Home > Travelling > Sumatera > Tenangkan Diri Dengan Berlibur Ke Air Terjun Aek Martua

Tenangkan Diri Dengan Berlibur Ke Air Terjun Aek Martua

Sudah mendekati masa liburan nih gan, sudahkah memikirkan akan berlibur kemana besok? Jangan di rumah terus ya gan, dunia itu indah dan kita akan selalu kagum akan setiap sudutnya. Dan lagi berlibur bukan sekedar bersenang senang saja, dapat mengurangi sedikit beban dibenak serta ajang menenangkan diri. Air terjun dapat jadi destinasi wisata pilihan kalian nih, pemandangan yang indah akan merefresh otak dan suara gemercik air terjun pasti bikin kalian tenang dan nyaman. Berbicara masalah air terjun, ada satu destinasi yang tidak boleh terlewatkan! Dia adalah air terjun aek martua, pernah mendengarnya? Yuk cus kepoin seperti apa keindahannya.

Keindahan Air Terjun Aek Martua

Wisata air terjun yang satu ini merupakan salah satu wisata unggulan riau lebih tepatnya di kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Mayoritas penduduk sekitar adalah orang suku Mandailing, dalam bahasa Mereka aek martua memiliki arti air bertuah. Kalian memang wajib berkunjung ke lokasi yang satu ini, pasalnya air terjun disana mempunyai ciri khas yang berbeda, sebab air terjun memiliki tiga tingkatan. Setiap tingkatan memiliki ukuran serta ketinggian yang tidak sama. Mulai dari ketinggian sekitar 15 m hingga yang paling tinggi 40 m, air terjun berundak inilah yang membuatnya berbeda dari air terjun lainnya. Kawasan ini memang kawasan hutan alam yang berstatus Taman Hutan Raya atau disingkat dengan Tahura. Rimbunnya hutan yang menawan memberikan udara fresh dan menyegarkan. Air terjun juga sangat jernih, bening dan menggoda untuk berendam.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan

Kendati berlokasi air terjun aek martua ditengah hutan, wisata ini sangat mengasyikkan loh, ada berbagai kegiatan yang dapat kalian lakukan buat seru seruan. Pertama jelas kalian dapat berselfie mengabadikan setiap sudut air terjun yang menawan. Terlebih lagi bila para agan termasuk anak kekinian, nge-vlog atau membuat live story bisa banget nih. Dapat pula berpose underwater agar tampilan foto semakin epik n high class. Jika kalian merasa suntuk, galau, gundah gulana dan stress bisa juga menenangkan diri disana, cukup duduk bersila memejamkan mata dan rasakan gemuruh air terjun tenangnya suasana, dijamin segala pikiran kusut akan pudar dan hati menjadi tenang. Sangat tepat dijadikan lokasi rileksasi.

Akses Menuju Lokasi

Tadi sudah kita singgung diatas alamat lengkap dari destinasi wisata menarik tersebut, dan saatnya kita mengupas akses menuju lokasi air terjun aek maratua. Bila kalian dari Pekanbaru, carilah angkutan umum yang menuju Pasir Pengarai dan turun di Simpang Tangun. Just your info nih gan, biaya angkutan ini berkisar 50K. Lanjutkan perjalanan kalian menuju Tangun menggunakan angkutan jenis oplet dan omprengan, cukup merogoh kocek 5K saja kok. Dipintu masuk obyek wisata, kalian akan melewati jembatan gantung serta jalan setapak diperkebunan warga sejauh kurang lebih 3,5 km. Memasuki kawasan hutan lindung perjalanan akan diteruskan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit. Tapi perlu berhati hati sebab terdapat turunan dan tanjakan curam.

Setelah membaca ulasan dari salah satu destinasi wisata tersebut tentu agan semua sudah tidak sabar ingin berkunjung kesana bukan? Air terjun aek martua memang menyajikan panorama air terjun yang tidak biasa, jadi sangat sayang bila ke Riau tapi belum mengunjungi destinasi wisata ini. Jangan lupa perjalanan kalian cukup jauh ya, jadi pastikan fisik kalian dalam kondisi prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *