilah yang menyebabkan makanan ini disebut burayot. Masyarakat sangat menggemari dan banyak memproduksi makanan ini karena bahan bakunya juga banyak terdapat di daerah garut. Rasanya manis dan teksturnya legit.

  1. Kue balok Maranti

Kue balok maranti ini merupakan kue basah tradisonal yang sekilas mirip kue pukis. Namun terksturnya berbeda dengan kue pukis, kue balok ini teksturnya lebih padat dan keras. Tetapi tetap enak untuk dimakan. Biasanya warga garut mengkonsumsi ini sebagai menu pengganti saat sarapan.

  1. Dodol Piknik

Berkunjung ke garut tidak lengkap jika kamu belum membawa oleh-oleh untuk di rumah. Dan dodol piknik ini bisa kamu temukan di banyak toko oleh-oleh di garut. Kamu juga bisa melihat cara pembuatan dodol picnic ini.

  1. Chocodot

Oleh-oleh khas garut ini merupakan inovasi dari pemuda asli garut yang mengkombinasikan jenis coklat dengan bahan lokal asli garut. Misalnya buah, kacang, cabai, dan dodol. Penampilan chocodot ini dikemas sedemikian rupa dan tampak modern. Selain membelinya di toko oleh-oleh khas garut, kamu juga bisa datang ke tempat pembuatan chocodot ini.

Itulah beberapa kuliner Garut yang harus kamu cicipi ketika kamu sedang berkunjung ke kota Garut.

Leave a Reply