Home > Kuliner > Step By Step Membuat Bakso Bakar Sendiri Di Rumah, Praktis Banget!

Step By Step Membuat Bakso Bakar Sendiri Di Rumah, Praktis Banget!

Mendengar kata ‘bakso’ apa yang terlintas dibenak kamu? Nikmat, sedap, kuah yang hangat dan tak tergantikan, apalagi cuaca hujan dan dingin seperti ini, aduh bikin ngiler ya. Bakso memang menjadi kuliner yang banyak diminati, pria wanita orang tua hingga anak-anak menyukai kuliner yang satu ini. Bakso juga menjadi kuliner yang dapat dijangkau semua kalangan, orang berdompet tipis dan orang berdompet tebal dapat membelinya. Semakin majunya jaman, membuat pedagang bakso memberikan banyak inovasi bagi dagangannya. Banyak sekali variasi bakso yang menarik dan patut dicoba, seperti bakso mangkok, bakso beranak hingga bakso bakar.

Yap! Bakso ternyata nikmat juga bila disajikan tanpa hadirnya kuah. Kelezatan rasanya membuat namanya langsung melejit begitu saja. Bahkan kini banyak pedagang keliling yang menjajakan bakso bakar dan ramai akan peminat. Apakah kamu juga berminat ingin membuat bakso bakar sendiri di rumah?

Cara membuat bakso bakar di rumah

Agar lebih praktis sebaiknya kita membeli bakso sapi atau ayam yang banyak dijual dipasar. Dan pilihlah bakso berkualitas baik untuk mendapatkan rasa yang enak juga. Lebih baik mencari bakso sapi yang halus, bukan yang urat, agar kita semakin mudah dalam menusuk bakso nantinya. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  1. Persiapan bahan

Bahan yang perlu disiapkan pertama kali adalah bakso yang telah siap tadi, tusuk sate serta bakaran satenya juga. Bila menggunakan bakaran arang, jangan lupa arangnya disiapkan juga ya. Dan sedikit tambahan info, bakso bila dibakar akan lengket nantinya, jadi akan lebih bagus lagi bila kamu memilih panggangan atau bakaran yang sudah anti lengket. Sedangkan bumbu untuk olesannya, terbuat dari campuran 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan, 3 sdm saus tomat, 3 sdm saus cabai, agar lebih pedas dapat ditambahkan cabai yang sudah dihaluskan, 6 sdm kecap manis, 1 bungkus merica bubuk dan garam secukupnya.

  1. Persiapan bakar

Langkah selanjutnya adalah rebus bakso agar matang sempurna, didihkan air, masukkan bakso bila sudah mengapung angkat kemudian tiriskan. Dapat pula dikukus hingga bakso sedikit mengembang, angkat dan tunggu hingga hangat. Setelah sedikit hangat, supaya bumbu meresap hingga kedalam, kerat-kerat bakso secara menyilang dipermukaannya. Jangan terlalu dalam agar bakso tidak terbelah. Langkah ini sebenarnya optional, jadi kamu dapat skip step ini bila terlalu banyak bakso yang ingin dibakar. Kemudian tusuk bakso menggunakan tusuk sate yang ada, satu tusuk bisa diisi dengan empat bakso agar tidak terlalu banyak. Supaya sate bakso ini terlihat lebih manis, dapat diselingi dengan potongan cabai, paprika atau tomat didalamnya.

  1. Bakar

Persiapkan alat bakaran yang telah tersedia, dan bumbu olesan yang telah dibuat tadi. Oleskan bakso kedalam bumbu secara merata dan bakar diatas panggangan, sesekali dibolak balik sambil dioles bumbu lagi. Bila sudah berwarna kecoklatan angkat dan sisihkan, lakukan semua ini hingga sate bakso habis. Bakso bakar ini akan lebih lezat tersaji dengan tambahan kecap dan saus sambal, sebuah kenikmatan yang tak tertandingi.

Ternyata sangat mudah bukan dalam membuat bakso bakar tersebut? baru membicarakannya saja sudah membuat air liyur menetes kemana-mana, yakin kamu nggak pengen buat? Sebentar lagi kan umat islam akan merayakan Idul Adha nih, sate bakso ini dapat jadi inspirasi olahan daging sapi buat kalian nih. Selamat mencoba dan terima kasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *