Wisata Madura Terbaik Yang Bisa Memanjakan Mata Kamu

Madura, pulau di utara Jawa Timur ini ternyata memiliki banyak kekayaan alam dan budaya. Mungkin yang terlintas di benak kamu saat mendengar kata Madura adalah karapan sapi, sate Madura, soto Madura, dan celurit. Tetapi ternyata Madura memiliki yang lebih dari itu, Madura memiliki potensi wisata yang luar biasa. Berikut ini beberapa wisata Madura yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu saat berwisata di Madura.

8 spot wisata Madura terbaik

Pantai Slopeng

Pantai yang berada di Sumenep ini ternyata merupakan ikon wisata Madura yang sangat terkenal. Dengan pasir putihnya yang bersih dan pemandangan alamnya yang indah, membuat pantai ini menjadi tujuan utama wisata Madura saat liburan tiba. Selain keindahan alamnya, pantai ini juga mudah diakses karena letaknya hanya 21km dari pusat kota Sumenep.

Air Terjun Toroan

Air terjun ini merupakan salah satu spot menarik yang ada di Madura. Dengan pemandangan alam yang eksotis, akan memberikan pengalaman yang menarik. Pemandangan air terjun ini dipercantik dengan pemandangan laut yang memang berada di ujung air terjun ini. Lokasi dari air terjun Toroan ini berada di Desa Ketapang, letaknya 43 km dari pusat kota.

Gili Labak

Gili labak menjadi salah satu tempat wisata Madura yang sangat wajib untuk kamu kunjungi. Keindahan pantai dan pulau cantik ini bahkan bisa menandingi keindahan dari Gili Trawangan. Untuk mencapai Gili labak, kamu harus menyebrang via pelabuhan Kalianget. Walaupun pulau ini tidak luas, yaitu hanya seluas lapangan bola, tetapi keindahannya sanggup memanjakan mata. Keindahan alamnya dan pantainya sangat indah.

Pantai Siring Kemuning

Wisata Madura ini memang banyak berupa pantai, karena memang pulau Madura sendiri juga dikelilingi oleh pantai dan laut yang sangat eksotis. Salah satunya adalah pantai siring kemuning ini. Pantai ini terletak di Bangkalan. Memiliki pemandangan yang sangat eksotis dan menjadi salah satu spot tujuan wisata yang romantis bagi para wisatawan. Selain pemandangannya, kamu juga bisa berwisata kuliner disini.

Wisata Kota Tua Kalianget

Selain wisata alamnya, Madura juga memiliki wisata sejarah yang tidak kalah mengagumkannya. Pada zaman dahulu, kota ini dibangun oleh VOC. Berbagai peninggalan bisa dilihat disini, contohnya gedung-gedung tua dengan arsitektur unik dan kolam renang peninggalan Belanda.

Masjid Agung Sumenep

Masjid yang berdiri sejak tahun 1779 ini ternyata juga menyimpan cerita sejarah bangsa ini dan masjid ini juga tercatat sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid ini berada di depan alun-alun kota Sumenep, sehingga kamu dapat dengan mudah mengaksesnya. Masjid yang memiliki arsitektur unik ini menjadi tempat tujuan wisata, baik untuk beribadah maupun untuk berfoto dengan latar belakang bangunannya yang indah.

Museum Keraton Sumenep

Satu lagi tempat yang menawarkan nilai historis di Sumenep adalah museum keraton. Berbagai peninggalan dari Dinasti Ming, naskah kuno dan beragam peninggalan lainnya terdapat di museum ini. Selain itu, daya tarik lainnya yang didapat dari museum ini adalah Al Quran raksasa berukuran 4×3 meter dengan berat mencapai 500 kilogram.

Kepulauan dan Hutan Bawah Laut Kangean

Kepulauan Kangean memiliki 60 pulau kecil yang memiliki luas hingga 487 km persegi. Selain gugusan pulaunya yang bisa dijadikan tempat wisata, kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan diving dan snorkeling. Hutan bawah laut Kangean ini terdapat beragam jenis ikan yang berwarna-warni dengan terumbu karang yang sangat indah. Sangat cocok untuk memanjakan mata kamu.

Nah, itulah beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi sebagai tempat wisata Madura. Dijamin ga akan nyesel deh!

Leave a Reply