Home > Travelling > Jawa > Tawangmangu – Lokasi yang Pas untuk Berlibur

Tawangmangu – Lokasi yang Pas untuk Berlibur

TawangmanguMendengar namanya pasti dibenak kita sudah menyimpan sejuta tanya. Ya, nama yang mungkin sudah cukup populer di telinga kita namun juga masih banyak yang belum mengenalnya. Lokasi yang terletak di Kabupaten Karanganyar itu juga termasuk dalam daftar lokasi yang sering menjadi tujuan liburan masyarakat. Letaknya yang berada di kaki Gunung Lawu memang membuatnya menjadi tempat yang menyimpan sejuta pesona. Udara sejuk khas pegunungan serta pohon-pohon cemara juga menambah daya tarik lokasi itu untuk dikunjungi.

Nah, salah satu lokasi yang terkenal adalah Gerojokan Sewu, air terjun yang terkenal karena anak tangganya yang hampir seribu memang tidak luput dari perhatian para traveller. Namun, selain Gerojokan Sewu, tempat ini juga menyimpan beragam jenis tempat wisata yang mampu membuat pengunjung enggan pulang. Mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah ada semua, lengkap sudah. Apabila para traveller memiliki keinginan untuk berlibur dengan biaya yang murah maka ke memiliki Tawangmangun adalah pilihan yang tepat.

Tempat-Tempat Menarik di Tawangmangu

Selain Gerojokan Sewu, Tawangmangu juga memiliki tempat-tempat menarik yang tidak boleh absen dari daftar kunjungan kita. Banyak tempat-tempat menarik di lokasi tersebut yang wajib untuk kita ketahui dan dikunjungi. Adapun tempat-tempat menarik tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Gerojokan Sewu

Gerojokan Sewu merupakan salah satu icon wisata tawangmangu, tempat wisata yang menyajikan pemandangan air terjun dengan suasana alam yang asri membuat Gerojokan Sewu tidak pernah sepi pengunjung. Air terjun yang memiliki ketinggian 80 meter tersebut menjadi air terjun tertinggi di Jawa Tengah, dan untuk mencapainya kita mesti naik anak tangga yang jumlahnya mencapai 1000 an. Namun tenang saja, rasa lelah akan terbayar dengan keindahan air terjun yang tidak ada duanya.

  1. Telaga Madirdo

Pesona lain Tawangmangu selanjutnya yakni telaga Madirdo. Telaga Madirdo merupakan tempat wisata yang baru-baru ini sedang banyak dibicarakan. Meskipun tempatnya tersembunyi namun lokasi ini akan selalu membuat jatuh hati. Bagaimana tidak, lokasi yang menyajikan pemandangan berupa telaga dengan keindahan rerumputan disekitarnya membuat kita enggan beranjak pergi. Untuk menuju ke lokasi ini kita bisa naik ojek dari terminal Kemuning. Biaya ojeknya juga cukup terjangkau yakni Rp. 20.000.- kita sudah sampai di lokasi. Nah ini penampakan keindahannya.

  1. Candi Sukuh

Tidak hanya menyajikan keindahan alam saja, namun tempat wisata ini juga menyajikan tempat sejarah yang semakin membuat kita jatuh hati. Tempat sejarah tersebut adalah Candi Sukuh. Kesederhanaan bentuk bangunan candi dibalut dengan pemandangan alam membuat kompleks candi ini semakin menarik. Biaya masuk yang murah juga membuat kita tidak perlu berfikir ulang untuk mengunjunginya.

  1. Sate Kelinci

Setelah lapar berkeliling objek wisata, sekarang saatnya untuk mengisi kembali perut agar tetap semangat untuk melanjutkan perjalanan. Nah, sate kelinci bisa menjadi alternative menu makan yang sayang untuk dilewatkan. Tenang saja, untuk yang sedang dalam program penurunan berat badan, sate ini tidak banyak kolestrolnya dan harganya tetap terjangkau, yakni Rp. 15.000.-. Adapun untuk mencarinya juga sangat mudah karena di semua tempat wisata pasti ada yang berjualan sate kelinci.

Biaya Untuk Berlibur ke Tawangmangu

Tenang saja, untuk berlibur ke Tawangmangu tidak perlu menguras kantong layaknya mendaki Rinjani atau Semeru. Cukup dengan berbekal uang Rp. 150.000 kita sudah bisa berkeliling menikmati pesona keindahan alam tersebut. Adapun rincian biaya untuk menuju Tawangmangu adalah sebagai berikut:

  • Biaya Bus dari Solo sampai Karangpandan Rp. 10.000.-
  • Angkot menuju Candi Sukuh Rp. 5.000.-
  • Ojek menuju Telaga Madirdo Rp. 20.000
  • Tiket masuk air terjun Gerojokan Sewu Rp. 12.000
  • Tiket masuk telaga Madirdo Rp. 5.000
  • Tiket Masuk candi Sukuh Rp. 7.000
  • Angkot menuju Karangpandan Rp. 5.000
  • Biaya bus menuju Solo dari Karangpandan Rp.10.000
  • Adapun total biaya Rp. 74.000.

Nah, bagaimana sobat traveller masih nunggu apa lagi? Yuk segera menikmati liburan dengan mengunjungi tempat nan eksotis itu, jangan lupa untuk mengambil moment terbaik serta selalu menjaga lingkungan ya. Yuk segera agendakan liburanmu ke Tawangmangu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *