Home > Unik > Sejarah dan Asal Mula Pulau Jawa

Sejarah dan Asal Mula Pulau Jawa

Indonesia merupakan Negara kepulauan. Yuph, hal tersebut bisa anda buktikan dengan banyaknya pulau yang dimiliki oleh Negara Indonesia ini. Banyak pulau-pulau tersebut yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Namun demikian, Indonesia mempunyai lima pulau besar yakni pulau Sumatra, pulau Sulawesi, pulau Kalimantan, pulau Irian dan pulau Jawa. Dari kelimah pulau terbesar yang bisa anda temukan di Indonesia tersebut, pulau Jawa merupakan salah satu pulau yang paling banyak penduduknya. Mengapa pulau Jawa mempunyai penduduk yang paling padat jika dibandingkan dengan pulau-pulau besar lainnya? Hal tersebut tentunya banyak hal yang menjadikan alasan mengapa jawa menjadi pulau dengan penduduk yang paling banyak. Namun demikian, dalam kesempatan ini, saya tidak akan membicarakan mengapa pulau Jawa merupakan pulau dengan penduduk paling padat, namun akan memberikan informasi kaitannya dengan sejarah pulau Jawa.

Pulau Jawa-Pulau terpadat di Indonesia

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai sejarah pulau Jawa, ada baiknya kita mengetahui seperti apa kepadatan penduduk di pulau jawa tersebut. Jika anda masih ingat ada program pemerintah yang tujuannya ialah meratakan penduduk Indonesia agar tidak hanya terfokus ke dalam pulau jawa saja dan program tersebut dinamakan program transmigrasi. Program tersebut dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meratakan jumlah penduduk yang ada di pulau jawa tersebut. Selain hal itu, alasan utama yang membuat mengapa pulau ini banyak dipadati oleh penduduk karena memang pulau ini merupakan pulau dimana pemerintahan berada dan pulau dimana banyak industry atau lapangan pekerjaan yang ada.

Asal Mula Pulau Jawa

Berdasarkan sebuah sumber, bahwa pulau ini diperikarakan terbentuk sekitar 60 juta tahun yang lalu atau pada Zaman pre-tersier. Pada waktu itu, banyak yang menyatakan bahwa pulau ini masih tergabung dengan benua yang besar, yang namanya ialah superbenua Pangea. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengetahui umur suatu pulau ialah dengan melihat struktur batuan dasar yang ada pada pulau tersebut. Jika melihat dari susunan dasar batuan tersebut, pulau ini memiliki umur yang berbeda-beda. Untuk pulau jawa khususnya bagian barat diperkirakan bahwa pulau ini terbentuk sekitar 145 hingga 65 juta tahun yang lalu. Pulau tersebut menjadi bagian dari Sundaland Core atau paparan sunda.

Sementara itu, pulau Jawa bagian timur diperkirakan bahwa pulau tersebut dulunya merupakan bagian dari benua Australia dan bagian timur pulau jawa tersebut juga disebutkan menabrak pulau jawa bagian barat. Proses penabrakan tersebut diperkirakan terjadi 100 hingga 70 juta tahun yang lalu hingga proses penabrakan kedua bagian pulau tersebut menjadi pulau jawa hingga saat ini. Dengan demikian, pulau jawa merupakan pulau yang terbentuk dari dua lempeng bagian barat dan juga bagian timur. Selain itu, lempeng barat juga mempunyai umur lebih tua jika dibandingkan dengan lempeng timur. Kemudian dimana batas kedua lempeng tersebut? Batas kedua lempeng tersebut di percaya berada di bawa sungai Luk Ulo yang berada di Kebumen. Batas tersebut menyeberangi laut Jawa dan mempunyai batas akhir di Pegunungan Meratus.

Itulah sejarah pulau Jawa yang bisa anda ketahui. Dengan mengetahui asal mula pulau jawa tersebut diharapkan bisa menambah rasa syukur kita dan juga bisa manambah pengetahuan kita mengenai sejarah-sejarah yang ada di sekitar kita. Dengan demikian, kita bisa menambah wawasan diri kita dan juga khasanah pengetahuan kita tentang Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *