Wisata Gunung Pancar, Destinasi Wisata Liburan Akhir Pekan

Wisata gunung pancar merupakan salah satu obyek atau destinasi wisata yang ada di daerah Sentul, Kabupaten Bogor. Wisata yang satu ini menjadi tempat favorit untuk dikunjungi bagi mereka yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan, khususnya masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Bagi anda yang lelah dengan hiruk pikuk dan rutinitas kota, anda bisa mengunjungi obyek wisata alam yang ada di Bogor ini. Anda juga bisa menyegarkan tubuh dengan mandi air panas di tempat tersebut.

Lokasi obyek wisata gunung pancar

Tempat wisata yang satu ini menyuguhkan sebuah destinasi wisata alam yang lengkap dengan pemandian air panas. Di samping itu, anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas menarik di sana. Kawasan wisata gunung pancar terletak di ketinggian sekitar 300 hingga 800 meter dari permukaan laut dengan kemiringan yang mencapai 15 hingga 40%. Untuk mencapai tempat ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Bentang vegetasi gunung ini terdiri dari hutan tanaman, semak belukar, dan hutan alam dataran rendah. Tentunya, udara sejuk serta pemandangan asri begitu kental terasa di sepanjang perjalanan. Suhu udara di kawasan wisata ini sekitar 24 derajat celcius saat malam hari dan bersuhu maksimal sekitar 33 derajat celcius pada siang hari.

Di gunung pancar terdapat beragam jenis tanaman seperti Rasamala, pinus, Rotan, Puspa, Saninten, Jamuju, dan lain sebagainya. Kawasan wisata ini juga mempunyai sejumlah satwa yang hidup secara bebas. Jika beruntung, anda mungkin bisa menjumpai owa, kera, babi hutan, surili, jelarang, dan sejumlah jenis burung. Beberapa jenis burung yang sering dijumpai di sekitar wisata gunung pancar yaitu ayam hutan merah, kutilang, elang, jalak, dan lain sebagainya.

Legenda yang berkaitan dengan wisata gunung pancar

Masyarakat lokal mempercayai gunung pancar sebagai pondasi bumi yang pertama atau yang diciptakan pertama kali. Konon, saat bumi diciptakan, belum ada gunung dan bumi masih rata dengan tanah. Karena hal inilah sering terjadi gempa. Melihat keadaan bumi yang tidak stabil tersebut, diciptakanlah gunung sebagai pondasi atau pasak supaya bumi lebih tenang. Inilah sebab mengapa gunung yang satu ini dikenal dengan istilah pancar yang mempunyai arti muncul yang pertama.

Hal-hal menarik di obyek wisata gunung pancar

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata ini, anda harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket wisata gunung pancar hanya sebesar dua ribu rupiah saja untuk tiap orang. Bagi anda yang membawa kendaraan, biaya parkir yang dikenakan yaitu 1.000 untuk roda dua dan 1.500 untuk roda empat. Sebagai salah satu destinasi wisata alam favorit yang ada di Bogor, kawasan ini menyuguhkan pemandangan alami khas hutan lindung dengan pohon pinus dan pohon-pohon lainnya yang berjejer menawan. Telinga anda juga akan sering mendengar suara satwa-satwa yang hidup secara bebas di kawasan wisata tersebut. Hal inilah yang juga membuat gunung pancar sebagai destinasi untuk kegiatan jogging, berkuda, hiking, bersepeda, camping, berendam air panas, bahkan wisata budaya.

Di kawasan gunung pancar disediakan kuda yang bisa di naiki untuk berkeliling dengan biaya sewa yang cukup murah. Bagi anda yang gemar berolahraga, di kawasan ini juga terdapat lapangan tenis dan rute hiking yang bisa anda tempuh. Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama, anda bisa menginap dengan mendirikan tenda. Salah satu aktivitas yang populer di wisata gunung pancar yaitu berendam atau mandi air panas. Untuk bisa menikmati tempat pemandian, setiap pengunjung harus membayar tiket sebesar 10 ribu untuk tiap orangnya. Tempat pemandian yang disediakan terbagi menjadi dua yakni untuk perempuan dan laki-laki.

Leave a Reply