Home > Travelling > Jawa > Wisata Air Terjun Jumog yang Mempesona

Wisata Air Terjun Jumog yang Mempesona

Setiap kali berkunjung ke suatu daerah atau tempat yang pertama kita cari tentu adalah kuliner dan juga keindahan alamnya. Tempat-tempat wisata atau keindahan alam yang menakjubkan tentu akan menjadi tujuan menarik untuk dikunjungi pada waktu-waktu liburan atau akhir pekan. Seperti halnya jika anda berkunjung ke Karanganyar, Solo. Ada beberapa tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi. Salah satu tempat wisata di Karanganyar, Solo yang cukup populer dan terkenal dengan keindahannya adalah wisata air terjun jumog.

Air terjun Karanganyar Jumog ini memiliki keindahan alam yang sangat khas dan mempesona. Di tempat wisata ini juga seringkali terdapat pelangi yang menambah pesona keindahannya. Jumog sendiri lebih dikenal dengan surga yang hilang atau the lost paradise oleh masyarakat sekitar air terjun dan juga orang-orang yang berkunjung baik dari lokal ataupun luar daerah. Tempat wisata air terjun ini terletak di Lereng Lawu yang berada di sebelah barat candi sukuh. Tepatnya terletak di desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jika dari Solo maka jalan ke arah ke Tawangmangu, kira-kira sekitar 40 km.

Keistimewaan yang Ada di Air Terjun Jumog

Tempat wisata air terjun ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Untuk tiket masuk ke area tempat wisata air terjun ini hanya Rp. 3000,- tiap orang. Untuk sampai ke tempat wisata ini juga anda harus menempuh jalan kaki. Hal ini akan terasa menyenangkan karena anda akan menikmati udara yang masih alami dan segar dan juga suara kicauan burung yang menambah suasana semakin nyaman. Di tempat wisata air terjun the lost paradise ini juga menyediakan arena permainan anak, bagi anda yang berlibur dengan membawa putra-putri anda. Terdapat wahana anak yang berupa ayunan, jungkat jungkit dan bola panjat.

Selain itu juga di air terjun jumog terdapat kolam renang yang cukup besar untuk anak anda. Namun tidak banyak wahana air yang disediakan, hanya ember tumpah saja. Di tempat wisata ini juga terdapat tempat makan atau warung-warung makan. Sehingga anda pun tidak perlu khawatir akan kelaparan, karena anda dapat menikmati makanan dengan berbagai hidangan menu. Anda juga memiliki pilihan untuk menikmati makanan di dalam warung makan atau di sekitar air terjun. Sehingga anda dapat menikmati keindahan air terjun ini sambil menikmati hidangan makanan anda.

Selain itu bagi anda yang mungkin melakukan perjalanan yang sangat jauh untuk sampai ke air terjun ini. Tersedia juga home stay yang mana dapat menjadi tempat anda bermalam dan istirahat di sini. Untuk tarifnya pun cukup terjangkau, hanya berkisar 50.000 hingga 250.000 per malam. Sehingga anda tidak perlu bingung tidak memiliki sanak saudara atau tempat untuk bermalam. Karena sekitar air terjun ini menyediakan layanan untuk menginap. Selain itu anda dapat menikmati makanan khas yang terkenal dan enak, yaitu sate ayam dan juga sate kelinci.

Air terjun jumog memiliki keindahan alam yang mempesona. Terlebih lagi suasananya yang masih alami, hijau dan segar membuat wisata air terjun ini sangat menarik untuk dikunjungi. Jika anda adalah seorang yang biasa dengan suasana kota yang bising, dengan polusi yang ada dimana-mana. Maka air terjun ini dapat menjadi salah satu tempat wisata yang direkomendasikan untuk anda kunjungi. Anda dapat menikmati keindahan alam dengan udara yang segar, suasa yang sunyi dan nyaman serta jauh dari kebisingan dan juga suara kicauan burung yang tentu menenangkan. Hal ini akan membuat refresing anda tentu lebih menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *