Urban Legend Suara Gamelan dan Drum Band Di Kota Jogja

Buat orang jogja atau orang yang pernah tinggal di jogja, pasti tidak asing dengan cerita urban lengend suara gamelan atau drum band di tengah malam kota jogja. Kisah ini memang sudah turun temurun di kota jogja. Bahkan dijadikan cerita urban legend jogja yang paling terkenal. Banyak yang percaya, suara tersebut berasal dari makhluk gaib. Kalau pendatang baru di kota jogja mendengar suara tersebut, maka disambut baik oleh para penghuni kota jogja dan bisa betah tinggal di jogja. Tapi banyak orang yang bisa menjelaskan semua cerita tersebut secara ilmiah. Kita bahas saja satu persatu dibawah ini.

Waktu Suara Gamelan Dan Suara Drumb Band Muncul

Sebenarnya agak aneh, kalau suara tersebut dihasilkan oleh manusia. Siapa orang yang latihan drumb band atau gamelan pada tengah malam. Misteri Suara gamelan hanya muncul ketika tengah malam sekitar pukul 11 sampai 1 jam. Sedangkan untuk suara drumb band biasanya muncul ketika pukul subu. Sekitar 4-5 pagi. Pertanyaannya siapa yang akan bermain gamelan atau drum band di waktu itu. Hal inilah yang membuat banyak orang berpikir kalau suara tersebut berasal dari makhluk gain. Ketika anda berada di daerah barat, suaranya seperti dari timur. Begitu juga sebaliknya.

Mitos Suara Gamelan Dan Suara Drum Band

Sekitar tahun 1990an, pernah ada orang yang ingin melacak sumber suara drumb band di jogja. Karena memang banyak orang yang sering mendengarnya. Ia berpikir kalau suara tersebut berasal dari korps marching band dari akedmi TNI AU. Tapi ketika ditelusuri sampai ke daerah maguwo, suara tersebut malah berpindah ke arah selatan dan ketika dilihat ke arah selatan. Seolah berpindah ke arah barat. Tapi ia tak pernah menemukan sumber suara tersebut.

Ada banyak mitos yang beredar tentang cerita urban legend jogja ini. Akhirnya banyak yang berpikir, kalau suara gamelan berasal dari pasukan nyi roro kidul yang sedang menuju laut kidul maupun gunung merapi. Jadi seperti sebuah iring-iringan pasukan nyi roro kidul. Lalu ada yang berpikir kalau suara tersebut berasal dari pasukan khusus pengawal kerajaan jogjakarta yang sedang berpatroli tapi mereka tidak bisa terlihat oleh manusia biasa. Memang ada banyak sekali versi yang beredar, darimana asal suara gamelan maupun drum band di tengah malam tersebut.

Menurut mitos, orang yang bisa mendengar suara tersebut di sambut baik oleh penghuni kota jogja. Jika mendengar suara gamelan atau drum band, akan membuat dirinya tidak bisa lepas dari kota jogja. Akan selalu merasa rindu dan mengenang kota jogja terus menerus. Apalagi buat para pendatang yang sedang datang ke kota jogja. Mungkin hal ini sesuai dengan istilah kota jogja selalu bikin kangen. Jika sudah datang satu kali ke kota jogja, pasti ingin kembali lagi dan lagi.

Mungkinkah anda pernah mengalami sendiri cerita urban legend jogja ini? Kita memang tak pernah tahu seperti apa kebenarannya. Cerita ini sudah diketahui oleh semua orang di jogja. Sudah banyak orang yang sering mendengar suara gamelan maupun drum band di tengah malam. Membuat mereka ingin selalu kembali ke kota jogja.

Leave a Reply