Wujud Dan Ciri-Ciri Hantu Banyu Yang Melegenda

Pernah mendengar hantu air? Sesuai dengan namanya hantu ini tentunya hidup dalam air dan merupakan salah satu hantu paling menyeramkan. Bahkan hantu yang kerap disebut sebagai hantu Banyu ini bisa membuat manusia yang di dekatnya celaka. Lantas, apakah wujud hantu banyu ini nyata atau hanya mitos?

Di beberapa wilayah di tanah air memiliki kisah misterinya masing-masing. Dari sekian banyak misteri, wilayah seperti Sumatera dan Kalimantan yang memang banyak aliran sungai memiliki kisah misteri tentang hantu air. Berikut ulasan mengenai asal-usul dan wujud hantu banyu.

Asal-usul hantu banyu

Menurut legenda, asal-usul hantu banyu ini bermula dari sebuah kerajaan besar yang tiba-tiba terkena musibah karena putra dari raja sakit secara misterius. Dia mengalami sakit gatal-gatal pada sekujur tubuhnya dan lambat laun menjadi amis dan berbau anyir. Kejadian ini membuat penghuni kerajaan dan sang raja melakukan berbagai cara untuk menyembuhkan penyakitnya. Namun tidak ada yang berhasil.

Singkat cerita, salah satu penasihat ada yang mendapatkan bisikan gaib yang mengatakan bahwa putra raja bisa disembuhkan dengan cara menikahkannya dengan seorang wanita yang lahir dalam keadaan terbungkus tembuni/ari-ari. Raja pun memerintahkan pengawalnya untuk mencari seorang gadis yang hendak dijodohkan oleh putranya, Tentunya dengan syarat dulunya sang gadis harus terlahir dalam keadaan terbungkus tembuni/ari-ari.

Kabar tersebut menyebar ke seluruh pelosok kerajaan, bahkan ke beberapa kerajaan tetangga. Dan akhirnya salah satu raja dari kerajaan lain bersedia menjodohkan putrinya yang memang dulunya terlahir dalam keadaan terbungkus ari-ari. Namun, sang raja ternyata memiliki tujuan lain, dia ingin menjodohkan putrinya dengan tujuan kekuasaan.

Keputusan ini ditentang oleh purtinya. Sang putri tidak suka dijodohkan terutama oleh pria yang mengidap penyakit aneh. Dia akhirnya menyetujui walaupun merasa sedih dan kecewa. Singkat cerita, pernikahan dilangsungkan.

Setelah pernikahan, waktunya mempelai wanita dibawa menuju kerajaan menggunakan tandu. Di dalam tandu itulah kedua mempelai berada, sang putri tidak tahan dengan bau anyir dan amis sang suami. Hingga tibalah rombongan itu tba di sebuah sungai dan menyebrang menggunakan jembatan bambu. Sang putri yang tidak tahan merasa mual dan muntah-muntah.

Sang putri yang tersiksa akhirnya memutuskan untuk keluar tandu dan menceburkan diri ke aliran sungai yang deras. Seluruh pengawal dan prajurit mencari sang putri namun tidak membuahkan hasil. Dari sinilah muncul sosok misterius yang dikenal dengan “Antu Banyu” atau hantu banyu yang diyakini sebagai hantu wanita berambut panjang yang bisa mencelakai manusia dengan menjeratnya menggunakan rambut panjangnya.

Wujud dari hantu banyu

Seperti yang sudah disebutkan tadi, wujud hantu banyu merupakan hantu wanita yang berambut panjang, bahkan kadang hanya menyerupai rambut seorang wanita yang kadang terlihat mengambang di aliran sungai maupun di dalam sungai.

Masyarakat di bantaran sungai Musi tidak asing lagi dengan cerita hantu banyu. DI sungai musi kadang diyakini hantu muncul secara tiba-tiba dan langsung menggulung orang yang sedang berada di sungai. Sayangnya tidak ada orang yang bisa bercerita tentang ciri-ciri dan wujud hantu banyu karena mayoritas korban langsung tenggelam dan kehabisan nafas.

Selain dikenal dengan nama hantu banyu, hantu ini juga dikenal dengan nama “Antek Anyu” dan ceritanya juga terdengar di seluruh wilayah Sumatera Selatan. Tidak heran jika cerita ini telah menjadi legenda. Masyarakat sekitar meyakini jika hantu ini banyak mendiami sungai-sungai yang memiliki goa atau batuan karang yang jarang tersentuh manusia.

Meskipun cerita dan wujud hantu banyu ini merupakan sebuah legenda, namun tidak ada salahnya jika kita menghargai kebudayaan di Indonesia termasuk cerita yang berkembang di masyarakat. Semoga ulasan ini bisa menambah pengetahuan mengenai legenda di tanah air.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *