Home > Travelling > Jawa > Wisata Klaten yang Harus Disinggahi

Wisata Klaten yang Harus Disinggahi

Surga wisata yang ada di Jawa Tengah tidak hanya terletak di Magelang, Semarang, atau Daerah Istimewa Yogyakarta saja lho. Terdapat beragam wisata Klaten yang juga wajib disinggahi bagi anda yang menggemari travelling. Klaten merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang mempunyai beragam tempat wisata unik. Beberapa referensi dalam artikel ini bisa dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu liburan panjang bersama keluarga ataupun teman-teman.

Wisata Unik di Klaten: Waterboom Umbul Cokro

Obyek wisata yang satu ini sebenarnya bukanlah tempat yang baru. Hanya saja seiring dengan perkembangan zaman, nama obyek wisata ini lebih terkenal dengan waterboom umbul cokro. Dulunya, masyarakat setempat mengenalnya dengan nama umbul cokro tulung. Sama halnya dengan taman bermain air yang lain, salah satu tempat wisata unik Klaten ini menyediakan beragam jenis wahan air yang keren dan seru. Selain itu, para pengunjung juga dapat bermain flying fox atau hanya sekedar duduk-duduk santai di beberapa gazebo yang telah disediakan. Air yang ada di waterboom ini berasal dari sumber air yang murni. Jika waterboom lain mungkin mempunyai konsep desain yang futuristic dan modern, waterboom yang satu ini mempunyai tampilan yang sederhana dan terkesan lebih menyatu dengan alam yang ada di sekitarnya.

Wisata Unik di Klaten: Museum Gula dan Wisata Agro Gondang Winangoen

Museum sejarah, karya seni, atau teknologi mungkin terdengar sudah biasa. Namun, di kabupaten Klaten, anda dapat menemukan museum gula. Museum yang satu ini adalah satu-satunya museum gula yang ada di kawasan Asia Tenggara. Kita tentunya harus turut bangga dengan hal tersebut. Tidak hanya menjadi salah satu saran rekreasi, museum gula ini juga memberikan edukasi dan informasi tentang cara pembuatan gula. Di salah satu wisata Klaten ini, para pengunjung dikenalkan dengan tahap-tahap pembuatan gula baik pada zaman dahulu ataupun cara modern. Di sini juga terdapat kereta yang akan mengantar para pengunjung untuk berkeliling di sekitar kawasan museum serta pabrik gula. Uniknya, di dekat museum ini juga terdapat wisata agro gondang winangoen dimana para pengunjung bisa melakukan terapi ikan atau bermain flying fox. Terapi ikan ini memang cukup unik, para pengunjung harus merendam kaki di kolam yang berisi ikan. Ikan-ikan tersebut akan mampu menghilangkan sel-sel kulit mati di bagian kaki.

Wisata Unik di Klaten: Gua Suran

Untuk anda yang lebih menyukai obyek wisata alami, gua suran bisa dijadikan pilihan. Salah satu wisata alam Klaten ini terletak di kecamatan jatianom, klaten. Dining bagian luarnya tertutup oleh lumut hijau. Konon, gua ini dahulu kala digunakan oleh kyai ageng gribig sebagai tempat bersemedi dan sholat. Gua suran ini berbentuk leter L dengan kedalaman sekitar 4 meter. Memang tidak terlalu panjang dan besar namun sarat dengan nilai sejarah dan religi. Di sebelah gua ini terdapat sendang suran yang dipercaya sebagai tempat wudhu Kyai Ageng Gribig.

Wisata Unik di Klaten: Umbul Kapilaler

Pernahkah terbayangkan untuk berwisata di sebuah mata air atau umbul yang sampai sekarang masih digunakan oleh warga sekitar? Di umbul kapilaler ini para pengunjung dapat menjumpai warga sekitar untuk mandi baik pada pagi ataupun sore hari. Salah satu Wisata Klaten ini ada di dukuh umbulsari, ponggok, polanharjo. Umbul ini cukup unik karena berukuran tidak terlalu besar dan terletak di bawah pohon beringin berukuran sangat besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *