Wisata Terbaik Jogja: Pantai Jogan

Akhir-akhir ini, Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak difavoritkan oleh para pelancong dan tukang piknik. Berbicara soal tempat wisata terbaik di jogja, tentunya pada sudut pandang ini, kita tidak akan berbicara tentang tempat yang banyak dikunjungi. Karena tempat yang banyak dikunjungi malah cenderung kurang rileks. Untuk wisata terbaiki dengan panorama tak tertandingi di Jogja, salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan oleh daftar piknik anda adalah pantai Jogan. Pantai ini sangat istimewa dan tentunya akan membuat anda terkagum jika berkunjung ketempat ini.

Pesona Pantai Jogan

Tentu saja ada alasan mengapa pantai ingin sangat istimewa dibandingkan dengan pantai lain. Tidak hanya di Jogja ataupun Indonesia, ataupun dunia, pantai seperti ini sangat langka ditemui. Tentu anda sudah sangat penasaran bukan tentang pantai ini. Pantai ini, dari namanya berasal dari Bahasa jawa, gerojogan. Gerojogan merupakan aliran air yang jatuh dengan deras. Dari petunjuk tersebut anda tentu tahu bahwa pantai ini merupakan pantai yang memiliki air terjun di bibir pantainya. Air terjun tersebutlah yang menjadi keindahan pantai ini yang tentunya sangat mempesona. Anda mendapatkan dua pemandangan sekaligus yaitu pantai dan pesona air terjun.

Pantai ini berbentuk tebing karst dimana air terjun mengalir dari pegunungan karena letaknya yang berada di gunung kidul, di dataran tinggi wilayah Jogja. Pantai jogan berlokasi di pesisir gunung kidul sekitar 71 km dari kota Jogja. Anda bisa mencapai pantai ini sekitar 1.5 sampai 2 jam bergantung kondisi dari jalan. Ketika anda bepergian di akhir pekan, tentu jalanan menuju daerah gunung kidul akan cukup ramai karena memang lokasi wisata di daerah gunung kidul kini mulai di sukai banyak orang pula.

Ketika anda ingin mengunjungi pantai terbaik jogja ini, anda tentu harus memperhatikan beberapa faktor. Pertama, pastikan anda pergi ke tempat ini ketika musim hujan. Gunungkidul adalah wilayah berbatu dan pegunungan, jadi aliran air di tempat ini merupakan aliran musiman. Ketika anda datang ke tempat ini pada musim kemarau, anda tidak akan bisa menyaksikan keindahan air terjun karena airnya tidak mengalir. Air yang mengalir dari air terjun ini adalah air tawar sehingga akan memberikan kesegaran lebih bagi anda ketika bermain di tempat.

Selain rekreasi, anda juga bisa menikmati olahraga yang disediakan oleh pengelola pantai jogja terbaik ini. Salah satu fasilitas yang diberikan adalah fasilitas canyoning dan rappelling pada air terjun. Anda bisa memanjat air terjun ini atau dengan bantuan tali yang disediakan. Anda bisa turun ke bawah air terjun juga ketika ombak tidak pasang. Berhati-hatilah juga ketika anda bermain di sekitar tempat ini karena pantai ini berbentuk tebing dan bagian bawah merupakan pantai karang. Tidak ada pasir di sekitar pantai tempat ini, jadi anda harus lebih berhati-hati ketika berjalan. Kadang bebatuan menjadi licin karena lumut yang ada di sekitar batu tersebut.

Itulah pesona pantai jogan sebagai pantai terbaik yang harus anda kunjungi. Anda tidak akan menyesal mengunjungi tempat ini. Tempat ini sangat cocok untuk relaksasi dan melepas penat. Anda bisa piknik dengan keluarga tentunya dan menikmati ketenangan alam dan mengasingkan diri dari hiruk pikuk kota. Retribusi ke tempat ini hanya parkir saja dan tentunya anda bisa menemukan beberapa spot yang berjualan makanan untuk memadamkan kelaparan anda.

Leave a Reply