Home > Travelling > Bali > Fakta Tanah Nusantara Yang Menjadi Kebanggaan Dari Warganya

Fakta Tanah Nusantara Yang Menjadi Kebanggaan Dari Warganya

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak keunikan dan keistimewaan. Menjadi warga negara Indonesia patut bangga karena tanah nusantara Indonesia begitu kaya dengan sumber daya alam. Alam di indoniesia terkenal begitu subur dan juga banyak terdapat hasil tambang. Di tanah Indonesia ini ada banyak sekali hasil tambang mulai dari batu bara, besi, hingga emas. Kekayaan alam yang seperti ini apabila di manfaatkan dengan baik oleh masyarakat Indonesia tentu akan membuat masyarakat Indonesia kaya dan juga makmur. Namun pada kenyataannya masyarakat Indonesia masih banyak yang merasa bingung untuk mendapatkan pekerjaan. Ada pepatah mengatakan tanah Indonesia adalah tanah surga yang batu dan kayu jadi tanaman. Hal ini menggambarkan betapa kayanya dan suburnya tanah di Indonesia.

Dalam sebuah lirik lagu juga terdapat kata “kail dan jala sudah cukup untuk menghidupimu”. Dari kalimat ini menggambarkan bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki laut begitu luas sehingga nelayan di Indonesia tidak akan kekurangan hasil laut. Tanah nusantara yang sudah begitu luar biasa ini harus di jaga dengan sebaik mungkin agar semakin lama tanah Indonesia menjadi semakin maju dan mampu memakmurkan penduduknya. Setelah memahami betapa kayanya dan suburnya alam di Indonesia, selanjutnya akan ada informasi mengenai keistimewaan dan juga fakta unik lain yang wajib diketahui. Indonesia yang sudah dikenal oleh masyarakat dunia ini ternyata menyimpan fakta fakta yang sangat mengagumkan.

Alasan Sederhana Dari Para Penjajah

Sebenarnya sudah banyak orang yang mengetahui beberapa fakta yang akan di sebutkan namun untuk semakin membuat kita cinta terhadap tanah air ini kita perlu untuk meresapi apa yang dimiliki oleh nusantara. Kekayaan alam menjadikan Indonesia banyak di datangi oleh turis atau bahkan orang luar yang ingin berbisnis. Dahulu Indonesia pernah di jajah oleh belanda, jepang bahkan portugal. Para penjajah datang ke Indonesia karena mereka iri dengan hasil alam yang dihasilkan. Tanah Indonesia yang begitu subur membuat banyak sekali jenis tanaman yang tumbuh. Alasan dari negara negara yang menjajah Indonesia bukanlah alasan yang terlalu rumit. Alasan sederhana saja ternyata bisa membuat negara Indonesia di incar oleh banyak negara. Siapa yang menyangka jika para penjajah mengincar rempah Indonesia.

Alam yang sangat subur ini membuat Indonesia betul-betul kaya dengan hasil alam. Rempah rempah yang biasa digunakan untuk menyedapkan masakan dan juga untuk pengobatan memang banyak tumbuh di tanah nusantara. Di beberapa negara lain tentu sangat jarang sekali ada rempah rempah. Beberapa jenis rempah yang sangat banyak tumbuh di Indonesia adalah pala. Seperti yang telah di ketahui jika ada banyak sekali rempah rempah yang sering di perjual belikan di pasar pasar mulai dari rempah pohon, rempah akar hingga dedaunan. Masakan di Indonesia juga dikenal menggunakan rempah yang sangat kaya sehingga cita rasanya begitu istimewa. Banyak dari masakan Indonesia yang begitu terkenal karena rempahnya yang sangat lengkap dengan cita rasa yang luar biasa.

Fakta Mengenai Wisata Di Indonesia

Tanah nusantara Indonesia begitu subur dan juga memiliki banyak sekali lokasi yang cantik. Bentuk alam Indonesia telah di ciptakan tuhan dengan sangat sempurna hingga siapa saja yang ingin menikmati alam Indonesia tidak akan pernah kehabisan tujuan baru. Tempat wisata yang sangat terkenal salah satunya adalah bali. Pulau bali menjadi destinasi wisata yang terkenal hingga ke seluruh dunia. Bali terkenal karena alamnya yang cantik serta budayanya yang sangat kental. Siapa saja yang datang ke pulau dewata akan merasa betah. Pulau yang satu ini sudah menjadi asset yang begitu berharga bagi Indonesia.

Selain Bali tanah nusantara di raja ampat papua juga sangat terkenal di berbagai penjuru dunia. Tanah di raja ampat begitu cantik sehingga di sana banyak wisatawan local dan manca negara yang menghabiskan masa liburan dengan melihat pemandangan yang luar biasa cantik. Keistimewaan dari raja empat adalah lautnya yang bersih dengan terumbu karang yang cantik serta ada banyak pulau kecil menjulang membentuk piramida piramida cantik di tengah laut. Siapa saja yang datang ke raja ampat tidak akan pernah merasa bosan dan selalu ingin kembali menikmatinya.

Flora dan Fauna Khas Indonesia

Menjadi warga negara Indonesia akan semakin merasa bangga karena ada banyak sekali flora dan fauna yang hanya ada di tanah kita. Tanaman yang sangat langka seperti raflesia arnoldi atau dikenal sebagai bunga bangkai hanya dapat ditemukan di hutan lampung. Bunga ini dinobatkan sebagai bunga terbesar di dunia daan memang hanya dapat di temukan di Indonesia. Sudah berkali-kali peneliti dari luar negeri datang ke Indonesia hanya untuk melihat kecantikan dan meneliti tanaman yang satu ini. Bunga ini memiliki bentuk yang cantik dengan warna merah padam, aroma atau bau yang ditimbulkan oleh bunga ini memang sangat berbeda dengan bunga pada umumnya yang harum karena raflesia arnoldi memiliki bau yang kurang sedap. Diameter dari bunga ini juga sangat mengagumkan yakni dapat mencapai 1,3 meter.

Negara Indonesia mendapat sebutan sebagai mega biodiversity karena memiliki keragaman makhluk hidup yang tinggi. Keragaman makhluk hidup di Indonesia menduduki peringkat ke tiga di dunia di bawah brazil dan republik demokratik kongo. Selain ada flora yang langka Indonesia juga menjadi satu satunya negara di dunia yang dihuni oleh komodo. Siapa yang tidak kenal dengan binatang ini. Meskipun banyak yang belum melihat secara langsung namun binatang yang satu ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia. Reptil langka ini adalah makhluk purba yang hanya ada di pulau komodo. Setelah kita mengetahui bahwa Indonesia adalah tanah nusantara yang begitu kaya maka sebaiknya dan sudah seharusnya kita selalu menjaga alam di Indonesia.

Kuliner Indonesia

Selain wisatanya yang cantik, Indonesia juga memiliki beragam kuliner. Setiap wilayah di Indonesia memiliki masakan khas yang istimewa. Kekhasan makanan atau kuliner di Indonesia ini membuat siapa saja tidak akan pernah kehabisan tempat untuk mencicipi makanan yang baru. Beberapa masakan khas Indonesia diantaranya, soto ayam, sate kerang, telor asin, telor pindang, es teh manis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Makanan pokok dari masyarakat Indonesia adalah nasi dan juga sagu. Tanah Indonesia yang subur membuat para petani lebih mudah untuk menanam padi namun untuk wilayah timur kebanyakan mengkonsumsi sagu sebagai makanan pokok. Kuliner Indonesia yang sudah masuk ke dalam catatan dunia adalah tempe yang menjadi makanan tersehat di dunia. Selain itu juga ada rendang yang tercatat sebagai salah satu makanan terlezat di dunia.

Cerita Mistis Dan Unik

Tanah nusantara ini terdiri dari banyak wilayah. Dan setiap wilayah di Indonesia memiliki cerita mistis masing-masing. Salah satu bangunan bersejarah yang memiliki fakta unik dan mistis adalah candi-candi. Cantik yang sangat besar dan bahkan menjadi salah satu keajaiban dunia adalah candi borobudur. Selain itu ada juga candi prambanan yang begitu cantik dan megah. Jika di nalar, pembangunan candi akan sangat sulit dilakukan oleh manusia secara manual pada zaman dahulu.

Namun ternyata ada cerita mistis yang sangat menarik yakni mengenai jin jin yang membantu pembangunan candi. Legenda dan cerita dari terbentuknya candi prambanan dan candi borobudur sangatlah unik dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia jika bangunan candi yang megah ini dibuat bukan oleh manusia namun oleh jin-jin yang dimintai tolong oleh tokoh jaman dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *