Tarian Mistis Seblang, Tradisi Berusia Ratusan Tahun Di Banyuwangi

Masyarakat Banyuwangi, khususnya penduduk daerah Bakungan, kecamatan Glagah menyimpan cerita misteri nyata yang dikemas dalam tradisi unik dan mistis. Tradisi unik ini berupa tarian mistis yang bernama Seblang Bakungan. Tradisi ini sudah dilakukan sejak tahun 1639. Tarian seblang Bakungan adalah tarian yang dibawakan oleh perempuan tua dalam kondisi kerasukan. Tarian seblang Bakungan dilakukan pada bulan Dzulhijjah di malam hari dan dilakukan rutin setahun sekali. Tujuan dari tarian mistis ini adalah agar desa bersih, tenang, damai, aman dan terhindar dari bencana dan marabahaya. Bagaimanakah ritual dari tarian mistis seblang bakungan? Artikel ini akan mengulas cerita misteri nyata yang merupakan ritual dari tarian mistis seblang bakungan.

Ritual Tarian Mistis Seblang

Penari yang melakukan tarian mistis seblang adalah penari keturunan langsung dari penari seblang pertama. Penari seblang pertama tahun 1963 adalah Agung Nyoman Dewi atau disebut dengan Mbah Dewi. Hingga tahun 2017, sudah ada 11 penari seblang yang melakukan ritual tarian Mistis Seblang. Penari Seblang dari tahun 2014 adalah Supani. Supani berusia 66 tahun. Penari Seblang baru akan diganti saat penari Seblang sebelumnya telah meninggal dunia. Penari Seblang dipilih yang berusia tua, karena penari tua dianggap suci.

Malam menjelang ritual, listrik sengaja dimatikan. Sebagian masyarakat Seblang menggelar tumpengan di sepanjang jalan menuju Bakungan. Sebagian lagi bersiap berkeliling desa menggunakan obor. Masyarakat berkeliling sambil mengumandangkan adzan di setiap perempatan desa dan menuju masjid desa untuk berdoa. Doa dipimpin oleh tokoh agama. Setelah berdoa, seluruh masyarakat menyantap tumpeng di sepanjang jalan menuju Bakungan.

Malam pun tiba,masyarakat bersama-sama pergi ke Sanggar Seblang untuk melihat ritual Tarian Mistis Seblang. Penari Seblang bernama Supani telah bersiap untuk melakukan ritual tarian mistis Seblang. Supani mengenakan pakaian khas merah. Masyarakat bersiap untuk mengarak Supani ke tengah kampung. Sebelum Supani menarikan ritual Tarian Mistis Seblang, ada ritual adu ayam yang dianggap sebagai simbol pengorbanan. Tibalah saat melakukan ritual. Ritual dimulai dengan membakar dupa. Supani memejamkan mata dan mulai kerasukan. Supani mulai menari diiringi dengan irama gending. Ada 13 jenis gending yang dibunyikan untuk mengiringi Supani menari, diantaranya Kembang Gading, Podo Nonton, dan Seblang Lukinto. Supani menari sambil melakukan beberapa adegan seperti membajak sawah bersama dua orang yang diibaratkan sebagai Kerbau dan menari dengan mata tertutup sambil membawa boneka. Supani tidak sendirian dalam melakukan ritual, perempuan paruh baya itu didampingi oleh seorang lelaki tua bernama Ruslan sebagai pawang. Simbol kehidupan manusia dari lahir adalah babak-babak yang dimainkan dalam tari Seblang. Seperti, saat Supani menari sambil membawa boneka yang digendong, tarian itu menunjukkan arti anak yang baru dilahirkan kemudian digendong oleh ibunya. Simbol perlawanan ditunjukkan di adegan Supani menari sambil membawa keris.

Ritual yang paling ditunggu oleh masyarakat lokal dalam tari mistis seblang adalah “adol kembang”. Masyarakat akan memperrebutkan bunga Wongso, bunga Pecari dan Bunga Mawar yang dibagikan saat tarian mistis Seblang berlangsung. Cerita misteri nyata yang beredar di masyarakat adalah bila menyimpan bunga Wongso, bunga Pecari dan bunga Mawar yang dibagikan saat ritual “adol kembang” berlangsung dapat memperlancar rejeki dan mempermudah jodoh.

Berbeda dengan cerita misteri nyata kebanyakan, yang membuat orang takut dan waspada saat mendatangi suatu tempat yang menyimpan cerita mistis, Ritual tarian mistis di Seblang malah menarik banyak wisatawan. Wisatawan mengakui bahwa mereka tertarik melihat tarian mistis di Seblang. Tarian mistis ini terbilang unik, karena penari menari sambil kerasukan roh. Tarian mistis Seblang telah menarik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Apakah anda tertarik menyaksikan tarian mistis Seblang yang menyimpan cerita misteri nyata di dalamnya? Berwisatalah ke Banyuwangi dan dapatkan pengalaman unik melihat tarian orang kesurupan.

Leave a Reply