Home > Travelling > Jawa > Sejuta Pesona Keindahan Pantai Kukup Yang Memukau Dan Menakjubkan

Sejuta Pesona Keindahan Pantai Kukup Yang Memukau Dan Menakjubkan

Pantai Kukup – Siapa sih yang tidak suka berwisata ke pantai? Tentu semua orang sangat menyukainya karena wisata air selalu seru dan menyenangkan. Di samping itu, Indonesia yang merupakan negara dengan perairan yang luas memiliki banyak sekali pantai di berbagai daerahnya. Dan pantai-pantai ini tentunya memiliki pesona keindahan masing-masing. Tak heran jika objek wisata pantai menjadi salah satu favorit para wisatawan untuk dikunjungi. Nah berbicara mengenai keindahan pantai, pantai-pantai yang berada di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta tentu harus masuk dalam daftar karena pesona di kawasan ini sangat menyegarkan mata dan tak boleh dilewatkan begitu saja. Seperti pantai Kukup misalnya. Pantai satu ini memang merupakan salah satu surga alam di Yogyakarta karena keindahan yang dimilikinya sangat eksotis dan memukau. Hal inilah yang membuat pantai ini sangat populer. Nah untuk tahu lebih jauh, yuk telusuri keindahan apa saja yang ada di pantai Kukup ini.

Pantai Pasir Putih Dengan Terumbu Karang dan Aneka Biota Laut

Keindahan pantai Kukup memang tak perlu diragukan lagi. Mulai dari keindahan pasir putih yang berada di bibir pantainya serta ombak yang tak terlalu besar tentu membuat siapapun betah bermain-main di sini. Sejauh mata memandang, keindahan yang disuguhkan di pantai ini memang sangat menyegarkan mata. Dan seperti kebanyakan pantai di laut selatan, pantai Kukup juga diapit oleh beberapa tebing yang berada di sisi-sisinya sehingga membuat pemandangan dan suasana di sini semakin menarik.

Tak hanya itu, bagian bibir pantai juga memiliki lantai karang yang terus menjorok sampai ke arah selatan. Untuk itu, saat kondisi air laut sedang surut, maka anda bisa melihat terumbu karang dan juga aneka biota laut yang indah dan menarik seperti ikan kecil, rumput laut dan lain sebagainya sehingga aktivitas bermain air atau juga mandi di pinggir pantai ini tentu lebih seru dan menyenangkan bukan? Tak usah khawatir juga, ombak di pantai Kukup ini cukup tenang karena dengan adanya lantai karang maka ombak yang datang sudah terpecah lebih dulu sebelum mencapai bibir pantai.

Pulau Karang Bak Tanah Lot, Bali

Selanjutnya ada satu ciri khas pantai Kukup yang tidak dimiliki oleh pantai lain di sepanjang deretan pantai di Gunung Kidul yaitu terdapat sebuah pulau karang di bagian timur pantai. Nah pulau karang bernama pulau Jumino ini memiliki sebuah jembatan yang menghubungkannya dengan pinggir pantai sehingga memudahkan para wisatawan untuk mencapainya. Merasa familiar? Ya, pulau karang ini memang bak Tanah Lot di pulau Bali dan juga pantai Balekambang di Malang. Jadi, tak perlu jauh-jauh bukan jika ingin merasakan pulau karang seperti di Bali dan Malang ini. Nah, dari atas sini, anda akan melihat pemandangan indah yang lebih luas dan tentunya juga bisa menjadi spot foto terbaik.

Spot Sunrise dan Sunset Terbaik Jogja

Nah jika anda ingin mencari spot Sunrise atau sunset terbaik di Jogja, jangan lupa masukkan pantai Kukup ini dalam daftar kunjungan anda karena Sunrise dan sunset yang indah dan memukau bisa anda saksikan dari gardu di pulau karang yang ada di pantai ini.

Tempat Upacara Sedekah Laut

Selain itu, beberapa pantai di Gunung Kidul memang menjadi tempat untuk pelaksanaan upacara sedekah laut yang biasanya dilaksanakan setiap tahun pada bulan Syura. Nah pantai Kukup ini menjadi salah satunya. Jadi, selain menikmati keindahan pantai, anda juga bisa menyaksikan tradisi ini di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *