Sosok Penunggu Jembatan Jiwan, Sadikem Dengan Kisah Hidup Yang Tragis

Cerita mistis di indonesia memang banyak sekali. Bahkan orang indonesia percaya, kalau setiap tempat pasti ada penunggunya. Termasuk  jembatan. Misalnya ada jembatan ancol yang konon katanya ditunggu oleh seorang wanita cantik. Bahkan pernah di filmkan.  Di kota madiun, terdapat jembatan yang terkenal dengan kisah misterinya. Jembatan ini bernama  jembatan jiwan. Disini ditunggu oleh seseorang yang bernama sadikem.

Memang ada banyak sekali kisah yang menyeramkan terjadi di jembatan. Mungkin salah satu jembatan di kota anda pun ada yang angker.  Orang surabaya, pasti sudah sering mendengar suara minta tolong atau bau anyir ketika melintas jembatan merah. Karena jembatan merah dulu pernah terjadi pertempuran hebat. Lalu di indrayamu, ada jembatan eretan yang juga ditunggu oleh sosok hantu.  Kita memang tak pernah tahu, apa yang terjadi dengan wilayah itu sebelum dibangun. Pasti ada kisah yang menyelimutinya.

Dibalik Kisah hidup yang tragis

Sadikem merupakan hantu wanita yang dipercaya sosok penunggu jembatan jiwan. Jembatan ini menghubungkan kota magetan dan madiun. Banyak sekali cerita yang beredar tentang dirinya. Di jembatan ini memang sering terjadi penampakan dan juga kecelakaan. Konon katanya sadikem sosok wanita yang cantik dan baru saja menikah.

Di daerah jawa timur, terdapat mitos kalau perempuan yang baru saja menikah dan belum ada seminggu. Dilarang pergi atau mendekati sungai. Konon katanya mereka yang melanggarnya, akan mendapatkan malapetakan. Bahkan bisa menyebabkan kematian. Tapi hal itu dilarang oleh sadikem. Baru beberapa hari menikah, dia pergi ke sungai bakung, yang terletak dibawah jembatan jiwam, akhirnya dia pun tenggelam dan meninggal.

Cerita mistis ini tak berakhir begitu saja. nama sadikem sendiri, sebenarnya bukan nama asli wanita itu. Warga setempat menyebut sadikem yang artinya tenggelam. Karena kematian yang tidak wajar, membuat arwahnya gentayangan di sekitar jembatan. Sadikem sering menampakan diri di sekitar jembatan. Banyak orang yang lewat, sering melihat penampakannya. Konon katanya, ketika menampakan diri. Wajahnya terlihat sedih dan seperti mencari suaminya yang telah ia nikahi.

Versi cerita lain sadikem, mengatakan kalau dia adalah seorang wanita cantik yang mati karena diperkosa. Dia diperkosa dibawah jembatan jiwan. Nyawanya pun  ikut terengut dan dibuang di sungai bakung oleh pelakunya. Oleh karena itu dia sering meneror orang yang lewat dijembatan. Karena rasa dendamnya dan dia pun gentayangan di sekitar jembatan.

Orang-orang sekitar jembatan jiwan, sudah tidak aneh lagi melihat penampakan sosok wanita tersebut. kalau melihat sosok wanita cantik di malam hari, melambaikan tangan dan tersenyum. Warga sekitar tidak akan berhenti dan memutuskan untuk melanjutkan perjalanan. Karena mereka percaya dia adalah sadikem. Di jembatan jiwan juga sering terjadi kecelakaan. Warga percaya kalau kecelakaan tersebut disebabkan oleh penunggu jembatan. Apalagi kalau terjadinya kecelakan terlihat aneh.

Pernah terjadi kecelakaan bus, yang menewaskan banyak penumpangnya. Konon katanya, supir tibat-iba melihat sosok wanita  yang menyeberang jalan dan supir memilih untuk membanting setir. Lalu terjadi kecelakaan beruntun yang mengerikan. Kebenaran dari kisah ini, memang sudah dikenal oleh semua orang madium. Kalau lewat jembatan ini malam-malam, akan membaca doa dan membunyikan klakson. Sebagai ucapan salam, supaya tidak diganggu,

Pada pagi harinya, jembatan ini seperti jembatan pada umumnya. Tidak terlihat aneh dan menyeramkan. itulah sedikit cerita mistis yang bisa kami bagikan, tentang penunggu jembatan jiwan di madiun.

Leave a Reply