Home > Travelling > Jawa > Serba Serbi Tugu Jogja yang Harus Anda Tahu

Serba Serbi Tugu Jogja yang Harus Anda Tahu

Tugu Jogja – Indonesia memang kaya akan budaya. Yuph, hal tersebut bisa dilihat dari keanekaragaman budaya di Indonesia yang bisa anda temui dari Sabang sampai Merauke. Salah satu daerah yang juga menyajikan banyak budaya ialah Jogja. Jogja memang dikenal sebagai kota yang kaya akan sejarah dan budaya. Jika anda berkunjung ke sana, maka anda akan melihat keindahan sejarah dan budaya kota Jogja yang masih dijaga hingga saat ini. Jika berkaitan dengan sejarah, maka banyak sekali tempat-tempat wisata di Jogja yang memberikan pengetahuan serta bukti bahwa banyak kejadian-kejadian penting yang terjadi di Jogja di masa lampau. Bangunan-bangunan bersejarah tersebut bisa anda temukan banyak sekali di Jogja dan salah satu bangunan yang juga menandakan bahwa Jogja merupakan kota sejarah ialah Tugu Jogja.

Ciri Khas Kota Jogja

Jika berkaitan dengan letak tugu tersebut, anda akan cukup mudah menemukan lokasi tempat bersejarah ini. Tugu ini terletak diperempatan jalan Diponegoro, Jalan AM Sangaji, Jalan Jendral Soedirman dan Jalan Pangeran Mankubumi. Selain itu, letak tugu Jogja ini juga terletak di Jantung Kota Yogyakarta sehingga ketika anda ingin mengunjungi tempat bersejarah ini, anda cukup mudah menemukannya. Hal yang perlu anda lakukan ialah dengan menaiki armada transjogja yang akan mengantarkan anda ke tempat bersejarah tersebut. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, maka anda juga cukup mudah menemukan tempat bersejarah ini.

Sejarah

Selain lokasi dan menjadi ciri khas Kota Jogja, hal lain yang bisa anda ketahui kaitannya dengan tempat bersejarah ialah kaitannya dengan sejarah dari tugu ini. Banyak sumber mengatakan bahwa tempat bersejarah ini dibangun ketika masa pemerintahan Raja Sri Sultan Hamengkubuwono I dan dibangun sekitar tahun 1755. Selain itu, bangunan bersejarah ini juga awalnya berbentuk seperti Golong Giling yang mana mempunyai tinggi kurang lebih sekitar 25 meter.

Pada awalnya tugu ini juga mempunyai makna atau sebagai simbolik yang menggambarkan persatuan yang kesatuan antara rakyat dan juga para penguasa untuk melawan penjajah. Selain itu, monument ini juga menggambarkan hubungan antara manusia dengan Tuhan.

Itulah beberapa informasi yang bisa anda ketahui kaitannya dengan Tugu Jogja. Tugu ini merupakan salah satu ikon kota Yogyakarta yang mana tugu ini juga banyak diburu oleh para wisatawan khususnya wisatawan yang berasal dari luar kota Jogja. Banyak dari mereka yang menyempatkan untuk mengunjungi tempat bersejarah ini untuk sekedar mengabadikan momen ketika mereka sedang mengunjungi tempat bersejarah ini. Selain menyajikan keindahan yang mempesona, Tugu ini juga menyajikan sejarah yang cukup panjang. Banyak hal yang bisa anda dapatkan ketika anda mengunjungi Jogja khususnya tugu bersejarah ini. Itulah beberapa hal yang bisa anda ketahui kaitannya dengan tempat bersejarah di Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *